Tips Ampuh Belajar Bahasa Asing

  • Whatsapp
tips belajar bahasa asing
Ilustrasi. [Foto: Pexels by Thirdman]

Kuarter.id – Belajar bahasa asing bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang kian pesat seharusnya belajar bahasa asing bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Tentunya dengan usaha dan konsisten dalam belajar bahasa asing kamu akan menjadi handal lho.

Seperti salah satu konten creator muda, Fiki Naki. Siapa yang tak kenal pemuda cerdas dan berbakat satu ini. Fiki Naki bisa menjadi panutanmu dalam belajar bahasa asing lho. Karena dia bisa memanfaatkan teknologi terutama dengan menonton youtube dan berlatih di Ome Tv untuk mengasah kemampuan bahasa asingnya.

Read More

Jika kamu memang tertarik dan ingin konsisten dalam belajar bahasa asing, kamu bisa mencoba beberapa tips ampuh agar kamu bisa mengasah dan belajar bahasa asing.

1. Mendengarkan Lagu

Buat kamu pecinta musik, tidak ada salahnya lho belajar bahasa asing dari mendengarkan lagu. Kamu bisa memilih lagu-lagu sesuai seleramu yang berbahasa asing. Misalnya genre pop, jazz, rock, dan sebagainya.

Setelah itu cari lagu-lagu dengan bahasa yang ingin kamu pelajari. Jika ingin bisa bahasa Inggris dengan aksen British atau Amerika cobalah lagu-lagu dari negara asalnya yang easy listening.

Baca juga: Tips dan Trik Lolos Beasiswa LPDP

Atau ingin belajar bahasa Korea, Jepang, China kamu  juga bisa dengan sangat mudah menemukan lagu-lagu yang ciamik di berbagai platform musik, seperti Spotify, Joox maupun Youtube.

Setelah mendapatkan lagu yang asik, cobalah tulis lirik tersebut. Jangan sekali-kali membuka internet untuk mencari liriknya ya! Kamu bisa melakukannya, setelah selesai menuliskan lirik-lirik lagu tersebut.

2. Menonton Acara Bertema Gaya Hidup

Ada banyak sekali acara yang bertema gaya hidup. Jika kamu memiliki TV berlangganan kamu bisa mencarinya di berbagai acara TV yang tersedia.

Atau jika tidak, kamu sangat bisa mengikuti konten creator di Youtube yang mengangkat gaya hidupnya sehari-harinya. Dengan menonton vlog, kamu bisa lebih banyak mendengar bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta gaya bahasa yang digunakan, dibandingkan dengan menonton film atau drama yang bahasanya lebih formal.

3. Menonton Film atau Series

Jika kamu pecinta film atau series tak ada salahnya belajar bahasa asing dari menonton film atau drama lho. Cobalah untuk tidak menggunakan subtitle ketika menonton film atau drama untuk melatih kemampuan listeningmu.

4. Membaca Novel atau Artikel

Memperbanyak membaca novel berbahasa asing maupun artikel dapat menjadi salah satu cara agar kamu semakin lancar berbahasa asing.

Biasanya bahasa yang digunakan di novel atau artikel akan lebih terstuktur dan sesuai dengan kaidah tata bahasa. Tentunya dengan memperbanyak cara ini kamu akan lebih fasih menggunakan bahasa asing dengan format yang sesuai kaidah.

5. Berlatih dengan Penutur Asli

Di era serba canggih saat ini, ada banyak sekali media yang bisa kamu gunakan untuk bertemu dengan penutur asli atau native speaker tanpa harus datang ke negara tersebut.

Mulai dari Ome Tv yang bisa digunakan untuk bercakap lewat bentuk video, atau media chatting seperti Instagram, Twitter, Facebook, hingga HelloTalk, Bussu, dan sebagainya.  Jika chatting masih kurang, kamu bisa menggunakan fitur video dengan aplikasi-aplikasi tersebut lho. Menarik bukan?

6. Banyak Berlatih

Banyak yang bilang jika ingin fasih berbahasa harus sering digunakan. Hal ini tak bisa dibilang salah. Jika kamu ingin fasih dan lancar dalam berbahasa asing tak ada salahnya untuk banyak berlatih.

Kamu bisa berlatih berbicara dengan diri sendiri menggunakan bahasa asing lho. Coba biasakan menggunakan bahasa asing pagi atau malam hari di depan cermin dengan menggunakan kalimat-kalimat yang sudah kamu pelajari.

Atau kamu bisa berlatih dengan membuat konten-konten bahasa asing untuk kamu unggah di media sosialmu, seperti Instagram, Twitter, Facebook atau Tiktok.

Selain kamu akan berlatih dengan maksimal untuk menghasilkan konten berkualitas kamu juga dapat berbagi ilmu yang kamu miliki dengan orang banyak. Tentunya dengan berbagi ilmu yang kamu miliki tak akan berkurang tapi justru akan bertambah karena kamu akan terus belajar dan belajar.

7. Ikut Komunitas Pecinta Bahasa Asing

Gabung dengan komunitas yang memiliki visi misi yang sama dapat membantumu konsisten dalam belajar lho. Mereka bisa memberikanmu motivasi dan semangat untuk terus belajar.

Baca juga: PTN Penerima Dana PKM Terbesar 2021, mulai UGM hingga UNEJ

Lingkungan yang baik dan produktif tentu akan membuatmu merasa malu jika tertinggal bukan? Nah maka tak ada salahnya ya kamu bergabung dengan komunitas serupa, seperti bergabung di Polyglot Grup atau Listerclub. Pasti asyik dan menyenangkan deh.

8. Gabung Kursus Bahasa Asing

Nah, terakhir tips ampuh belajar bahasa asing yang bisa kamu lakukan jika kamu memiliki budget lebih adalah dengan mengikuti kursus.

Bergabung dengan kursus bahasa sing akan memaksimalkan kemampuan tata penulisan, berbicara, menulis derta mendengarkan dalam bahasa asing.

Nah itu dia, 8 tips ampuh belajar bahasa asing yang bisa kamu terapkan sesuai dengan gaya belajar kamu tentunya! Selamat mencoba ya.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts