Tanda Kamu Siap Memulai Investasi

  • Whatsapp
tanda kamu siap berinvestasi
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Investasi merupakan salah satu langkah untuk bisa mencapai kebebasan finansial. Dengan memiliki investasi yang tepat, kamu akan memperoleh return yang berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan berinvestasi kamu pun bisa memperoleh keuntungan tanpa bekerja.

Banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih. Tentunya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi sebelum memilih instrumen investasi kamu harus memahami bagaimana kondisi keuanganmu dan apa tujuan finansialmu ke depannya.

Read More

Meskipun dengan investasi bisa memberikan return dan keuntungan jangka panjang, masih banyak orang yang ragu untuk mulai berinvestasi. Kondisi keuangan yang belum stabil dan pemahaman soal investasi yang belum lengkap sering menjadi faktor seseorang belum siap untuk mulai berinvestasi.

Nah bagi kamu yang masih bingung untuk memulai berinvestasi atau tidak, berikut beberapa ciri atau tanda kamu sudah bisa mulai berinvestasi.

Baca juga: Empat Manfaat Investasi untuk Generasi Milenial

1. Sudah Memiliki Dana Darurat

Dana darurat merupakan hal yang wajib kamu miliki sebelum mulai berinvestasi. Pos dana darurat akan membantumu ketika terjadi situasi darurat yang memerlukan dana tidak sedikit. Contohnya, ketika tiba-tiba sakit dan harus dirawat di rumah sakit, yang tentunya akan menghabiskan cukup banyak biaya.

Dengan dana darurat yang cukup akan membantumu lebih fokus dalam berinvestasi dan memikirkan tujuan finansialmu ke depannya. Karena jika terjadi hal-hal darurat, keuanganmu sudah siap, jadi tidak mengganggu slot dana yang akan kamu gunakan untuk berinvestasi. Adapun jumlah dana darurat yang disarankan adalah sebesar 3-6 kali penghasilanmu setiap bulannya.

2. Memiliki Dana Lebih di Luar Dana untuk Kebutuhan Rutin

Setelah memiliki dana darurat yang cukup, kamu harus memastikan bahwa dengan penghasilan yang kamu miliki, sudah bisa memenuhi kebutuhan dan terdapat dana lebih yang bisa kamu alokasikan untuk investasi.

Tidak masalah meskipun jumlahnya sedikit, asalkan kamu rutin mengalokasikan dana tersebut setiap bulannya. Tidak mesti harus dengan jumlah yang besar, sesuaikan dengan kondisi keuanganmu, dan yang penting komitmen setiap bulannya.

Baca juga: Gaji Besar Tapi Selalu Merasa Kurang? Terapkan 4 Kebiasaan Berikut

3. Memiliki Tujuan atau Goals Tertentu ke Depannya

Berinvestasi akan membantumu mencapai tujuan keuangan lebih cepat. Contoh, ketika kamu mempunyai rencana membangun rumah impian atau mengumpulkan dana untuk biaya pendidikan anak kelak, investasi bisa menjadi solusi yang kamu pilih.

Return dari investasi yang kamu miliki akan membantumu mewujudkan tujuan jangka panjang ke depannya. Memang tidak bisa dinikmati dalam jangka waktu pendek, jadi harus bersabar untuk menikmati hasilnya di kemudian hari.

4. Memiliki Rencana untuk Pensiun

Salah satu keunggulan investasi adalah bisa memberikan keuntungan atau pemasukan tanpa bekerja, karena return yang diperoleh dari investasi tersebut. Bagi kamu yang ingin pensiun di usia tertentu, miliki investasi yang tepat dan perkiraan return yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan hidupmu.

Dengan memiliki investasi dan tabungan dana pensiun kamu bisa menikmati hari tua dengan lebih nyaman, dan tidak memberatkan keturunanmu kelak untuk membiayai kehidupan di hari tua.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts