Bukan Cuma Rendang, Ini 8 Masakan Khas Minangkabau Buat Teman Makan Nasi

  • Whatsapp
masakan khas minangkabau
Masakan Khas Minangkabau. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Minangkabau memang sangat terkenal dengan masakannya yang beragam dan nikmat. Suku adat asli dari Provinsi Sumatera Barat dan beberapa bagian Pulau Sumatera ini memiliki masakan dengan cita rasa yang khas yang pastinya menggugah selera.

Ragam cita rasa masakan Minang berasal dari rempah khas Indonesia, biasanya didominasi rasa pedas dan cenderung bersantan.

Read More

Tak heran, masakan khas Minang jadi favorit banyak kalangan. Bahkan, salah salah satu masakan suku “tari piring” itu dinobatkan sebagai masakan terlezat di dunia, yaitu rendang.

Tapi, perlu kamu ketahui, ternyata masakan lezat buat teman makan nasi khas Minangkabau tidak hanya rendang lho.

Sedikitnya, ada 8 masakan Minang lainnya yang harus kamu coba. Berikut penjelasannya:

1. Gulai Tunjang

Gulai tunjang adalah jenis makanan berkuah kuning kental seperti gulai pada umumnya, uniknya gulai ini berbahan utama daging kaki sapi.

Baca juga: 3 Desa Unik Bali Aga yang Sayang untuk Dilewatkan

Hidangan ini memiliki rasa yang lezat dengan cita rasa gurih dan pedas. Pastinya akan sangat mantap jika disantap bersama sepiring nasi hangat .

2. Gulai Tambusu

Jika dilihat sekilas, masakan ini memang terlihat cukup aneh. Tapi, perlu kamu ketahui, masakan yang berbentuk lonjong panjang melingkar berwarna kuning ini disebut tambusu.

Tambusu menjadi hidangan yang populer di Rumah Makan Kapau di seluruh Indonesia. Pasalnya, tambusu hanya akan ditemukan di rumah makan Kapau. Kapau sendiri merupakan wilayah yang ada di pinggiran Bukittinggi, Sumatera Barat.

Tambusu terbuat dari usus sapi yang diisi telur kocok berbumbu, terkadang ditambah dengan tahu yang dilumatkan lalu dimasak dengan kuah santan kental yang kaya rempah.

Gulai tambusu dan nasi hangat adalah pasangan masakan yang super nikmat.

3. Gulai Banak

Selain gulai tunjang dan gulai tambusu, kamu juga wajib coba gulai banak untuk teman makan nasi.

Baca juga: Resep Inkigayo Sandwich, Cemilan Favorit Idol Kpop

Banak berarti benak atau otak. Artinya, gulai yang identik dengan rasa pedas dan gurih ini terbuat dari otak sapi yang dipotong-potong kemudian dimasak ke dalam bumbu gulai.

Meski cukup ekstrem, nyatanya gulai banak banyak diminati masyarakat setempat maupun luar Minangkabau.

4. Palai Rinuak

Kuliner ini berasal dari Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Rinuak adalah ikan berukuran sangat kecil yang merupakan endemik Danau Maninjau. Ikan ini berukuran sangat kecil, berwarna putih kecokelatan dan sekilas mirip teri dari Medan.

Sementara itu palai berarti pepes. Jadi, palai rinuak berarti pepes ikan rinuak. Olahan ini cocok sekali disantap dengan nasi hangat.

Selain palai, rinuak biasanya juga diolah menjadi jenis masakan lain seperti dendeng, rendang, dan bakwan rinuak.

5. Asam Padeh

Asam padeh jadi masakan khas Minangkabau lainnya yang bisa kamu nikmati dengan nasi “angek” atau hangat.

Biasanya, orang Minang membuat asam padeh dengan ikan tongkol, tapi tak jarang juga menggunakan bahan utama lain seperti daging, ayam atau jenis ikan lainnya.

Sesuai namanya, hidangan ini berkuah asam dan padeh atau pedas. Rasa asam kecut menyengat dari asam padeh berasal dari asam kandis.

Hidangan ini dibuat bukan dengan santan, melainkan kemiri dan air yang dicampur dengan aneka bumbu dan rempah lainnya.

6. Kalio

Kalio juga dikenal dengan rendang setengah jadi. Hidangan ini memiliki bumbu dasar yang sama dengan rendang, tapi hasilnya lebih terang jika dibandingkan rendang. Begitu pun teksturnya lebih basah dan lengket, sementara rendang cenderung lebih kering.

Bahan dasar kalio yang biasanya digunakan adalah daging sapi, hati dan limpa sapi ataupun jeroan sapi lainnya. Biasanya, bahan dasar tersebut ditemani jariang (jengkol) atau kentang.

Kuahnya yang kental dan kaya rempah serta memiliki aroma khas yang kuat sangat lezat dinikmati dengan nasi hangat, apalagi ditambah dengan bahan dasarnya, akan semakin mantap.

7. Dendeng Balado

Masakan Minang seperti tidak jauh-jauh dari daging sapi, ada lagi nih satu kuliner khas suku tersebut yang terbuat dari olahan daging sapi, yaitu dendeng balado.

Hidangan ini terbuat dari irisan tipis daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Sesuai dengan namanya, dendeng balado disajikan dengan siraman sambal berwarna merah atau yang dikenal dengan istilah balado.

8. Dendeng Batokok

Selain dendeng balado, ada juga olahan dendeng batokok yang wajib kamu coba. Meski sama-sama dendeng yang disiram sambal atau balado, dua dendeng ini berbeda lho.

Tokok dalam bahasa Minang memiliki arti dipukul atau memukul. Jadi, dendeng batokok adalah olahan daging sapi yang direbus dengan bumbu lalu dipukul-pukul hingga pipih. Biasanya, dendeng di”tokok” dengan batu ulekan.

Daging sapi yang pipih ini membuat bumbu dari sambalnya akan lebih meresap dan terasa lebih kuat. Orang Minang lebih sering menggunakan sambal ijo untuk dilumuri di dendeng batokok dan sambal merah di dendeng balado.

Kamu mau coba yang mana? Apa mau dua-duanya?

Nah, itu dia 8 masakan Minangkabau yang lezat dan bisa kamu nikmati buat teman nasi selain rendang yang pastinya tak kalah enak.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts