Kominfo Siap Luncurkan Jaringan 5G di Indonesia

  • Whatsapp
jaringan 5g di indonesia
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id-Sejumlah negara telah meluncurkan layanan teknologi generasi 5 atau dikenal dengan nama 5G. Indonesia pun tak mau ketinggalan ikut meluncurkan layanan teknologi terbaru ini.

Dilansir dari kompas.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap meluncurkan 5G di Indonesia tahun 2021 ini. Kominfo pun membeberkan 13 wilayah utama yang akan mendapatkan jaringan 5G.

Read More

Adapun 13 wilayah utama di Indonesia yang menjadi target Kominfo dalam peluncuran 5G di antaranya ibu kota negara, 6 ibu kota provinsi di Pulau Jawa, 6 destinasi wisata super prioritas, dan 1 wilayah industri manufaktur.

Rencana tersebut disertai ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 2 tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo.

Aturan tersebut memuat bersamaan dengan upaya meningkatkan cakupan layanan 4G ke seluruh desa, Kominfo mempersiapkan implementasi jaringan generasi kelima di Tanah Air.

Rencana ini pun perlu didukung infrastruktur yang memadai.

Baca juga: Mengapa Kecepatan Internet Penting Bagi Sebuah Negara?

Masih dilansir dari kompas.com, Kominfo berencana meluncurkan layanan teknologi 5G di 13 wilayah utama akan rampung pada 2024 mendatang.

Apa Itu 5G?

Mungkin kamu masih bingung sebenarnya 5G itu sendiri apa sih? Lantas, layanan teknologi 5G ini akan secanggih apa dibandingkan pendahulunya?

Dikutip dari republika.co.id, teknologi 5G ini digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya setelah 4G. Kemampuannya pun dinilai lebih cepat. 5G juga dinilai memiliki kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data yang jauh lebih cepat, jauh lebih luas, dan koneksi yang stabil.

Wah, tentu semua orang menginginkan kecepatan dan kestabilan jaringan yang demikian, bukan?

Selain karena kecepatannya, teknologi 5G dinilai memiliki kelebihan lain, yaitu bisa terkoneksi dengan alat lainnya seperti peralatan rumah tangga, telepon, dan mobil.

Tentu pekerjaan manusia akan menjadi semakin mudah dan cepat karena kehadiran teknologi baru ini.

Masih Ada Keraguan dalam Mewujudkan 5G

Meskipun pemerintah tengah gencar menyampaikan kebijakan peluncuran 5G di Indonesia, masih saja ada keraguan akan penerapan layanan teknologi ini.

Hal ini dikarenakan jaringan 4G di Indonesia yang masih belum cukup merata di daerah-daerah. Kualitas jaringannya pun masih belum optimal karena berbagai faktor, salah satunya geografis.

Baca juga: Dompet Digital: Metode Pembayaran Paling Diminati dalam Belanja Online

Dilansir dari teknologi.bisnis.com, Kominfo pada tahun 2019 mencatat terdapat 12.000 desa di Indonesia yang belum mendapat akses 4G.

Terlebih, di era disrupsi ini jaringan internet yang stabil dan optimal menjadi kebutuhan yang amat penting bagi suatu negara.

Negara dengan Akses 5G Tercepat

Beberapa negara di dunia telah meluncurkan jaringan teknologi 5G di wilayahnya, salah satunya Korea Selatan.

Open Signal mencatat per 31 Maret 2021, kota dengan kecepatan unduhan 5G tertinggi adalah Kota Jeonju di Korea Selatan.

Kecepatan unduhannya mencapai 415,6 megabit per second (Mbps). Angkanya pun 15% lebih cepat dari kekuatan internet nasionalnya. Data ini diperoleh dari databoks.katadata.co.id.

Di posisi kedua adalah Kota Hsinchu di Taiwan dengan kecepatan unduhan 360,1 Mbps. Kemudian disusul Kota Riyadh di Arah Saudi dengan kecepatan 317,3 Mbps.

Sementara itu, Kota Dubai memiliki kecepatan unduhan 285,4 Mbps dan Kota Tokyo di Jepang dengan kecepatan 277,5 Mbps.

Wah, kira-kira kapan ya Indonesia memiliki layanan teknologi 5G yang cepat dan stabil? Kita doakan saja rencana Kominfo dalam mewujudkan layanan jaringan 5G segera tersedia di Indonesia, ya.

Tentu sebagai warga negara Indonesia yang baik, mari bersama-sama berinternet sehat dan stop hoaks!


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts