5 Peregangan untuk Mengatasi Tegang di Leher dan Pundak

  • Whatsapp
Mengatasi tegang leher
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Pernahkah kamu mengalami tegang atau kaku di leher dan pundak? Area ini memang bagian paling sering mengalami ketegangan akibat kecemasan atau stres.

Selain itu, leher tegang juga akan dialami ketika terlalu lama di posisi yang sama, menatap gadget, atau salah tidur.

Read More

Jika terus dibiarkan, tegang di leher dan pundak bisa berakibat fatal lho, misalnya nyeri kronis serta masalah kesehatan lainnya.

Nah, agar tegang leher tidak berlanjut nyeri dan mengganggu keseharianmu, ada beberapa peregangan yang dapat kamu lakukan.

Melansir Healthline, berikut 5 peregangan untuk mengatasi tegang pada leher dan pundak:

1. Peregangan Leher

Peregangan di area ini dapat meredakan ketegangan di kepala, bahu, dan leher.

Peregangan leher bisa dilakukan dengan meletakkan tangan kiri di bagian samping tubuh, lalu tangan kanan di telinga kiri.

Kemudian, arahkan kepala ke bahu kanan. Tahan selama 20 hingga 30 detik dan kembalikan posisi kepala ke tengah. Selanjutnya, ulangi untuk sisi kiri. Lakukan 2 hingga 3 kali di setiap sisi.

Baca juga: Gunting dan Buang Bekas Maskermu untuk Hindari Penyebaran Virus

2. Neck Release

Peregangan ini adalah cara yang lembut untuk mengendurkan ketegangan di bahu dan lehermu.

Caranya, posisikan diri kamu berdiri tegak dengan kedua tangan di sisi tubuh. Turunkan kepala dan dekatkan dagu ke dada. Lalu, miringkan kepala ke sisi kanan dengan lembut dan jeda selama 30 detik. Kamu akan merasakan rileks di sisi kiri lehermu.

Selanjutnya, lakukan untuk sisi kiri dengan menurunkan kepala dan dekatkan dagu ke dada. Lalu, miringkan kepala ke sisi kiri dengan lembut. Lakukan 3 hingga 5 kali di setiap sisi.

3. Child’s Pose

Tidak hanya leher dan pundak, posisi ini membantu hampir seluruh otot di tubuh rileks.

Lakukan posisi ini dengan berlutut dan duduk di atas tumit. Lalu arahkan badan ke depan hingga dahi menempel di lantai. Posisikan tangan menjangkau titik terjauh di lantai.

Tarik napas dalam-dalam dan rasakan punggung belakang rileks. Ulangi langkah yang sama selama 2 sampai 3 kali.

4. Cat-Cow Pose

Childs pose
Child’s pose. [Foto: Ist]

Cat-cow pose atau Chakravakasana adalah pose yoga yang membantu punggung, batang tubuh, dan leher rileks.

Lakukan pose ini dengan posisi seperti bayi yang hendak merangkak. Tubuh bertumpu pada tangan dan lutut dengan telapak tangan rata di lantai, pergelangan tangan di bawah bahu, dan lutut di bawah pinggul. Tarik napas dalam-dalam.

Kemudian, lanjutkan gerakan ke pose sapi. Turunkan perut ke arah matras dan angkat dagu dan dada. Lihat ke langit-langit. Buka dada dan bahumu.

Lalu, buang napas dan lanjutkan ke pose Kucing. Lakukan hal sebaliknya dari pose sapi. Tarik perut ke arah tulang belakang lalu menunduk ke bawah ke matras. Tarik napas dan kembali ke Pose Sapi dan ulangi urutannya. Lakukan 10 hingga 12 kali.

5. Thread the Needle

Thread the needle
Thread the needle. [Foto: Ist]

 

Benang jarum adalah peregangan yang membantu membuat rileks punggung, leher, dan bahu yang tegang.

Caranya, bertumpu pada tangan dan lutut dengan telapak tangan rata di lantai, pergelangan tangan di bawah bahu, dan lutut di bawah pinggul atau pose merangkak.

Geser tangan kanan (telapak tangan ke atas) ke lantai ke sisi kiri tubuh. Tubuh kamu akan berputar dengan gerakan tersebut, dan bahu kanan kamu akan menyentuh lantai saat kamu melihat ke sisi kiri. Gunakan tangan kiri kamu untuk menopang berat badanmu.

Tahan posisi tersebut selama 20 hingga 30 detik dan kembali ke posisi awal. Lalu, ulangi untuk sisi kiri. Lakukan 2 hingga 3 kali di setiap sisi.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts