Lokasi Wisata di Timur Nusa Penida yang Wajib Dikunjungi

  • Whatsapp
wisata di nusa penida
Salah satu spot foto di Pantai Diamond. Di mana pengunjung bisa bermain ayunan sambil menikmati keindahan Pantai Diamond. [Foto: Tangkapan Youtube]

Kuarter.id – Nusa Penida menjadi salah satu destinasi wisata incaran pelancong yang berkunjung ke Bali. Selain karena lokasinya yang indah, beberapa lokasi masih terbilang perawan.

Hal ini mengingat topografi wilayah Nusa Penida yang dihiasi tebing menjulang, membuat beberapa destinasi terbilang sulit dijangkau. Karena itu pula belum banyak manusia yang menjamahnya sehingga lokasinya pun bersih, nyaman, dan asri.

Read More

Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Nusa Penida, kamu wajib mengunjungi 4 lokasi berikut yang terletak di wilayah timur Nusa Penida:

1. Diamond Beach

wisata nusa penida bali
Diamond Beach salah satu pantai bak negeri dongeng di wilayah timur Nusa Penida. [Foto: Pra]
Pantai pertama yang wajib kamu kunjungi ketika berwisata di timur Pulau Nusa Penida adalah Diamond Beach. Pantai ini paling direkomendasikan oleh banyak traveller bahkan warga lokal sekalipun.

Seperti namanya, pantai satu ini bak berlian yang menyajikan suguhan pemandangan yang indah dengan tebing hijau yang sungguh menawan.

Baca juga: Tips Berlibur di Nusa Penida

Untuk tiba di lokasi ini butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan rute berliku dan berkelok-kelok menembus tebing dan hutan.

Tiba di lokasi ini kamu akan menemui loket pembayaran. Di sana kamu cukup membayar donasi seikhlasnya untuk perbaikan infrastruktur pantai Diamond. 

Sebelum bisa menyentuh ombak segar dan pasir pantai yang bersih, terlebih dahulu kamu harus melewati ratusan anak tangga. Namun sebelum turun, pastikan kamu sudah mengambil foto terbaikmu. Karena anak tangga ini menjadi salah satu spot foto terapik berlatar tebing yang indah dan lautan biru yang luas.

Setelah puas berfoto kamu bisa kembali meniti anak tangga untuk menikmati pasir pantai yang putih bersih dan birunya air laut yang menyegarkan.

Di sana kamu juga bisa berfoto dengan menaiki ayunan yang telah dikaitkan di antara dua pohon kelapa. Nyiur angin pantai akan menyegarkan kembali tubuhmu setelah lelah menuruni ratusan anak tangga. Namun untuk berfoto di sini kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 50.000 agar bisa berfoto sepuasnya dengan latar laut biru yang menyilaukan.

Selain sibuk mengabadikan momen kamu juga bisa duduk tenang di pantai ini. Cukup membahagiakan bisa menikmati pasirnya yang putih dengan warna air laut yang biru segar dan bebas dari populasi dan sampah.

2. Rumah Pohon

rumah pohon
Lokasi wisata Rumah Pohon dengan pemandangan tebing yang indah. [Foto: Ist]
Tak jauh dari Pantai Diamond ada tempat wisata bernama Rumah Pohon. Dari Pantai Diamond kamu hanya membutuhkan waktu 5 menit menaiki kendaraan untuk tiba di sana.

Setibanya di sana kamu akan melihat beberapa keran air lengkap dengan sabun untuk mencuci tangan, mengingat situasi pandemi yang masih belum tahu kapan akan usai.

Baca juga : Berwisata ke Nusa Penida, Pulau Bak Negeri Dongeng

Lepas mencuci tangan, kamu wajib membayar tiket masuk kepada pengawas di sana sebesar Rp 10.000.

Tak berbeda jauh dengan pantai Diamond, kamu pun harus meniti ratusan anak tangga untuk menikmati pemandangan yang indah di lokasi Rumah Pohon.

Kamu bisa menemukan beberapa spot foto cantik di lokasi wisata Rumah Pohon. Seperti namanya, yang dicari oleh pengunjung memang spot foto di rumah pohon dengan latar tebing yang indah. Untuk berfoto di sini kamu harus membayar lagi seharga Rp 25.000.

Selain rumah pohon ada beberapa spot foto lainnya di sini, mulai dari hiasan berbentuk love, sarang burung, hingga berfoto dengan latar keindahan Pantai Diamond, yang memang lokasinya sangat dekat dengan Area Rumah Pohon.

3. Atuh Beach

pantai atuh
Pemandangan Pantai Atuh dari atas tebing. [Foto: Pra]
Ada dua cara menuju Pantai Atuh. Pertama melalui pintu masuk di Pantai Diamond dan kedua melalui jalan Pantai Atuh.

Dengan jalur masuk yang berbeda kamu akan mendapati pemandangan tebing yang berbeda pula. Namun, tetap saja keduanya memiliki anak tangga hingga ratusan yang harus kamu lewati jika ingin bermain di pantainya.

Kamu tidak perlu mengeluarkan kocek jika ke pantai ini, karena sebelumnya sudah membayar donasi di pintu masuk Diamond Beach.

Selain itu di Pantai Atuh kamu tak hanya bisa menikmati pasir pantai dan bermain ombak, karena di sepanjang pantai ada beberapa pedagang yang menjajakan dagangannya. Kamu bisa bersantap ria dengan menikmati keindahan laut Pulau Nusa Penida.

4. Bukit Teletubbies

bukit teletubbies
Bukit hijau dengan sepoi angin yang sejuk di Bukit Teletubbies. [Foto: Pra]
Wisata terakhir di daerah timur Nusa Penida ini berbeda jauh. Ya, bukit. Tidak hanya pantai, Nusa Penida juga memiliki bukit yang indah. Warga setempat memberikannya nama Bukit Teletubbies.

Tak ada tiket masuk untuk berfoto di bukit dengan nuansa hijau segar dan sepoi angin yang menyejukkan. Kamu pun bisa puas berfoto di sini.

Pilihan lain untuk menikmati Bukit Teletubbies adalah berpiknik dengan keluarga. Cukup menyenangkan jika bisa berpiknik di bukit ini. Kamu dan keluarga atau teman-temanmu bisa  menikmati ketenangan alam di Nusa Penida.

Nah itu dia 4 destinasi wisata yang harus kamu kunjungi ketika berlibur di Pulau Nusa Penida, Bali.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts