Berwisata ke Nusa Penida, Pulau Bak Negeri Dongeng

  • Whatsapp
wisata nusa penida bali
Diamond Beach salah satu pantai bak negeri dongeng di wilayah timur Nusa Penida. [Foto: Pra]

Kuarter.id – Mengunjungi Pulau Bali tak lengkap rasanya jika belum bertandang ke Nusa Penida. Nusa Penida adalah salah satu pulau yang terletak di timur Pulau Bali dengan keindahan alam bak di negeri dongeng.

Yuk kita simak beberapa ulasan tentang Nusa Penida yang keindahannya tak kalah dengan Pulau Bali.

Read More

Kondisi Geografis

Nusa Penida memiliki 3 gugusan pulau, yakni Nusa Ceningan, Nusa Lembongan, dan Nusa Penida. Wilayahnya termasuk ke dalam teritori Kabupaten Klungkung dengan luas 202,84 kilo meter persegi.

Kondisi geografis di Nusa Penida terdiri dari bukit dan pantai. Pantai yang ada di pulau ini begitu indah karena terdiri dari karang-karang dan tebing tinggi nan eksotis.

Perpaduan warna laut yang biru dengan pepohonan yang hijau semakin memperindah bentang alam di Nusa Penida.

Bukit-bukit tinggi juga menghiasi pulau ini, dengan berbagai macam jenis pohon. Beberapa pohon yang bisa dilihat di sepanjang jalan ketika mengeliling Nusa Penida yakni mangga, juwet, hingga bidara. Kamu pun akan dengan mudah menemukan pohon kelapa di sekitar area pulau ini.

Baca juga: Staycation atau Holistay, Konsep Liburan Murah dan Aman

Keberagaman Penduduk

Penduduk setempat kebanyakan mengandalkan mata pencaharian dari bisnis pariwisata. Mulai dari menyediakan tempat menginap, penyewaan kendaraan, sopir sekaligus tour guide, hingga penyewaan kapal bagi pelancong yang hendak diving ataupun snorkling.

Masyarakat Nusa Penida kebanyakan menganut Agama Hindu, sehingga banyak berdiri pura-pura cantik di sepanjang bibir pantai. Bahkan beberapa penduduk dari Pulau Bali sesekali berkunjung untuk beribadah di pura yang ada di Nusa Penida.

Namun di bagian barat pulau ini, cukup banyak penduduk beragama Islam yang hidup secara berkelompok. Mereka adalah warga asli Kusamba yang menetap di Nusa Penida. Selain itu ada pula penduduk pendatang dari Pulau Jawa.

Nah, bagi kamu yang ingin beribadah, tak perlu khawatir karena kamu bisa datang ke masjid yang ada di daerah Barat Nusa Penida, di mana penduduk muslim banyak tinggal berkelompok.

Transportasi

Untuk mengunjungi Nusa Penida kamu bisa menggunakan fast boat yang lokasi penyewaannya banyak tersedia di daerah Sanur, Denpasar, maupun di kawasan Kusamba, Klungkung.

Selain memudahkan pelancong, penyewaan fast boat di Sanur banyak diminati karena dekat dengan pusat kota. Untuk menuju ke Sanur dari Bandara Ngurah Rai, kamu hanya butuh waktu sekitar 30 menit.

Selain itu pelancong lebih memilih menggunakan fast boat untuk ke Nusa Penida karena terdapat banyak pilihan boat yang bisa disesuaikan dengan budget dan waktu keberangkatan yang diinginkan.

Penyewaan boat di daerah Sanur dibandrol dari harga Rp 75.000 hingga Rp 100.000. Selain itu menyeberang dengan menggunakan fast boat dapat menghemat waktu, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit saja.

Sedangkan, untuk menyewa boat dari Kusamba, jarak tempuhnya lebih jauh dibandingkan menuju Sanur. Kamu harus menempuh sekitar 1-1,5 jam untuk menuju Kusamba dari Denpasar. Namun harga sewa boat Kusamba cukup murah, dengan harga Rp 50.000.

Di Nusa Penida sendiri kamu bisa menyewa motor dengan harga Rp 40.000 – Rp 80.000 sehari. Sedangkan untuk mobil dengan sopir dibandrol dari harga Rp 500.000 – Rp 1.000.000, tergantung jenis mobil yang kamu pilih.

Jalur Nusa Penida yang membelah tebing membuat jalur ke lokasi wisata berliku. Ditambah lagi kondisi jalannya yang sempit sesekali membuat dua kendaraan saling berpapasan.

Jika kamu tak andal mengemudikan kendaraan di lokasi seperti itu sebaiknya menyewa kendaraan dengan sopir ataupun tour guide.

Wisata Nusa Penida

Berwisata di Nusa Penida harus siap hidup tanpa media sosial. Hal ini karena sinyal internet di Nusa Penida masih terbilang sulit dijangkau.

Beberapa provider yang masih mampu terjangkau, yakni Telkomsel dan XL. Namun kamu harus siap kehilangan sinyal ketika tiba di lokasi wisata dengan tebing tinggi dan di daerah perbukitan.

Saat melancong di Nusa Penida, jangan lupa siapkan sunblock, topi, dan kacamata ya. Karena daerah ini sangat panas meskipun sedang musim hujan. Meski begitu, semilir angin di daerah ini masih cukup sejuk untuk menghilangkan lelahmu setelah berkeliling pulau.

Beberapa wisata pantai di daerah timur Nusa Penida, yaitu Rumah Pohon, Diamond Beach, dan Pantai Atuh. Di wilayah ini juga terdapat bukit yang indah bernama Bukit Teletubbies.

Kemudian di barat Nusa Penida ada lokasi pantai indah di antaranya, Pantai Klingking, Tebing Paluang, Broken Beach, Angel Billabong, dan Pantai Crystal Bay.

Kamu bisa mengunjungi pantai-pantai tersebut dalam dua hari, cukup memuaskan, dan pastinya foto kamu bakal instagramable banget deh.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts