Yuk! Melancong ke Kaki Pulau Bali

  • Whatsapp
Wisata di kaki Pulau Bali
Monyet di Obyek Wisata Pura Luhur Uluwatu [Foto Dew]

Kuarter.id – Jika kamu sedang menikmati liburan di Pulau Dewata Bali, jangan lupa melancong ke obyek wisata Pura Luhur Uluwatu. Letaknya persis di kaki Pulau Bali, yaitu di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung.

Kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai atau 45 menit dari Kota Denpasar dengan menggunakan kendaraan roda empat. Di sini, kamu bisa menikmati laut Bali Selatan dari ketinggian tebing mencapai 79 meter di atas permukaan laut. 

Read More

Selain itu, kamu di sini bisa berinteraksi dengan monyet-monyet yang mendiami Pura Luhur Uluwatu. Dalam kepercayaan Hindu, monyet-monyet di sini disebut jero wanara, karena tinggal dan bertumbuh di kawasan suci. 

Baca juga: [Review] Buku Change Your Habits

Sebelum memasuki areal obyek wisata, petugas akan melakukan cek suhu tubuh dan menyediakan sarana cuci tangan bagi seluruh pengunjung. Aturan ini adalah langkah penerapan protokol kesehatan guna menyikapi adaptasi kebiasaan baru selama pandemi Covid-19. 

Kamu juga diwajibkan menggunakan masker dan jaga jarak fisik selama memasuki areal obyek wisata ini. Kamu juga wajib mengenakan pakaian sopan dan kain. Jangan khawatir, karena di depan pintu masuk, petugas juga menyediakan kain bagi kamu yang lupa membawa. Uluwatu - Kuarter.id

Sejak pandemi Covid-19, hampir seluruh industri pariwisata ikut berdampak, termasuk obyek wisata Pura Luhur Uluwatu. Akibat pandemi Covid-19, jumlah kunjungan ikut menurun. 

Bahkan, pertunjukan Tari Kecak yang menjadi daya tarik obyek wisata ini juga terpaksa dihentikan sementara. Pemerintah Provinsi Bali sendiri telah membuka industri pariwisata bagi masyarakat lokal sejak 9 Juli 2020. 

Tentunya kamu tidak perlu khawatir, karena protokol kesehatan telah diterapkan dengan ketat, seperti tersedianya sarana cuci tangan dan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, wajib menggunakan masker, dan pembatasan jumlah kunjungan hingga 50% untuk menerapkan jaga jarak fisik. 

Di sela-sela kunjungan kami awal Oktober 2020, kami sempat berbincang dengan Bapak I Wayan Wijana selaku Manager Pengelola Obyek Wisata Pura Luhur Uluwatu. 

Baca juga: Riset: Covid-19 Mampu Bertahan 28 Hari di HP dan Suhu Dingin Uluwatu - Kuarter.id

Semenjak dibukanya pariwisata, objek wisata ini rata-rata mulai menerima kunjungan 100-200 orang wisatawan lokal. Angka ini sudah disesuaikan dengan protokol kesehatan, yang mana normalnya menerima kunjungan hingga 8.000 orang per hari. 

Meskipun obyek wisata ini tak seramai biasanya, dijamin kamu tidak akan dibuat kecewa dengan indahnya deburan ombak dan pemandangan matahari tenggelam di ufuk Bali Selatan. 

Tak jarang kamu juga bisa menjumpai sekawanan monyet di areal obyek wisata ini. Saat melancong kemari, pastikan kamu disiplin menerapkan protokol kesehatan, ya!  

 


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts