Rawat Kebiasaan Membaca Buku dengan Cara Ini

  • Whatsapp
kebiasaan membaca buku
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id- Tahukah kamu, Hari Buku Nasional diperingati tiap 17 Mei setiap tahunnya? Di momen peringatan Hari Buku Nasional ini, kira-kira kamu masih sering membaca buku favoritmu?

Atau gara-gara sibuk bekerja dan beraktivitas setiap hari membuatmu justru tidak punya waktu menjalankan hobimu yang satu ini?

Read More

Saya sendiri termasuk hobi membaca buku-buku fiksi dari penulis dalam negeri dan beberapa penulis luar yang karyanya telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Namun,  aktivitas padat membuat saya tidak bisa selalu bisa membaca buku favorit saya setiap hari.

Mau tidak mau, saya pun mencoba “mencuri-curi” waktu di tengah kesibukan agar tetap bisa merawat kebiasaan membaca buku. Setidaknya tiap akhir pekan, saya menyempatkan waktu untuk membaca beberapa halaman dan mencatat hal-hal menarik dari buku tersebut.

Dengan membaca buku favorit, saya merasa lebih relaks dan membuat saya kembali semangat beraktivitas kembali di hari Senin.

Lewat buku pula, saya menemukan informasi dan pengetahuan baru tentang dunia yang belum pernah saya ketahui. Hal ini sesuai dengan pepatah yang menyebut buku sebagai jendela dunia.

Sebelum lebih jauh berbicara mengenai cara-cara merawat kebiasaan membaca buku, kamu harus tahu sejarah Hari Buku Nasional.

Dikutip dari tribunnews.com, Hari Buku Nasional pertama kali diperingati pada tahun 2002. Saat itu Hari Buku Nasional diperingati tepat 22 tahun Perpustakaan Nasional.

Perpustakaan Nasional sendiri pertama kali didirikan pada 17 Mei 1980. Penetapan peringatan Hari Buku Nasional dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Selain itu, peringatan Hari Buku Nasional juga bermaksud untuk meningkatkan penjualan buku di Indonesia yang saat itu masih sangat rendah.

Baca juga: Youtuber Anak-Anak dengan Bayaran Tertinggi Versi Forbes

Nah, buat kamu yang ingin tetap merawat kebiasaan membaca buku dapat menyimak cara berikut ini.

Rawat kebiasaan membaca buku sejak kecil

Kalau kamu memiliki kebiasaan membaca buku sejak kecil, pasti hingga dewasa pun kamu masih menyukai kebiasaanmu yang satu ini. Dengan membiasakan rajin membaca buku sedini mungkin, kamu menjadi tertarik membaca buku lebih banyak.

Sebaliknya, bila dari kecil kamu malas membaca buku, mungkin hingga dewasa pun kamu jadi malas-malasan jika diharuskan membaca buku.

Buat kamu yang punya adik kecil, kamu bisa mengajaknya membaca bersama-sama cerita anak yang seru dan menyenangkan bagi mereka. Ciptakan suasana membaca buku yang menyenangkan, agar kebiasaan ini terus tumbuh hingga mereka dewasa.

Temukan genre buku favoritmu

Agar kebiasaan membaca buku tidak membosankan atau memberatkanmu, sebaiknya temukan genre buku yang kamu suka. Buat kamu yang suka buku fiksi, bacalah! Ada berbagai banyak genre buku di pasaran yang bisa kamu pilih.

Akan lebih baik pula bila tiap tahun kamu meningkatkan bacaanmu dan mengeksplore banyak genre buku lainnya. Tentunya akan menyenangkan untukmu.

Siapkan waktu setiap minggu untuk membaca buku

Sesibuk apa pun aktivitas yang kamu jalani, sisihkanlah waktu satu jam setiap hari atau minimal setiap akhir pekan untuk membaca buku favoritmu. Dengan begitu, kamu pun akan tetap bisa menjalankan kebiasaanmu ini.

Suasana sekitar pun sangat mendukung mood kamu, lho. Carilah suasana yang bisa membuatmu nyaman membaca buku, ya.

Catat hal-hal menarik dan tulis review buku

Selama membaca buku, kamu mungkin menemukan hal-hal menarik yang bisa kamu pelajari dari buku tersebut. Kamu bisa memberikan tanda pada bukumu atau mencatatnya di buku khusus. Dengan begitu, pesan-pesan penting mengenai buku tersebut bisa selalu kamu ingat.

Selain itu, menulis review buku juga bisa mendorongmu semakin semangat lagi membaca buku. Dengan menulis review, kamu bisa membagikan pendapatmu tentang buku tersebut kepada orang lain.

Dengan menulis review buku pula, kamu bisa melatih kemampuan menulismu. Tentu akan lebih baik bila kebiasaan membacamu juga diimbangi dengan kemampuan menulis yang baik, bukan?

Bagikan cerita tentang buku favoritmu ke orang sekitar

Bagikan ke teman-teman sekitar mengenai buku yang menjadi favoritmu. Dengan begitu, teman-temanmu bisa jadi ikut tertarik membaca buku yang sama denganmu.

Bukankah sangat menyenangkan bila memiliki teman yang memiliki hobi yang sama?

Nah, selain itu, kamu juga bisa menyebarkan semangat membaca buku ke orang-orang sekitar, lho. Ajak mereka untuk sama-sama memiliki kebiasaan membaca buku, yuk!


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts