Selama Pandemi, Persentase Menonton Drama Korea Meningkat

  • Whatsapp
menonton drama korea streaming
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id-Banyak kebiasaan kita yang berubah semenjak pandemi. Kamu yang biasanya memiliki aktivitas padat, harus bepergian dari satu tempat ke tempat, bertemu orang satu dengan orang lain, kini tak lagi memiliki kebiasaan yang sama.

Segala aktivitas harianmu mulai berpindah ke platform digital. Tiap hari keseharianmu berkutat dengan laptop, handphone, dan earphone. Segala pekerjaan dan hubungan sosialmu berpindah ke dalam ruang virtual.

Read More

Nah, agar tidak stres selama di rumah saja, kamu mungkin memiliki hobi atau aktivitas baru yang dulu tidak sering kamu lakukan saat sebelum pandemi. Salah satunya, menonton drama Korea melalui layanan streaming.

Persentase Menonton Drama Korea Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Hasil survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, persentase konsumsi drama Korea Selatan di masa pandemi makin meningkat di Indonesia. Dikutip dari kompas.id, LIPI mencatat persentase menonton drama Korea sebelum pandemi hanya 87,8 persen.

Baca juga: Januari 2021, Pengguna Aktif Facebook Tembus 2 Miliar Lebih

Angka tersebut terbilang cukup tinggi dan semakin tinggi selama pandemi Covid-19. Survei LIPI mencatat selama pandemi persentase menonton drama Korea mencapai 91,1 persen.

Wah, kamu yang mungkin biasanya tidak sempat menonton drama Korea, mungkin jadi punya kesempatan untuk menontonnya selama WFH, bukan?

Durasi Menonton Drama Korea Makin Lama

Selain persentase menonton yang meningkat, hasil survei LIPI turut mencatat durasi menonton drama Korea per harinya yang juga ikut meningkat.

Sebelum pandemi Covid-19, rata-rata durasi menonton hanya mencapai 2,7 jam. Sedangkan, selama pandemi makin meningkat menjadi 4,6 jam.

Angka ini meningkat kemungkinan besar karena beberapa faktor, mulai dari kemudahan akses menonton akibat segala aktivitas dilakukan daring, ada banyak waktu menonton selama bekerja dari rumah, menghindari jenuh selama di rumah saja, atau mengikuti tren yang berkembang.

Drama Korea sendiri cukup menarik banyak penikmat dari berbagai usia. Selain karena dimainkan oleh aktor yang cantik dan tampan, drama Korea juga tampil dengan berbagai genre.

Ada honor, misteri, thriller, romance, bahkan komedi. Hal ini membuat para penikmat drama Korea punya banyak pilihan genre yang cocok dengannya.

Akses Menonton yang Mudah dan Murah

Drama Korea beberapa tahun belakangan cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia. Judul-judul drama Korea yang sedang on going pun turut menjadi bahan perbincangan masyarakat Indonesia di media sosial.

Tua, muda, perempuan, maupun laki-laki menjadi penikmat konten hiburan asal Korea Selatan tersebut. Oleh karena itu, drama Korea menjadi lahan ekonomi yang cukup subur berkembang di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, berbagai platform layanan streaming drama Korea hadir cukup beragam. VIU merupakan salah satu layanan streaming drama Korea yang cukup lengkap, mulai dari drama yang populer beberapa tahun sebelumnya, hingga drama Korea yang tengah on going di televisi Korea Selatan. VIU juga menyediakan drama Asia lainnya, seperti Thailand, Jepang, bahkan Indonesia.

Baca juga: Hati-Hati Menerima Ajakan Pertemanan di Media Sosial

Netflix juga menyediakan layanan streaming bagi penikmat drama Korea. Ada pula iQIYI, platform streaming asal China yang juga menyediakan berbagai tayangan drama Korea. Masih banyak aplikasi lainnya pula yang menyediakan layanan yang sama, sehingga masyarakat pun punya beragama pilihan platform.

Harga yang ditawarkan oleh tiap platform pun cukup beragam. Belum lagi berbagai diskon dan paket, sehingga menonton drama Korea pun menjadi semakin ‘murah’. Kamu pun bisa mengakses platform layanan streaming tersebut melalui komputer dan bahkan handphone sekalipun.

Nah, drama Korea apa saja yang sudah berhasil kamu tonton selama WFH ini?


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts