8 Tips Sukses Magang dari Rumah Selama Pandemi

  • Whatsapp
tips magang selama pandemi
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Magang dari rumah sudah bukan menjadi hal yang baru sejak pandemi Corona melanda. Bahkan beberapa perusahaan telah berusaha mengubah sistem kerja menjadi virtual. Hal yang tidak hanya berlaku bagi para pekerja tetap, tetapi juga para pekerja magang.

Menjadi pekerja magang bukanlah hal yang sulit, tetapi tidak bisa juga dianggap remeh. Bagi kamu yang masih mencari kesempatan magang, jangan berputus asa. Lakukan langkah-langkah strategis untuk mendapatkan magang impianmu.

Read More

Lalu bagi kamu yang sudah mendapat kesempatan magang, jangan berpuas diri. Perjalanan masih panjang. Banyak persiapan yang harus kamu lakukan agar magangmu berjalan dengan sukses.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 8 tips yang bisa kamu lakukan agar magang dari rumah berjalan sukses selama pandemi.

1. Bangun Hubungan Kerja Profesional

Membangun hubungan kerja profesional dalam lingkungan jarak jauh kadang kala akan terasa aneh dilakukan. Namun, untuk meningkatkan profesionalitasmu dalam hubungan kerja kamu harus terus mencobanya.

Kamu bisa lho menjadwalkan “ngopi virtual” dengan para atasan atau manajer di tempatmu magang. Gunakan kesempatan 10 menit untuk mengenal karakter, hobi, ataupun latar belakang mereka.

Kamu bisa mulai dengan pertanyaan sederhana, misalnya dengan bertanya pengalaman mereka hingga bisa sampai ke posisinya saat ini atau sekadar bertanya hobi dan kegemaran mereka untuk mencairkan suasana tegang selama obrolan.

Dengan melakukan hal tersebut kamu tidak hanya akan mengenal para atasan tetapi juga dinilai lebih karena mampu membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan rekan kerja meski hanya dalam ranah virtual.

Baca juga: Ingin Komunikasi Tim Tetap Efektif Meski WFH? Ini Caranya!

2. Buat Catatan Menyeluruh

Menulis atau membuat catatan dengan tangan hingga saat ini masih dianggap sebagai cara belajar yang efektif. Maka sangat penting bagi kamu menyediakan catatan khusus pekerjaan agar magang dari rumah berjalan sukses.

Kamu bisa mencatat hal-hal yang harus kamu kerjakan, menuliskan ide dan tahap pelaksaan proyek yang akan kamu selesaikan, dan menuliskan kritik serta saran dari atasanmu. Tentu dengan catatan yang ada akan memudahkanmu menyelesaikan setiap permasalahan yang datang selama magang dari rumah.

Namun, jika kamu bukan tipe orang yang gemar mencatat dan menulis di buku, kamu tetap harus membuat catatan meskipun hanya lewat note di laptop maupun dalam bentuk dokumen. Agar kualitas kerjamu tetap terjaga.

3. Kenali Rekan Kerja

Agar magang dari rumah berjalan lancar, kenalilah rekan magangmu. Hal ini sama pentingnya dengan mengenal manajer atau atasan di tempatmu magang. Dengan mengenal sesama rekan magang, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai tim mereka dan cara mereka menyelesaikan masalah.

Selain itu kamu juga bisa mendekatkan diri dengan teman-teman yang telah lebih lama magang di perusahaan. Dari mereka kamu akan memperoleh banyak informasi tentang budaya kerja dan apa yang diharapkan perusahaan dari keberadaanmu di sana.

Kamu pun akan mendapatkan tempat bersandar saat mengalami kesulitan menyelesaikan pekerjaan. Hal ini tentunya baik dalam membantumu menghadapi masalah emosional di tempat magang.

4. Tunjukan Kontribusi Setiap Kali Ada Kesempatan

Kamu bisa menunjukkan kualitas berbeda dengan para magang lain lho. Salah satunya kamu bisa menawarkan bantuan setiap kali rekan kerja atau magangmu berhalangan bahkan tidak hadir. Kontribusi yang kamu tunjukkan tersebut tentu akan menambah kualitas dirimu di mata rekan dan atasanmu.

Meski pun pekerjaan tersebut di luar jobdeskmu, berusahalah untuk membantu sebisamu agar mereka mengenal dirimu, kelebihanmu dan kualitas kerjamu yang baik.

5. Tetap Perhatikan Kesehatan Mental

Jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan mental selama magang dari rumah. Buatlah jadwal dan manajemen waktu yang memberikan ruang bernafas untuk menjadi produktif tanpa harus bekerja berlebihan.

Jika memang harus, kamu bisa mematikan notifikasi email saat jam kerja berakhir. Luangkan waktu untuk kehidupan pribadimu. Jangan sampai pekerjaan merenggut kebahagiaan dan kesehatan mentalmu.

6. Jadwalkan Laporan Mingguan

Penting sekali untuk mengadakan sesi pelaporan mingguan kepada atasan. Dengan melakukan peloporan mingguan kamu bisa mendapatkan saran dan kritik atas pekerjaan yang telah kamu selesaikan. Manajer pun akan mengetahui seberapa efektif progres dan pencapaianmu dalam belajar.

Manfaat lainnya kamu bisa mengenal kemampuan diri dan seberapa produktif kamu bisa menyelesaikan tugas dengan baik sesuai dengan harapan manajer dan perusahaanmu.

7. Pastikan untuk Beristirahat Secara Teratur

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif bergerak cenderung bahagia. Untuk itulah kamu harus meluangkan waktu untuk bergerak di sela-sela waktu magang.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro

Kamu bisa melemaskan kaki dan badanmu setiap dua jam sekali atau lebih, karena tentu posisi bekerja secara virtual sangat melelahkan. Di mana kamu bisa duduk seharian tanpa berpindah posisi dari meja kerjamu di rumah. Cara ini merupakan salah satu cara beristirahat yang efektif, untuk tubuh, otak dan kejiwaan.

Kamu juga bisa menjadwalkan aktivitas berjalan sore selepas bekerja atau jogging di pagi hari. Bahkan bersepeda dan berkebun juga bisa menjadi relaksasi yang menyenangkan.

8. Berbahagialah dengan Pekerjaanmu

Jangan lupa, bahwa di luar sana banyak orang yang menginginkan posisimu saat ini. Mendapat tempat magang yang nyaman, uang, bahkan nilai yang baik dari kampus. Untuk itulah penting buat kamu belajar bersyukur dan berbahagia dengan apa yang kamu raih.

Jika lelah melanda, ingatlah bahwa apa yang kamu miliki adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa, pasti banyak hal baik yang Dia rencanakan untuk hidupmu.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts