Kuliner Halal Khas Singaraja Bali

  • Whatsapp
kuliner halal singaraja
Kuliner Halal Khas Singaraja [Foto : Ist]

Kuarter.id – Menjelajahi Pulau Bali belum lengkap rasanya jika tak mencicipi kulinernya. Salah satu daerah di Bali yang memiliki makanan lezat adalah Singaraja.

Jarak tempuh dari Denpasar menuju Singaraja kurang lebih 84 km. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Apalagi saat ini pelancong semakin dipermudah dengan adanya Short Cut Denpasar-Singaraja.

Read More

Kota Singaraja hampir seperempat penduduknya beragama Islam. Jadi akan mudah sekali menemukan makanan halal nan lezat di kota ini.

Daerah yang juga disebut kota pendidikan ini terletak di utara Pulau Bali. Ketika tiba di pusat kota, kamu akan disambut dengan perkampungan muslim. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan masjid di sana.

Beberapa desa lainnya di Kota Singaraja juga memiliki perkampungan Islam yang unik lho. Oleh karena itu kamu yang beragama Islam, tidak perlu ragu jika ingin menikmati kuliner halal di kota ini ya.

Baca juga: Staycation atau Holistay, Konsep Liburan Murah dan Aman

Berikut kuliner halal yang bisa kamu temui dan cicipi ketika berkunjung ke Singaraja:

1. Jukut Rambanan

jukut rambanan
Jukut Rambanan

Makanan halal pertama yang direkomendasikan ketika tiba di Kota Singaraja adalah jukut rambanan. Jukut sendiri berarti sayur dalam Bahasa Bali.

Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari berbagai sayuran. Makanan ini terdiri dari sayur pare, bayam, kecambah, sayur jepang (labu siam) yang disajikan menjadi satu kesatuan makanan yang lezat.

Di beberapa daerah kombinasinya bisa berbeda. Ada yang menggunakan sayur nangka muda, kacang panjang, kangkung, kecambah, hingga jantung pisang yang dihidangkan bersamaan.

Di atasnya dituang saus berwarna cokelat muda yang sedikit kental. Saus ini dibuat dari campuran bumbu halus seperti lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar, merica, cabai, bawang merah dan putih, terasi, daun salam, dan ditambahkan larutan tepung beras untuk membuatnya kental.

Selain tuangan saus yang membuat lezat, di atasnya juga ditaburi bawang goreng yang semakin menambah kelezatan makanan satu ini.

Baca juga: Alasan Berlibur ke Virgin Beach

Kamu bisa membeli makanan ini dengan harga Rp 6.000 – Rp 8.000 saja. Murah bukan?

2. Tipat Blayag

tipat blayag
Tipat Blayag

Kuliner berikutnya yang halal buat kamu, yaitu tipat blayag. Makanan satu ini dibuat dengan ayam kampung sebagai bahan dasar utamanya.

Selain ayam kampung yang direbus sampai lembut, makanan ini semakin nikmat karena disiram dengan kuah kuning khas Bali.

Kuahnya sendiri terbuat dari campuran bawang merah dan putih, kunyit, ketumbar, jahe, lengkuas, kencur dan terasi.

Selain itu, makanan ini dijamin mengenyangkan untuk kamu yang lelah setelah menjelajah kota Singaraja karena dilengkapi dengan tipat yang dibuat dengan anyaman daun kelapa khas Bali.

Saat dihidangkan, kamu akan menyantap perpaduan antara lontong, telur, ayam yang disiram bumbu kuning, urap, juga taburan kacang tanah yang rasanya begitu legit.

Baca juga: Pesona Wisata Kintamani Bali

Kamu cukup merogoh kocek Rp 15.000 – Rp 20.000 untuk seporsi tipat blayag yang nikmat.

3. Jukut Undis

jukut undis
Jukut Undis

Sayuran ini bisa kamu temui dengan mudah di Kota Singaraja. Sesuai namanya jukut undis merupakan sayuran yang terbuat dari kacang kedelai hitam.

Jukut undis sendiri cukup jarang ditemui di kota besar, karena terbuat dari kacang kedelai hitam muda yang dipanen musiman.

Saat sulit mendapatkan undis muda, biasanya digunakan undis yang kering. Namun sebelum diolah perlu direndam terlebih dahulu selama dua jam agar proses perebusan tidak memakan waktu yang lama.

Warnanya yang hitam pekat sering kali diragukan kelezatannya.

Namun saat disantap dengan nasi hangat, dijamin dapat menambah selera makanmu selepas lelah berpetualang di Singaraja.

Baca juga: Tips Liburan Aman Tanpa Tertular Virus Corona

Kuah atau sup jukut undis ini dibuat dari campuran bawang merah dan putih, cabai rawit, lengkuas, jahe, kunir, kencur, merica, ketumbar, terasi, kemiri, dan serai.

Makanan ini hanya dibandrol dengan harga Rp 5.000 saja, cukup murah bukan?

4. Sudang Lepet

sudang lepet
Sudang Lepet

Makanan berbahan dasar ikan sudah pasti halal disantap bukan? Karena itu rekomendasi makanan halal khas Singaraja berikutnya adalah sudang lepet.

Sudang berarti ikan dan lepet diartikan sebagai sial. Diberi nama sial karena proses pembuatannya yang cukup malang dan menyedihkan.

Terbuat dari bahan dasar ikan yang dipukul-pukul hingga gepeng, kemudian digoreng dan diberi jeruk nipis, minyak kelapa, dan cabai.

Lepas diolah, sudang lepet pun siap disajikan dengan nasi putih hangat. Cocok juga dilengkapi dengan plecing kangkung dan sambal.

Baca juga: Ini Bentuk Masker Terbaik dan Nyaman untuk Traveling

Satu porsi sudang lepet dibandrol dengan harga Rp 10.000.

Kamu bisa dengan mudah menemukannya di Singaraja khususnya di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan yang menjadi pusat produksi ikan ini.

5. Jaja Laklak

jaja laklak
Jaja Laklak

Berikutnya makanan penutup yang mirip dengan surabi khas Bandung, yaitu Jaja Laklak, yang bisa dengan mudah kamu jumpai di Singaraja.

Makanan ini bisa menjadi camilan yang cocok untuk mengganjal perut selagi kamu berkeliling di daerah Singaraja lho.

Camilan satu ini memang sangat mirip dengan surabi. Terbuat dari tepung beras dengan campuran pandan, baking powder, dan garam, sudah dipastikan makanan satu ini halal untuk kamu.

Saat disantap lebih nikmat lagi karena dituang dengan saus yang terbuat dari gula merah dan taburan parutan kelapa.

Untuk menikmati kudapan gurih dengan aroma kayu bakar ini kamu cukup membayar dengan uang Rp 5.000 untuk satu porsi yang berisi 5 buah laklak. Kamu pun bisa menemui makanan ini dengan mudah di pasar tradisional Bali dengan beragam kue lainnya seperti jaja uli dan jaja sumping.

Itu dia 5 rekomendasi makanan halal yang bisa kamu pilih saat berkunjung ke Singaraja. Selamat mencoba!


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts