Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

  • Whatsapp
strategi pemasaran di media sosial
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Perkembangan dunia digital yang sangat pesat pada era ini membawa banyak perubahan terutama soal kebiasaan dan gaya hidup di masyarakat. Termasuk dalam konsumsi informasi, hiburan dan komunikasi, kini media sosial menjadi platform yang sangat diminati oleh masyarakat.

Keberagaman fitur dan kemudahan yang ditawarkan media sosial menjadi salah satu keunggulan media sosial. Mengingat kini media sosial memiliki begitu banyak pengguna, bahkan hampir semua orang terkoneksi dengan media sosial, tentunya banyak peluang yang bisa dimanfaatkan salah satunya untuk pengembangan usaha dan bisnismu.

Read More

Saat ini banyak perusahaan mengandalkan media sosial untuk memperluas pemasaran produk yang dimiliki. Keterjangkauan yang luas dan adanya big data yang memudahkan informasi produk sampai kepada pengguna potensial menjadikan media sosial sebagai salah satu media pemasaran yang strategis untuk digunakan.

Melihat adanya peluang besar yang bisa dimanfaatkan dari media sosial, diperlukan pemahaman yang tepat bagaimana pemanfaatan pemasaran melalui media sosial atau social media marketing. Nah bagi kamu pemilik usaha yang ingin memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk yang kamu miliki, berikut beberapa strategi yang bisa kamu coba dalam mengelola media sosial usahamu.

1. Perkuat Konten Visual

Konten apa yang kamu sajikan melalui media sosial akan sangat berpengaruh terhadap ketertarikan konsumen yang mengunjungi media sosialmu. Untuk itu buatlah konten yang menarik sehingga konsumen tergugah untuk mengetahui lebih lanjut terkait produk-produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: Empat Manfaat Investasi untuk Generasi Milenial

Kemas informasi semenarik mungkin. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk info grafis yang menarik dan informatif sehingga konsumen akan mudah untuk mengingat produk yang kamu informasikan.

Saat ini bahkan banyak pelaku usaha yang khusus menggunakan jasa desainer professional untuk membuat konten visual yang menarik dan efektif untuk menarik konsumen. Jadi lakukan yang terbaik untuk membuat konten visual yang tepat, ya.

2. Manfaatkan Jasa Influencer

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki pengaruh di media sosial, hal ini biasanya ditandai dengan jumlah follower (pengikut) yang banyak di media sosial. Para influencer pada umumnya membuka peluang kerja sama dengan brand untuk memasarkan produknya.

Memanfaatkan jasa influencer akan membantu meningkatkan brand-awareness untuk produkmu. Agar lebih efektif, pastikan kamu telah melakukan riset dan memahami karakter dari masing-masing influencer dan audiens yang dimilikinya.

Misalkan produk yang kamu tawarkan adalah produk kecantikan, kamu bisa menggunakan jasa beauty influencer yang memang fokus membahas tentang produk-produk kecantikan. Hal tersebut akan membantu informasi produkmu sampai kepada audiens potensial.

3. Bangun Interaksi dan Komunitas

Salah satu keunggulan yang juga dimiliki media sosial adalah memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah. Jadi tidak hanya membagikan informasi, kamu juga bisa menjalin interaksi dengan konsumen dengan cara mengajukan pertanyaa atau tanggapan mereka.

Sesekali kamu juga bisa mengadakan give away untuk semakin menarik interaksi sekaligus memperluas publik sasaran. Dengan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara kamu dan konsumen, maka akan memperkuat keterikatan dan konsumenmu akan sering berbelanja produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: Kuasai Learning Agility untuk Bisa Bertahan dalam Karir

Selain itu kamu juga bisa membentuk komunitas untuk konsumen-konsumen yang memang sering berbelanja. Kamu bisa berbagai penawaran dan kemudahan yang menarik sehingga konsumen semakin senang untuk berbelanja. Bahkan ketika konsumen puas dan nyaman dengan produkmu, mereka akan membantu memasarkan produkmu dari mulut ke mulut.

4. Lakukan Analisis dari Setiap Konten yang Diunggah

Mempelajari dan menganalisis bagaimana efektifitas setiap konten yang kamu unggah, akan membantumu memberikan pengetahuan konten apa yang strategis dan tepat untuk dikembangkan ke depannya.

Kamu bisa menganalisis dengan melihat seberapa banyak jumlah like dan komentar dari masing-masing unggahan. Selain itu saat ini juga banyak platform yang menyediakan layanan media analitic yang akan memudahkanmu mengetahui efektifitas media sosial yang kamu kelola.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts