[Review] Ratu Bobrok di Drama Korea Mr. Queen (2020)

  • Whatsapp
review drama mr queen-kuarter.id
Ratu Cheorin (Shin Hye Sun) yang telah tertukar jiwanya, bersama Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun) saat pertama kali dinobatkan sebagai raja dan ratu dinasti Joseon. [Foto:Tangkapan Youtube]

Kuarter.id – Drama Korea selalu memiliki pesonanya sendiri. Mulai dari kisah romansa sepasang kekasih yang memikat para muda-mudi hingga tragedi dan intrik dalam beragam cerita horor maupun thriller. Bahkan tak jarang drama Korea juga menghadirkan nuansa komedi yang mengocok perut.

Sebut saja salah satunya kemunculan drama Korea bertema Saeguk (sejarah) yang hadir akhir tahun lalu, tepatnya pada 12 Desember 2020, berjudul Mr. Queen. Drama yang tayang di tvN setiap Sabtu dan Minggu ini memang menyuguhkan cerita komedi yang membuat penonton terpingkal.

Read More

Selama kurang lebih 1 jam penayangannya, Ratu yang diperankan oleh Shin Hye Sun berhasil melepaskan tawa karena sikapnya yang bobrok, nyeleneh, namun apa adanya. Dengan kisah time travel seorang koki yang jiwanya terperangkap di tubuh seorang ratu di dinasti Joseon, semakin menambah unsur humor dalam drama yang memiliki judul lain No Touch Princess ini.

Berkat akting mumpuni Shin Hye Sun membuat penonton berpikir bahwa ratu merupakan sosok seorang pria. Hal ini tentu dengan kemampuan akting Shin Hye Sun yang luar biasa hingga bisa menghadirkan karakter seorang pria dalam tubuh seorang wanita.

Meski menyuguhkan banyak dialog yang menghibur, drama Mr. Queen tetap memasukkan berbagai konflik. Hal yang lumrah tentu dalam sebuah drama untuk menaikkan ketegangan. Namun, lagi-lagi meski beragam konflik muncul dan penonton mulai dipacu adrenalinnya, plot kembali menghadirkan sisi humoris baik itu dari sisi ratu, raja (Kim Jung Hyun) maupun seluruh karakter dalam drama tersebut.

Penerimaan pada Takdir

Jang Bong Wan (Cha Jin Hyuk), seorang koki ternama yang bekerja di istana kepresidenan, mengalami fitnah atas sajian hidangannya untuk tamu kepresidenan. Saat tengah mengusut kasus yang melibatkan dirinya itu, Jang Bong Wan terjatuh ke sebuah kolam dari apartemennya.

Baca juga: [Review] Menilik Pembelajaran Soal Bisnis dari Drakor Start Up

Saat itulah, Jang Bong Wan bertemu Ratu Kim So Young yang di waktu yang sama menceburkan dirinya ke kolam di istana kerajaan. Tanpa disangka, keesokan paginya Jong Bong Wan terbangun dalam tubuh seorang ratu.

Menjalani kehidupan yang berbeda dengan masa lalunya, membuat Jang Bong Wan yang terperangkap di tubuh wanita semakin frustasi. Namun, lambat laun mengetahui berbagai tragedi yang menimpa ratu, Jang Bang Wan ingin memperbaiki segala kondisi yang ada. Berbekal dengan pengalamannya di masa kini dan kisah sejarah yang kerap dibacanya semasa kecil.

Ya, penerimaan itulah yang membuat Jang Bong Wan dapat bertahan dan perlahan berusaha membantu Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun) untuk menjalankan misinya, salah satunya membebaskan era Joseon dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) berkepanjangan.

Ada Baiknya Tidak Tahu Apa-apa

Hadir sebagai “orang baru” di kerajaan, membuat Jang Bong Wan yang terperangkap dalam tubuh ratu tak mengetahui banyak tentang seluk beluk kerajaan maupun masa lalu sang ratu. Namun, karena ketidaktahuannya itu, ia justru bisa menilai penghuni istana dengan jujur. Mulai dari nol ia menyelidiki berbagai karakter, sifat, dan ambisi para penghuni istana.

Karena ketidaktahuannya itu pula, ia bisa menjadi lebih netral menilai raja yang dianggap tidak kompeten bahkan dicap sebagai raja boneka oleh rakyat. Ia bahkan mengetahui keluarganya (Klan Kim) tidak benar-benar mendukungnya.

Hal yang kadang tak akan kita sangka bahwa dengan penilaian yang jujur dan netral itu bisa menjauhkan kita dari sifat egois, sombong, dan berbagai keburukan yang justru ketika dipertahankan akan semakin membawa dampak buruk bagi banyak pihak.

Tidak Semua Orang Terdekat Kita Baik

Selain menghadirkan kisah romansa, humor, hingga konflik, drama yang memiliki 20 episode itu juga memberikan banyak pelajaran penting bagi para penikmatnya. Sebut saja salah satunya nilai kejujuran dan apa adanya yang dihadirkan Jang Bong Wan.

Karena ketidaktahuannya akan masa lalu ratu, semakin membuat Jang Bong Wan ingin mengubah keadaan. Hal ini pula yang membuka jalannya untuk dapat mengetahui bahwa alasan ratu bunuh diri dengan menceburkan diri ke kolam salah satunya karena semua penduduk istana berusaha “membunuhnya” tanpa mereka sadari.

Baca juga: Drama Komedi Korea, Pilihan Hiburan Pelepas Stres

Kesakitan terbesar tanpa kita sadari justru datang dari orang-orang terdekat kita. Tanpa sadar mereka yang merasa mengerti mimpi kita, memaksakan kehendak mereka untuk membahagiakan kita. Padahal semua itu hanyalah sebuah kepalsuan.

Tidak akan ada yang benar-benar bahagia dengan pemaksaan, apalagi kebohongan. Tidak akan ada yang dapat membahagiakan diri kita kecuali diri kita sendiri. Hanya diri kita yang paham mimpi kita dan tujuan kita.

Dan hal itulah yang dialami ratu. Mimpinya harus terkubur karena keegoisan orang-orang terdekatnya. Hingga akhirnya membuatnya “muak” dan memutuskan untuk bunuh diri dengan menceburkan diri ke kolam.

Karena itu, penting untuk kita selalu berhati-hati. Jangan mudah percaya kepada siapa pun, apalagi pada tampilan luar yang memikat. Hingga tanpa kita sadari mereka sedang berubah menjadi “monster” yang mengancam kebahagiaan kita.

Ingatlah bahwa kebaikan yang tulus dan murni pasti datangnya dari hati. Ya,  musuhmu suatu saat bisa menjadi kawan, dan kawanmu bisa menjadi musuh. Karena semua tergantung kepada tujuan yang sedang mereka upayakan.

Ya, meski hadir menyuguhkan gelak tawa, kamu akan dapat pula merasakan perjuangan, kesedihan, dan pengorbanan ratu untuk mencapai mimpinya. Jangan lewatkan penayangan 4 episode terakhir drama Mr. Queen ini di aplikasi streaming Viu. Selamat tertawa dengan tingkah ratu yang bobrok!


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts