Menurut Satgas, Ini Tempat yang Paling Tak Patuh Masker

  • Whatsapp
tempat tidak patuh masker
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id- Pemerintah saat ini sedang menggalakkan program vaksinasi nasional sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19. Upaya ini dilakukan sejak pertama kali Presiden RI Joko Widodo mendapatkan vaksin Januari 2021 lalu.

Hingga pertengahan tahun 2021, jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksin makin bertambah. Namun, vaksin menjadi alasan sebagian orang mulai tak patuh menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

Read More

Nyatanya, Covid-19 tak benar-benar hilang karena vaksin. Bagi mereka yang telah divaksin, mematuhi protokol kesehatan tetap menjadi hal yang paling utama dalam menekan penyebaran Covid-19.

Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 menguraikan tempat-tempat yang paling tak patuh masker berdasarkan data 17-23 Mei 2021. Data diperoleh dari www.databoks.katadata.id.

Restoran

Menurut Satgas, restoran menjadi tempat yang paling tak patuh masker. Presentasinya mencapai 16,8 persen. Ketidakpatuhan masker di restoran terjadi karena di sinilah tempat orang-orang bisa makan, minum, dan kumpul bersama. Oleh karena itu, restoran menjadi tempat yang paling sering dijumpai ketidakpatuhan penggunaan masker.

Rumah

Selanjutnya, rumah menjadi tempat yang paling tak patuh penggunaan masker. Presentasinya sebanyak 14,2 persen. Hal ini karena kebanyakan di antara kita menganggap anggota keluarga atau kerabat dekat tak perlu dicurigai menjadi pembawa virus.

Selain itu, rumah dianggap tempat paling aman dari penyebaran virus bila dibandingkan tempat-tempat umum lainnya.

Bandara

Bandara merupakan pintu keluar dan masuk suatu daerah atau negara. Tempat ini tentunya ramai akan pengunjung. Sayang, menurut Satgas bandara menjadi salah satu tempat yang paling tak patuh masker. Menurut data Satgas, presentasinya mencapai 12,4 persen.

Baca juga: Pertemuan Virtual yang Padat Sebabkan Zoom Fatigue, Kamu Juga?

Tempat Olahraga Publik

Olahraga telah menjadi aktivitas wajib bagi sebagian orang. Tak sedikit di antaranya yang memilih berolahraga di tempat olahraga publik seperti gym. Umumnya olahraga akan agak kesulitan bila menggunakan masker.

Alasan ini mungkin menyebabkan tempat olahraga publik menjadi salah satu tempat yang paling tak patuh penggunaan masker. Menurut data Satgas Covid-19, presentasinya sebanyak 11,8 persen.

Mall

Semenjak adaptasi kebiasaan baru, pemerintah daerah kembali membuka mall dengan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat. Namun, menurut data Satgas Covid-19, mall menjadi salah satu tempat yang paling tak patuh penggunaan masker.

Presentasinya mencapai 11,6 persen. Kemungkinan angka ini cukup tinggi karena mall menjadi tempat berbagai kebutuhan pokok dan hiburan masyarakat. Sebagian masyarakat pun sudah mulai mengunjungi mall.

Protokol kesehatan menjadi kunci bagi kita untuk melawan penyebaran Covid-19. Meskipun di antara kita sudah menerima vaksin, protokol kesehatan tetap mesti dilakukan. Nah, kamu sendiri sudah taat protokol kesehatan, belum?


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts