[Review] Akhir Kisah Cinta Segitiga Drama Korea “Love Alarm” (2021)

  • Whatsapp
review love alarm season 2
Momen Kim Jojo dan Hye Young yang sudah berani mengungkapkan perasaannya. [Foto : Tangkapan Youtube]

Kuarter.id – Setelah dua tahun penantian panjang, pecinta drama Korea Love Alarm akhirnya dibuat bahagia dengan kemunculan season 2 Love Alarm, 12 Maret 2021 lalu.

Hampir dua tahun pula, penonton digantungkan dengan kisah cinta segitiga antara Kim Jojo (Kim So Hyun), Hwang Sun Oh (Song Kang), dan Lee Hye Yeong (Jung Ga Ram).

Read More

Tak jauh berbeda denga season 1 nya, Love Alarm season 2 masih berkutat dengan kisah cinta segitiga dan tentunya aplikasi Joalarm yang mampu membuat pemiliknya mengetahui perasaan seseorang dari jarak 10 meter.

Karena aplikasi ini pulalah, Kim Jojo dibuat bimbang. Ia masih dibayangi dengan kisah cinta masa remajanya dengan Sun Oh. Namun karena kecelakaan yang terlibat di antara keduanya serta berbagai masalah hidup yang dilalui Kim Jojo, ia pun harus melepaskan Sun Oh.

Sun Oh yang masih belum memahami keputusan Jojo pun larut dalam kesedihan. Ia pun tak lantas bahagia meski ada sosok Yuk Jo yang selalu menemaninya. Sun Oh terus berusaha meminta penjelasan dari Jojo, namun tak lantas membuahkan hasil.

Baca juga: [Review] Drama Korea Kisah Cinta Segitiga “Love Alarm” (2019)

Dan di saat itu pula, sosok Hye Young selalu setia menemani Jojo, bahkan di saat-saat terberat hidupnya.

Nah, kalau kamu sendiri tim mana? #timHyeYoung atau #timSunOh?

Berlabuh Pada yang Selalu Ada

Di season 2 ini kamu akan melihat kisah cinta yang lebih dewasa. Mengingat season 1-nya mengisahkan kisah cinta remaja SMA. Kemudia empat tahun berlalu, mereka tumbuh menjadi dewasa, Hye Young bekerja di perusahaan pengembang Joalarm, Kim Jojo melanjutkan studinya, dan Sun Oh tetap dekat dengan teman kuliahnya, Yuk Jo.

Di drama ini, Kim Jojo sendiri dikisahkan sebagai wanita yang tumbuh dengan masa lalu yang kelam. Orang tuanya berusaha bunuh diri di rumah tinggal mereka, karena terlilit hutang. Entah menjadi keberuntungan atau kemalangan bagi Kim Jojo, ia satu-satunya korban selamat dalam tragedi itu.

Jojo terus dibayangi ketakutan, hingga membuatnya sering merasa bersalah dan tak layak untuk hidup. Ia pun kerap ketakutan dengan pandangan orang-orang sekitarnya. Beruntung, sosok lelaki penyayang dan baik hati, Hye Young selalu ada untuknya.

Hye Young berusaha mengerti perasaan Jojo. Ia pun mampu melihat kesedihan dan kesendirian di mata Jojo. Tak banyak yang bisa, karena Jojo selalu menunjukkan senyum keceriaan di wajahnya.

Hye Young sadar betul, masa lalu Kim Jojo serta kisah cinta masa SMA Jojo yang pelik, membuatnya harus menerima bahwa Jojo akan sulit menerima ketulusan cintanya. Namun, Hye young tetap teguh, baginya cinta yang tulus tak harus menerima balasan, ia akan menunggu dengan sabar, ia pun akan bahagia meski cintanya tak akan terbalas.

Berkat kesabaran Hye Younglah, Jojo akhirnya sadar, bahwa cinta yang tulus itu, cinta yang selalu ada, yang mengerti, bahkan ia bisa mengurangi beban dan menjadi sandaran di saat terpuruknya. Di Hye Younglah, Jojo menemukan semuanya.

Kritik Sosial yang Tersirat

Drama season 2 Love Alarm yang tayang di Netflix dengan 6 episode ini menyuguhkan durasi 45-50 menit.

Kalau untuk pengambilan gambar, kamu tak perlu meragukan lagi. Selain karena Korea negata yang bersih, keindahan pesonanya mampu dimunculkan dengan pengambilan gambar dan editing yang ciamik.

Kamu akan melihat latar halte bus yang ikonik di drama ini. Meski berbeda lokasi, namun halte bus masih menjadi salah satu lokasi favorit pengambilan gambar.

Baca juga: [Review] Ratu Bobrok di Drama Korea Mr. Queen (2020)

Kamu juga masih akan melihat pohon-pohon berbunga yang indah, seperti di season 1, ketika Jojo dan Sun Oh pernah melakukan adegan menyusuri pedestrian saat mereka SMA.

Di drama ini pula kamu bisa melihat beberapa kritik sosial yang coba disampaikan oleh penulis naskah drama ini secara tersirat.

Chun Duk Gu, sebagai pengembang aplikasi Joalarm, sadar betul aplikasi yang dibuatnya tak lantas akan membuat semua orang bahagia. Bahkan dalam kisah cinta segitiga Jojo, Hye Young dan Sun Oh, ada kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat cinta akan berlabuh. Salah satunya pilihan.

Namun sayangnya, masyarakat kadang terlalu percaya dengan sebuah teknologi, terukhusus aplikasi, hingga menampikkan realitas sosial yang terjadi di masyarakat.

Mereka lupa kalau dirinya hidup sebagai manusia di dunia nyata, bukan dunia maya. Mereka lupa bahwa Tuhan telah menciptakan hati dan akal kepada manusia yang dapat digunakan dengan bijak untuk mengambil keputusan.

Mereka lupa bahwa mereka sudah ditakdirkan hidup berpasang-pasangan, hingga naasnya karena sebuah aplikasi berkata tak ada yang menyukainya di radius 10 meter, mereka mengorbankan nyawa mereka dengan bunuh diri.

Di drama ini pula, kamu akan belajar untuk menghargai perasaan seseorang dan tak perlu menyakiti hanya karena keterbatasan fisiknya.

Ditambah lagi pembelajaran tentang ketulusan orang tua dalam mendidik anaknya, seperti yang diperlihatkan ibu Hye Young. Selain itu di keluarga Sun Oh kamu akan melihat, keluarga yang nampak bahagia di luarnya saja namun rusak di dalamnya.

Dua keluarga ini akan mengajarkanmu, dua cara yang berbeda dalam menerima masa lalu yang kelam, dan keduanya menghasilkan sesuatu yang berbeda pula, entah hubungan antar anggota keluarga, maupun sifat dan karakter anak didiknya.

Ya, meski banyak perdebatan dengan akhir drama ini, namun kamu tetap akan mendapatkan banyak pelajaran berharga dengan balutan kisah cinta yang sederhana. Selamat menonton Love Alarm Season 2.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts