Spotify Jadi Aplikasi Streaming Musik dengan Pelanggan Terbanyak

  • Whatsapp
spotify aplikasi streaming musik
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Mendengarkan musik telah menjadi bagian dari aktivitas keseharian kita. Saat sedang belajar, bekerja, berada di perjalanan, atau saat sedang bosan sekali pun, musik menjadi teman setia semua orang.

Musik pun telah menemani manusia bahkan sejak dalam kandungan. Kamu mungkin pernah mendengar bahwa memperdengarkan musik pada janin dapat menstimulus otak sang calon bayi.

Musik juga hadir dengan beragam genre. Ada pop, dangdut, jazz, dan lain sebagainya. Bahkan yang terbaru Korean Pop atau K-Pop menjadi genre tersendiri yang kini banyak digandrungi anak-anak muda dari seluruh penjuru dunia.

Karena berkembangnya teknologi digital dan internet, kamu tak lagi melulu mendengarkan musik melalui tape atau radio. Kamu pun bisa mendengarkan lagu favoritmu di handphone dengan menyimpan file lagu tersebut dalam memori internal.

Ada pula pilihan beragam aplikasi buat kamu yang malas repot memindahkan dan menyimpan file lagu favoritmu di handphone. Dengan aplikasi yang bisa diunduh di Play Store atau Apple Store, kamu bisa mendengar ratusan bahkan ribuan musik hanya dari handphone yang tersambung internet.

Lewat aplikasi, kamu juga bisa mendengarkan lagu secara streaming sesuai dengan mood kamu saat ini. Aplikasi streaming musik pun kini telah hadir dengan beragam merek dan paket langganan. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhanmu, ya.

Spotify: Aplikasi Streaming Musik dengan Pelanggan Terbanyak

Dilansir dari databoks.katadata.co.id, Spotify menjadi aplikasi streaming musik yang memiliki pelanggan berbayar paling banyak dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Baca juga: Selama Pandemi, Akses Anak ke Gadget dan Internet Meningkat

Hingga akhir 2020, International Federation of Periodical Publishers mencatat, pelanggan berbayar Spotify mencapai 144 juta. Di posisi kedua disusul Apple Store sebanyak 68 juta. Angka ini masih jauh di bawah pelanggan Spotify.

Amazon Prime Music menempati posisi ketiga dengan jumlah pelanggan 55 juta. Kemudian disusul Tencent Music sebanyak 51,7 juta.

Counterpoint juga mencatatkan hal yang sama. Pada kuartal II 2020, Counterpoint mencatat Spotify memiliki pelanggan berbayar paling banyak. Persentasenya mencapai 34%.

Di posisi kedua juga diduduki Apple Store dengan persentase pelanggan 21%. Sementara itu, Amazon menempati posisi ketiga dengan persentase 15%.

BTS Jadi Artis yang Paling Banyak Didengarkan di Indonesia

Dilansir dari kompas.com, grup K-Pop BTS menjadi artis yang paling banyak didengarkan di Indonesia lewat aplikasi Spotify tahun 2020. Kemudian disusul musisi lokal Pamungkas, penyanyi Justin Bieber, grup K-Pop Blackpink, dan penyanyi lokal Fiersa Besari.

Tidak hanya menjadi artis yang paling banyak didengarkan. Album BTS bertajuk MAP OF THE SOUL:7 berada di posisi ketiga sebagai album yang paling banyak didengarkan pelanggan asal Indonesia.

Hasil ini dirangkum dalam “Spotify Wrapped 2020” dengan berisikan lagu yang paling banyak didengarkan pelanggan di Indonesia.

Mengenal Spotify

Ratusan juta orang telah menjadi pelanggan berbayar Spotify. Apakah kamu salah satunya?

Aplikasi asal Swedia ini pertama kali diluncurkan Oktober 2008 silam. Spotify tidak hanya menyediakan layanan streaming lagu-lagu favoritmu saja, lho.

Dilansir dari laman resminya spotify.com, aplikasi ini jua menyediakan layanan podcast, video, dan konten digital lainnya dari artis-artis seluruh dunia.

Kamu tetap bisa mendengarkan musik di Spotify secara gratis, namun musik akan diputar secara acak. Kamu pun akan menerima jeda iklan di sela-sela mendengarkan musik bila kamu belum menjadi pelanggan berbayar.

Buat kamu yang ingin memilih lagu sesuka hati tanpa jeda iklan, kamu bisa upgrade untuk menikmati layanan Spotify Premium.

Dengan Spotify Premium, kamu bisa menyimpan lagu favoritmu untuk didengarkan kembali saat sedang offline atau tidak tersambung internet.

Nah, apakah kamu sudah mencoba menjadi pelanggan aplikasi musik berbayar seperti Spotify?


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts