Tingkatkan Produktivitas Selama Bekerja dari Rumah

  • Whatsapp
produktif bekerja dari rumah
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Bekerja dari rumah (work from home) jadi kebijakan yang paling banyak diambil kantor pemerintah dan swasta di masa pandemi seperti saat ini. Bekerja dari rumah diharapkan dapat mengurangi mobilitas orang-orang, kemungkinan terjadinya kerumunan dan tetap efektif bekerja.

Namun, bagi sebagai orang, bekerja dari rumah membuat produktivitas tidak sebaik saat bekerja di kantor. Ada berbagai faktor yang menyebabkan aktivitas bekerja dari rumah menjadi kurang produktif.

Read More

Di antaranya, tempat dan situasi rumah yang kurang memadai, terbebani dengan pekerjaan rumah tangga, perangkat komputer dan gawai lainnya yang kurang mendukung, kurang fokus, dan masih banyak hambatan lainnya.

Dilansir dari databoks.katadata.co.id, survei Edelman mencatat 48 persen dari 27 negara memiliki kembali bekerja dari kantor dengan berbagai alasan. Sementara itu, 52 persen responden lainnya menginginkan bekerja dari rumah karena khawatir terpapar Covid-19.

Melalui survei ini, responden mengatakan merasa lebih produktif saat bekerja di kantor dengan persentase 42 persen. Keberadaan karyawan lainnya di kantor turut memberikan rasa aman bagi responden dengan persentase 34 persen. Sementara itu, sebanyak 22 persen responden mengaku bekerja dari rumah yang sehat saat bekerja di kantor.

Penelitian yang dilakukan National Bureau of Economic Research mengatakan, bekerja di rumah memiliki beberapa sisi negatif. Dilansir dari tirto.id, penelitian ini menyebutkan bekerja dari rumah menyebabkan lebih banyak menghabiskan waktu. Selain itu, e-mail dan tugas yang harus dikerjakan menjadi semakin menumpuk.

Baca juga: 5 Peregangan untuk Mengatasi Tegang di Leher dan Pundak

Nah, bila kamu merasa jenuh dan sulit untuk tetap produktif selama bekerja dari rumah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Berikan tempat khusus untuk bekerja selama di rumah

Atur ruangan rumahmu seefisien mungkin, termasuk tempat untuk bekerja selama di rumah. Sebaiknya, hindari tempat bekerja yang berhadapan dengan ruang TV agar kamu tidak malah fokus menonton TV. Bila perlu, siapkan tempat khusus dengan meja dan kursi untuk bekerja.

Hindari bekerja di atas tempat tidur untuk menghindari keinginan untuk rebahan lebih lama. Selain itu, kursi dan meja yang baik akan membuatmu terhindar dari sakit punggung atau leher.

Rajin membersihkan dan menata rumah

Membersihkan dan menata ruangan bisa membuat suasana hatimu makin baik. Sebaliknya, ruangan yang kotor, penuh debu, dan berantakan bisa membuatkan tidak mood melakukan aktivitas. Terlebih saat bekerja dari rumah, kamu akan memiliki waktu lebih banyak di rumah.

Bersihkan diri dan gunakan pakaian yang rapi

Meskipun hanya beraktivitas di dalam rumah, membersihkan diri dan menggunakan pakaian yang rapi juga penting dilakukan. Bila kamu bekerja di rumah dengan rambut kusut, belum mandi, dan dengan pakaian tidur, tanpa sadar otakmu akan tersugesti bahwa kamu belum siap melakukan aktivitas.

Beraktivitas dengan pakaian yang rapi dan badan yang bersih bisa meningkatkan produktivitasmu hari ini, lho.

Siapkan jam kerja

Bekerja dari rumah bagi sebagian besar membuat jam kerja menjadi lebih fleksibel. Namun, kamu tetap harus mengatur waktumu, kapan saatnya untuk mengikuti rapat virtual, mengerjakan laporan, jam makan, bahkan jam untuk beristirahat.

Baca juga: Hati-Hati Menerima Ajakan Pertemanan di Media Sosial

Mulai harimu dengan sarapan pagi dan jangan lupa beristirahat saat jam menunjukkan waktu makan siang. Begitu pula ketika menjelang sore atau malam. Tutup laptopmu saat waktu istirahat dan kembalilah besok. Mengatur jam kerja sangat penting agar produktivitas tetap terjaga.

Gunakan aroma terapi untuk tingkatkan produktivitas

Mood dan produktivitas bisa meningkat dengan suasana ruangan yang nyaman, salah satunya pewangi ruangan. Selain itu, aroma terapi bisa meredakan stres akibat aktivitas yang padat.

Ada banyak jenis aroma terapi yang bisa kamu gunakan, seperti candle diffuser, reed diffuser, nebulizer diffuser, dan lain sebagainya. Jenis wewangian pun bisa kamu pilih sesuai selera.

Imbangi dengan makanan sehat

Terlalu lama di rumah tanpa sadar membuat kita senang mengkonsumsi camilan. Camilan dengan rasa yang gurih dan manis bisa menambah mood.

Namun, bila dikonsumsi berlebihan dan jangka panjang, makanan yang tergolong tidak sehat ini bisa mengganggu pencernaan, lambung, hingga tenggorokan. Oleh karena itu, imbangi aktivitas bekerja dari rumah dengan makan-makanan sehat dan multivitamin.

Kira-kira sudah berapa bulan kamu menjalani aktivitas bekerja dari rumah? Nah, buat kamu yang harus bekerja di kantor, pastikan untuk selalu disiplin protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts