Persiapan SBMPTN Buat Kamu yang Lintas Jurusan

  • Whatsapp
persiapan sbmptn lintas jurusan
Ilustrasi ujian. [Foto:Freepik]

Kuarter.id – Buat kamu yang akan lintas jurusan pada ujian SBMPTN mendatang, pasti mulai merasa was-was. Hal itu lumrah terjadi mengingat banyaknya materi baru yang harus kamu kuasai dan pelajari.

Apalagi ketika sudah memasuki akhir tahun ajaran, Januari-Maret adalah bulan krusial untukmu melakukan persiapan.

Read More

Selain karena banyaknya materi yang harus dipelajari, persaingan untuk memperebutkan kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tergolong cukup tinggi.

Berdasarkan informasi pada website databoks.katadata.co.id yang didapatkan dari data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristek Dikti), jumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia masih rendah, yakni hanya 122 unit pada tahun 2017.

Tentunya jumlah PTN tersebut tak cukup menampung banyaknya minat calon mahasiswa pada perguruan tinggi negeri yang notabene menghadirkan kuliah dengan biaya yang lebih terjangkau.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah, Agar Tak Pusing Biaya Kuliah

Padahal angka Perguruan Tinggi Swasta (PTS) jumlahnya mencapai 3.136 unit. Namun, karena biaya kuliah yang cukup tinggi membuat banyak PTS memiliki mahasiswa kurang dari 500 hingga membuat kondisi PTS tak sehat.

Sebagai calon mahasiswa, kamu harus mulai memikirkan besaran peluangmu diterima di perguruan tinggi negeri favorit. Ditambah saat ini kamu harus mempersiapkan materi lintas jurusan, yang artinya kamu harus mempelajari materi IPA dan IPS dalam satu waktu.

Namun, jangan menyerah dulu ya. Karena kamu masih memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai persiapan berikut agar peluangmu diterima di perguruan tinggi negeri pilihanmu menjadi lebih besar.

1. Berpikir Positif, Semua Akan Mudah

Hal ini menjadi hal pertama yang harus kamu miliki sebelum memulai persiapan belajar untuk tes SBMPTN lintas jurusan. Tentu saja, karena pikiran yang positif akan mempengaruhi besar semangatmu untuk menghadapi segala tantangan dan kesulitan.

Yakin dan percayalah bahwa semua akan mudah, dengan begitu semangatmu akan terus berkobar. Kamu pun akan lebih mudah berkonsentrasi dalam mempersiapkan materi ujian.

Yakinlah pula semakin kamu giat belajar, berlatih, dan tidak mudah mengeluh serta berputus asa, jalanmu untuk diterima di PTN pilihanmu akan segera terwujud.

2. Fokus dengan Materi yang Kamu Kuasai

Salah satu peluang untuk meraih nilai passing grade yang tinggi adalah dengan menjawab soal dengan jumlah benar yang banyak. Jawaban benar bernilai +4, salah -1 dan jawaban kosong 0.

Jika sebelumnya kamu bisa fokus dan maksimal untuk memperdalam materi yang kamu kuasai, ketika ujian kamu akan mudah dan yakin untuk menjawab dengan benar soal-soal dari materi tersebut. Sehingga, peluangmu untuk mendapatkan skor benar dengan jumlah yang banyak akan semakin tinggi.

Namun, bukan berarti kamu meninggalkan materi yang lain ya. Materi lainnya wajib pula kamu pelajari, setidaknya kamu bisa menjawab 1 atau 2 soal dengan benar pada materi lainnya yang kamu kurang mengerti.

3. Buat Target Belajar dan Usahakan Konsisten

Susunlah target belajar dengan baik. Dengan menyusun target belajar kamu akan lebih fokus untuk menguasai satu materi dalam satu waktu.

Misalnya, pekan pertama kamu akan mempelajari materi sejarah dan pekan kedua mempelajari materi geografi. Nah, jika pekan pertama habis, namun materi sejarah belum selesai dipelajari, kamu tetap harus konsisten untuk melanjutkan materi di pekan kedua.

Dengan menerapkan strategi ini, kamu akan lebih mudah fokus dan bersemangat agar mampu menguasai 1 materi sesuai target yang telah kamu buat.

4. Belajar dengan Cara yang Kamu Sukai

Belajar dengan cara yang kamu sukai bukan berarti kamu tidak serius dalam belajar ya. Justru dengan menerapkan gaya dan cara belajar yang kamu sukai akan lebih efektif dalam meningkatkan kinerja otak dalam menerima pelajaran atau materi.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro

Banyak orang cerdas yang memiliki gaya belajar yang unik. Namun, mereka tetap bisa memahami materi dan mampu fokus ketika belajar. Tentu kamu dapat menerapkannya agar semangatmu dalam belajar tetap terjaga.

Misalnya, kamu lebih nyaman dan mudah menerima pelajaran dengan mendengarkan musik, maka lakukanlah. Atau kamu lebih suka belajar di malam hari sambil nyemil snack tak masalah. Asalkan kamu menyukainya, maka kamu pun akan lebih bersemangat.

5. Terus Berlatih Menyelesaikan Soal Ujian

Sebagian orang kerap kebingungan ketika mempersiapkan ujian lintas jurusan, karena banyaknya materi yang dikuasai. Namun, sekali lagi bukan berarti kamu tidak memiliki peluang untuk diterima di PTN pilihanmu ya.

Kamu harus yakin, belajar, dan tentunya berlatih banyak soal. Ya, kamu bisa mulai mengerjakan soal-soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya, baik melalui buku, internet, aplikasi belajar online maupun pembahasan di Youtube.

Jadi, teruslah berlatih dan jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau kawan-kawanmu ketika menemui kesulitan saat mengerjakan latihan soal.

6. Berdoa, Mohon Restu, dan Jangan Menyerah

Setelah berikhtiar dengan usaha sungguh-sungguh dan konsisten hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah berdoa.

Sediakanlah waktu khusus untuk berdoa dan meminta kepada Tuhan, Yang Maha Kuasa dalam menentukan takdir baik untukmu. Mintalah agar takdir “baik” yang kamu harapkan sesuai dengan takdir “baik” yang telah Ia tetapkan. Berdoalah agar keinginanmu dapat terwujud.

Mintalah pula doa restu dari orang tuamu. Tak ada salahnya meminta mereka untuk ikut membantumu dengan mendoakan cita-citamu.

Terakhir, jangan mudah menyerah atas apa yang telah kamu upayakan. Yakinlah keberhasilan dalam menyelesaikan soal-soal ujian SBMPTN lintas jurusan akan kamu peroleh nantinya. Semangat!


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts