Tips dan Trik Lolos Beasiswa LPDP

  • Whatsapp
tips lolos beasiswa lpdp
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Agar lolos beasiswa LPDP kamu harus memperbanyak pengetahuan terutama tips dan trik untuk lolos beasiswa tersebut bukan?

Tahun 2021, tepatnya 4 Mei lalu beasiswa LPDP kembali dibuka lho. Kamu yang tertarik untuk nelanjutkan S2 dan S3 bisa mulai mempersiapkan diri terutama untuk program Beasiswa Reguler dan Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD).

Read More

Beasiswa ini termasuk salah satu beasiswa yang cukup diminati, melihat antusiasme pendaftar setiap tahunnya yang menunjukkan angka yang cukup meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data LPDP dari tahun 2013-2020, rata-rata penerima beasiswa LPDP pertahunnya adalah 3.323 orang/awardee.

Nah, agar semakin mantap untuk mempersiapkan diri lolos penerimaan beasiswa LPDP, berikut tips dan triknya.

Baca juga: 5 Negara Ini Berikan Beasiswa S2 untuk Indonesia, Mulai Jepang Hingga Amerika

Mekanisme Pendaftaran

Penting untuk kamu mengetahui mekanisme pendaftaran suatu program beasiswa. Untuk beasiswa LPDP sendiri mekanismenya sebagai berikut.

1. Pendaftaran gelombang pertama dimulai tanggal 4 Mei – 1 Juni 2021. Sedangkan pendaftaran gelombang kedua dibuka tanggal 1 Agutsus – 8 September 2021.

2. Daftarkan dirimu di website resmi LPDP yaitu beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Kemudian pilih program yang akan kamu ikuti.

3. Lengkapi segala persyaratan dan dokumen yang diminta pada laman tersebut.

4. Submit untuk mendapatkan kode registrasi

5. Dokumen panduan pendaftaran lengkap dan daftar perguruan tinggi tujuan dapat kamu unduh di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/Beasiswa2021.

Persyaratan Umum

Setelah mengetahui mekanisme pendaftaran, kamu juga wajib tahun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa ini.

1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) dan tidak sedang menempuh studi di jenjang yang dituju.

2. Usia maksimal pendaftar S2 adalah 35 tahun dan 40 tahun untuk pelamar S3.

3. Memiliki sertifikat TOEFL/PTE/IELTS dengan skor minimal sesuai jenjang menurut ketentuan LPDP. Jadi pastikan kamu memahami betul syarat skor minimal yang harus kamu penuhi untuk lolos dalam program beasiswa yang kamu tuju.

4. Melampirkan surat rekomendasi dari akademisi atau atasan.

5. Menulis personal statement, komitmen dan rencana kontribusi ke Indonesia pasca studi.

Tips dan Trik Lolos LPDP dari Para Awardee

Sudag banyak pemuda Indonesia yang lolos beasiswa LPDP. Mereka pun dengan senang hati membagikan beberapa tips dan trik agar kamu dapat menjadi salah satu awardee LPDP juga lho.

1. Lengkapi persyaratan sesuai ketentuan.

Jangan sampai ada syarat yang terlewat dan tidak kamu lengkapi ya. Ini adalah satu langkah awal agar kamu lolos beasiswa LPDP.

Baca juga: 3 Beasiswa Program Master Terkenal dari Pemerintah Indonesia

2. Percaya diri, banyak berlatih dan kuasai materi saat seleksi substansi dan wawancara.

Percaya dengan kemampuan dirimu dan jangan berusaha menjadi orang lain saat tes wawancara. Dan tentunya perbanyak latihan soal agar dapat lolos seleksi substansi.

3. Buat tulisan atau personal statement serta rencana kontribusi yang jelas, spesifik, dan menunjukkan antusiasme untuk membangun bangsa.

Personal Statement ini cukup tricky bagi beberapa pelamar beasiswa. Begitupun yang disebutkan oleh para penerima beasiswa LPDP ini.

Beberapa menyebutkan agar kamu yang sedang melamar beasiswa membuat personal statement yang masuk akal, sesuai dengan kondisi dirimu, jujur, dan benar-benar bisa kamu lakukan sebagai bentuk kontribusimu untuk negara.

Pastikan juga kamu membuat personal statement yang jelas, rinci, dan spesifik serta menujukkan rasa tanggung jawab yang besar dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih baik ke depannya.

Jangan membuat sesuatu yang di luar kemampuanmu, karena pastinya akan membuatmu kesulitan ketika proses wawancara.

4. Buat kamu yang ingin mendaftrar beasiswa ini di tahun berikutnya, mulailah unutk meningkatkan portofolio diri.

Cara untuk meningkatkan portofolio diri adalah dengan memperbanyak aktivitas sosial, kepemimpinan atau organisasi dan tentunya prestasi akademik. Serta jangan ragu unutk bergabung ke grup pemburu beasiswa LPDP yang ada di berbagai platform media sosial.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts