Wajib Kunjungi Wisata Indah di Barat Nusa Penida

  • Whatsapp
wisata di nusa penida
Deburan ombak menghantam tebing dan karang di pantai Angel's Billabong, Nusa Penida. [Foto: Pra]

Kuarter.id – Pulau Nusa Penida tak ada habisnya untuk dijelajahi. Karena terdapat banyak potensi alam yang dapat digali untuk pariwisata.

Pengunjung akan betah berlama-lama di Nusa Penida, karena keindahan alam dan pantainya yang masih alami. Banyak yang memilih menghabiskan waktu dengan berdiam di hotel menikmati keindahan pantai di Nusa Penida.

Read More

Nah, sebelumnya kami sudah mengajakmu berjalan-jalan ke lokasi wisata di timur Nusa Penida yang wajib dikunjungi. Namun, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi beberapa lokasi wisata yang terkenal di wilayah barat Nusa Penida. Selain indah kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas di sana.

Berikut 5 wisata di bagian barat Nusa Penida yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Klingking Beach

kelingking beach
Pantai Klingking di Nusa Penida yang memiliki bentuk unik. [Foto: Pra]
Pantai Klingking menyajikan tebing berbentuk unik yang menjadi wisata favorit di daerah barat Nusa Penida. Tebing ini menjadi favorit para pelancong yang mencari foto instagramable.

Untuk menuju lokasi Pantai Klingking dibutuhkan waktu kurang lebih 45-60 menit dengan kendaraan. Ketika tiba di sana ada beberapa tempat parkir kendaraan yang memaksamu untuk berjalan sekita 5-10 menit hingga tiba di Pantai Klingking.

Di sepanjang jalan dari tempat parkir hingga pantai Klingking banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Tentu yang paling banyak adalah penjual kelapa muda. Dengan uang Rp 25.000 – Rp 30.000 kamu bisa menikmati satu buah kelapa muda segar.

Oh ya, kamu juga harus berhati-hati ketika berwisata di Pantai Klingking ya. Karena di daerah ini sekumpulan monyet masih hidup di alam bebas. Mereka biasanya iseng mengambil barang atau makanan milik pelancong.

Untuk masuk ke lokasi pantai Klingking kamu tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Pemandangan di kiri pantai disuguhkan dengan keberadaan pura, bernama Pura Klingking.

Kemudian di sebelah kanan kamu akan melihat sebuah tebing tinggi yang biasanya menjadi spot foto karena berlatar tebing yang disebut mirip klingking oleh masyarakat setempat.

Untuk menyentuh pasir pantainya yang putih bersih kamu harus melewati ratusan anak tangga (yang jumlahnya lebih banyak dari tangga di Diamond Beach maupun Rumah Pohon).

Antara anak tangga satu dengan lainnya pun jaraknya cukup tinggi, sehingga akan menguras tenagamu saat kembali naik ke atas dari pantai Klingking.

Jika kamu merasa tak kuat untuk turun ke bawah kamu bisa mengabadikan momen di anak tangga. Atau cukup dari pintu masuknya saja. Jangan dipaksakan jika kondisimu saat bepergian tidak maksimal ya. Karena hasil fotonya masih tetap ciamik meskipun dari atas tebing.

2. Paluang Cliff

paluang cliff
Tebing Paluang dengan pemandangan tebing pantai Klingking. [Foto: Ist]
Selain Pantai Klingking, Tebing Paluang juga jadi destinasi favorit para pelancong. Di sana kamu bisa menemukan perahu buatan di atas tebing yang menghadap tebing Pantai Klingking yang indah.

Lokasinya pun tak jauh dari pantai Klingking, hanya sekitar 5-10 menit menggunakan kendaraan.

Ketika tiba di tebing Paluang kamu harus melewati beberapa tumbuhan liar yang ada di sana. Jika tidak berhati-hati kakimu bisa terkena sayatan dari tajamnya daun tumbuhan liar tersebut.

Namun, setelah usaha melewati tanaman tersebut, kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah dari atas ketinggian tebing Paluang. Di sana kamu bisa mendapatkan foto yang indah.

Selain berfoto dengan latar tebing Pantai Klingking, kamu juga bisa memilih latar sunset. Ya karena berada di daerah barat pulau, lokasi tebing Paluang menjadi salah satu spot untuk melihat sunset terbaik. Karena di sana kamu bisa menikmati sunset dengan leluasa tanpa takut terhalang oleh tebing.

Sunset yang kamu lihat dari ketinggian akan makin indah karena kamu melihatnya dari atas ketinggian dan langsung menghadap ke laut lepas.

3. Pantai Crystal Bay

crystal bay beach
Pantai Crystal Bay yang memiliki panorama indah untuk menikmati sunset dan snorkling. [Foto: Pra]
Lokasi pantai Crytal Bay terbilang cukup dekat dari Pelabuhan Toyapakeh (palabuhan untuk fast boat yang datang dari Sanur). Hanya butuh 20 menit untuk tiba di lokasi yang terkenal dengan sunsetnya ini.

Kamu bisa menikmati semangkuk bakso di pantai ini. Cukup nikmat disantap di pantai indah sambil memandangi matahari yang terbenam. Penjual bakso yang berdagang di sana, biasanya menggunakan sepeda motor saat berjualan.

Selain menyantap bakso, kamu juga bisa makan dan menikmati kelapa muda yang disediakan oleh beberapa kedai yang ada di pinggir pantai Crystal Bay.

Pantai ini terbilang cukup ramai oleh pengunjung karena wisatawan tak perlu menuruni anak tangga untuk menyentuh pasir dan ombaknya. Kamu pun bisa bebas bermain berkejaran dengan ombak di pantai ini tanpa perlu lelah meniti ratusan anak tangga.

Selain itu, bagi kamu yang ingin menikmati wisata alam bawah laut, kamu bisa menyewa perahu milik warga sekitar yang memang tersedia di sana. Para pemilik perahu pun akan senang hati mengantarkanmu ke lokasi untuk snorkling.

Kamu bisa menikmati sensasi wisata berbeda selain berfoto dengan lokasi tebing dan sunset. Snorkling di Pantai Crystal Bay bisa menjadi salah satu pilihan seru untukmu. Jangan lupa siapkan baju untuk snorkling ya. Jika tidak memiliki alat, kamu bisa menyewa peralatan snorkling yang biasanya juga disediakan ketika kamu menyewa perahu.

4. Angel’s Billabong

angels billabong
Salah satu spot fotodi Angel’s Billabong dengan latar deburan ombak menghantam tebing dan karang. [Foto: Pra]
Sensasi melihat deburan ombak yang menghantam batu karang dan berendam di kolam alami bisa kamu lihat dan rasakan hanya di pantai bernama Angel’s Billabong.

Dari Pelabuhan Toyapakeh, kamu bisa menyewa kendaraan untuk tiba di lokasi ini. Dibutuhkan waktu sekitar 50-60 menit untuk melihat indahnya deburan ombak di pantai tersebut.

Tidak ada loket pembayaran untuk membayar tiket masuk jika kamu berwisata di pantai ini. Saat sampai di tempat parkir kamu akan disambut lautan biru yang luas.

Setelah itu kamu hanya perlu berjalan beberapa menit menyusuri anak tangga yang landai dengan jumlah yang tidak banyak. Setelah berjalan dengan di bawah naungan beberapa pohon kamu dapat melihat keindahan Angel’s Billabong yang terkenal hingga ke mancanegara.

Saat air laut pasang, Angel’s Billabong akan menyuguhkan panorama berupa ombak yang menghantam batu karang. Namun, saat air laut surut, biasanya beberapa pengunjung bisa mandi di kolam alami yang terdapat.

Tapi tetaplah ingat untuk selalu waspada ketika ingin mendekat ke bibir pantai Angel’s Billabong. Hantaman ombaknya cukup keras. Menghancurkan tebing hingga membentuk ujung-ujung runcing yang tajam.

Jika kamu ingin berfoto dengan latar deburan ombak tersebut ingatlah untuk selalu berhati-hati. Jangan sampai kamu, teman, atau keluargamu menjadi korban.

Begitu pula meski laut sedang surut dan kamu ingin berenang atau berendam di kolam alami tersebut, tetaplah waspada. Karena di kolam tersebut pula banyak karang-karang tajam yang dapat membahayakanmu sewaktu-waktu.

5. Broken Beach

broken beach
Broken beach, Nusa Penida. [Foto: Pra]
Dari Angel’s Billabong kamu cukup berjalan kaki 5 menit untuk sampai di Broken Beach. Melewati semak-semak dan beberapa pohon, kamu akan tiba di lokasi pantai yang tak memiliki bibir pantai ini.

Menurut warga sekitar, Broken Beach dahulu merupakan lokasi perumahan warga. Namun karena deras dan kencangnya terjangan ombak, perumahan warga tersebut amblas. Hingga saat ini terbentuklah lubang besar dan lorong besar di kawasan pantai tersebut.

Karena proses terbentuknya yang panjang tersebut, pantai ini pun mampu menyuguhkan keindahan tersendiri berkat hantaman yang keras dari ombak pantai. Kamu pun bisa mencontoh Broken Beach, yang tak patah arang dan semangat meski terjatuh berkali-kali. Yakinlah semua akan indah di akhirnya.

Bagaimana? Sudah tahu lokasi mana yang akan dikunjungi di daerah barat Nusa Dua? Kelima lokasi di atas memiliki keunikannya tersendiri.

Sebelum menikmati liburanmu, jangan lupa persiapkan segalanya dengan baik seperti berbagai tips berlibur di Nusa Penida. Selamat mengeksplorasi.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts