Pilih Passion atau Karir?

  • Whatsapp
Pilih Passion atau Karir? - Kuarter.id
Ilustrasi: Passion atau Karir? Sumber: Ist

Kuarter.id-Karir menjadi salah satu bagian yang penting dari perjalanan hidup setiap orang. Untuk bisa bertahan hidup dan memenuhi segala kebutuhan, bekerja menjadi hal wajib untuk dilakukan. Sayangnya untuk memilih karir yang akan dijalani bukan perihal mudah, passion yang berbeda menjadi salah satu alasan sulit menentukan pekerjaan.

Passion secara sederhana dapat diartikan sebagai gairah atau semangat yang besar untuk melakukan sesuatu. Ketika kamu sudah memiliki sebuah passion, contohnya menulis, kamu tentunya akan bersemangat dan lebih merasa tertantang dalam melakukannya.

Read More

Seringkali ketidaksesuaian antara passion dan pekerjaan yang dijalani menjadi penyebab munculnya rasa jenuh dan tidak bersemangat dalam bekerja. Ketika rasa semangat menurun tentunya produktivitas menurun, dan akan berpengaruh pada perjalanan karir yang bisa jadi sulit berkembang.

Nah bagi kamu generasi milenial yang saat ini mungkin masih galau masalah passion dan pekerjaan, berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbanganmu.

Baca juga: 5 Investasi Diri Sendiri untuk Generasi Millenial

Jangan Jadikan Passion sebagai Alasan untuk Tidak Melakukan Sesuatu

Dalam memilih pekerjaan, passion memang menjadi salah satu pertimbangan. Ketika merasa passion tidak sesuai dengan pilihan pekerjaan yang ada, seringkali banyak orang yang memilih untuk tidak bekerja hingga melihat suatu peluang yang sesuai dengan passionnya.

Namun, perlu diingat lagi, setiap orang tentunya memiliki kewajiban dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Maka dari itu, tidak salah sementara melakukan pekerjaan di luar passionmu untuk bisa survive dan menghidupi diri ataupun keluarga.

Terkadang semuanya tidak harus berawal dari passion. Kamu bisa menggali sisi menarik dari pekerjaan yang kamu jalani saat ini. Bisa saja pekerjaan tersebut justru menjadi passion barumu.

Jika kamu saat ini memiliki tawaran pekerjaan yang belum sesuai dengan passionmu, terima dan lakoni dengan sebaik-baiknya sembari terus mengasah skill yang sesuai dengan passionmu, agar siap ketika suatu saat bertemu dengan kesempatan pekerjaan sesuai passion yang kamu miliki.

Ingat passion tidak hanya tentang bagaimana kamu menyukai suatu hal, tapi juga baik dan ahli dalam hal tersebut.

Baca juga: Ikigai: Konsep Keseimbangan Hidup dari Jepang

Keterkaitan Passion dan Konsep Ikigai

Ikigai merupakan salah satu konsep tentang nilai hidup dari Jepang, bagaimana kamu bisa memiliki tujuan hidup yang akan membuatmu lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Intinya adalah bagaimana menemukan irisan atau pertemuan antara empat elemen, di antaranya “what you love”, “what you are good at”, “what you can be paid off”, dan “what the world needs”.

Untuk menemukan keseimbangan, idealnya kamu mencari keterkaitan antara hal apa yang kamu sukai, hal apa yang kamu kuasai, hal yang bisa memberikanmu penghasilan, dan hal apa yang dibutuhkan dunia.

Jika kamu sudah berhasil mencari pertemuan dari empat elemen tersebut, kamu akan memiliki alasan untuk terus semangat beraktivitas setiap harinya.

Menemukan titik pertemuan antara keempat elemen dalam ikigai memang bukan hal yang mudah dan cepat. Kuncinya jangan menyerah. Terus kembangkan setiap potensi dan peluang yang kamu miliki untuk tetap bisa survive dan menemukan keseimbangan yang dimaksud dalam ikigai.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts