6 Hal Ini Buat Skor UTBK Kecil

  • Whatsapp
menghindari skor utbk kecil
Ilustrasi UTBK. [Foto: Ist]

Kuarter.id – UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer menjadi momok yang cukup menakutkan bagi sebagian pelajar yang akan melanjutkan bangku perkuliahan. Padahal untuk mencegah nilai skor UTBK kecil banyak hal yang bisa dilakukan.

UTBK sendiri menjadi salah satu sistem penerimaan mahasiswa baru, selain SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Read More

Materi UTBK berbeda setiap tahunnya. Untuk tahun 2021 soal UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Soal TPS sendiri dibuat untuk mengetahui kemampuan kognitif yang dianggap penting di perguruan tinggi (pendidikan formal).

Hal yang diuji meliputi kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan kemampuan kualitatif akan diukur dengan tes pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

Baca juga: Persiapan SBMPTN Buat Kamu yang Lintas Jurusan

Nah, sebagian soal TPS ini akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Untuk soal TKA sendiri, dibuat dengan tujuan mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah.

Selain itu, soal TKA dibuat untuk mengetes kemampuan kognitif terkait konten mata pelajaran yang telah dipelajari di sekolah. Nah, soal TKA akan berfokus pada soal berbentuk Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Di antaranya ujian Saintes, Soshum, dan Campuran.

Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk menghindari skor UTBK-mu kecil ya.

1. Malas Membaca

Perlu kamu ketahui, bentuk teks UTBK terdiri dari bacaan yang cukup panjang. Kamu akan menemukan bacaan berupa artikel atau informasi sepanjang halaman majalah bahkan koran.

Karena itu, kamu harus bisa fokus membaca teks panjang ini agar informasi yang diminta dalam soal bisa kamu jawab dengan baik.

Sifat malas membaca hanya akan menyulitkanmu untuk menjawab soal, karena tanpa kefokusan mencari informasi kamu akan terpaku pada satu soal yang tentu akan membuang-buang waktumu untuk menjawab soal yang lainnya.

2. Membaca Seluruh Teks

Nah, meskipun kamu akan menemukan banyak teks panjang pada tes UTBK nantinya, ada beberapa soal yang hanya memintamu mencari informasi pada beberapa paragraf lho.

Maka dari itu, kamu bisa membaca soal terlebih dahulu, untuk mengetahui jawaban apa yang diminta oleh soal. Dengan trik ini kamu tidak perlu membaca seluruh teks yang hanya akan mengahabiskan banyak waktumu.

3. Terbatasnya Kosakata

Tak jarang, terbatasnya kosa kata dapat membuatmu kesulitan menemukan informasi pada teks. Hal ini karena beberapa soal dan teks kerap menggunakan padanan kata maupun sinonim, yang tak jarang membuat peserta UTBK kesulitan menemukan jawaban yang diminta soal.

Selain itu, teks UTBK juga menggunakan kata baku. Sehingga jika kamu jarang membaca kamu akan kesulitan memahami sebuah informasi pada teks dan bisa saja membuatmu salah memahami maksud pada teks.

Tentunya hal ini bisa merugikanmu, karena kamu akan kehilangan beberapa poin yang berharga.

4. Panik

Ketika mengerjakan soal, kepanikan tak jarang muncul manakala kita menemukan soal yang sulit. Ketika rasa panik ini datang, tak jarang peserta ujian menjadi sulit fokus dan justru membuat peserta tidak mengerjakan apapun.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah, Agar Tak Pusing Biaya Kuliah

Nah, kalau kamu panik, coba pejamkan matamu, tarik nafas dalam-dalam dan tanamkan dalam benakmu bahwa kamu pasti bisa melakukannya.

5. Hanya Terpaku pada Satu Soal

Jika menemui kesulitan, kamu harus segera berpindah ke soal berikutnya. Kerjakanlah soal tersebut di akhir, jika kamu memiliki waktu lebih.

Terpaku pada satu soal, justru hanya akan membuatmu kehilangan kesempatan pada poin soal lainnya. Karena belum tentu pula soal yang sedang berusaha kamu pecahkan akan memberikan bobot poin yang besar.

Jangan terpaku untuk mengerjakan soal tersebut hanya karena penasaran. UTBK bukan tempat untuk memecahkan rasa penasaranmu, tapi berusahalah untuk mencari banyak poin pada soal-soal yang bisa kamu kerjakan.

6. Takut Soal Hitungan

Banyak pasti di antara para peserta yang gigit jari duluan saat menemukan soal hitungan. Padahal jika mau membaca soal dan memahami soal secara perlahan soal hitungan bisa saja dikerjakan dengan mudah.

Jangan ragu untuk mengerjakan soal hitungan ya, setidaknya kamu harus berusaha untuk mendapatkan poin di soal hitungan. Jadi kerjakan dengan fokus dan perlahan-lahan. Pasti bisa!

Nah itu dia 6 tips buat kamu yang akan mengikuti UTBK agar tidak mendapatkan nilai kecil nantinya. Selamat bersiap.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts