Jurusan Ilmu Komunikasi dari 4 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp
ilmu komunikasi perguruan tinggi terbaik
Ilustrasi. [Sumber: Ist]

Kuarter.id-Memilih jurusan atau program studi yang cocok dengan kemampuan dan minat kita memang sering kali membuat kita menjadi galau.

Di satu sisi, ada keinginan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas impian. Namun, di sisi lain rasa takut gagal membuat kita tidak berani mencoba dan akhirnya salah langkah.

Kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SMA pasti sedang memilih jurusan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Banyak yang akhirnya merasa salah jurusan karena tidak sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Hal ini bisa berdampak pada hilangnya motivasi belajar dan mempengaruhi penyelesaian studi.

Buat kamu yang tertarik melanjutkan studi di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu harus tahu perguruan tinggi mana saja di Indonesia yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi terbaik. Perguruan tinggi ini bisa menjadi referensi untukmu yang sedang mencari universitas yang cocok untukmu.

Baca juga: Kiat Sukses Menghadapi UTBK-SBMPTN

Dilansir dari kompas.com, terdapat empat kampus dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia versi THE WUR 2021. Times Hinger Education World University Rankings atau THE WUR merupakan lembaga pemeringkatan global yang melakukan penilaian terhadap universitas seluruh dunia di berbagai bidang keilmuan.

Akhir tahun 2020 lalu, THE WUR merilis peringkat perguruan tinggi dunia berdasarkan bidang keilmuan dalam THE WUR by Subject 2021, salah satunya bidang Ilmu Komunikasi.

Nah, berikut empat perguruan tinggi yang masuk pemeringkatan THE WUR 2021 bidang ilmu social sciences subjek ilmu komunikasi dan media.

1. Universitas Indonesia. Universitas Indonesia berada di peringkat 501-600. Nilai keseluruhannya mencapai 23,6-27,0.

2. Universitas Brawijaya. Berada di peringkat +601 membawa Universitas Brawijaya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Nilai keseluruhannya adalah 10,4-23,4.

3. Universitas Gadjah Mada. Nilai keseluruhannya sama dengan Universitas Brawijaya, yaitu 10,4-23,4. Universitas Gadjah Mada berada di peringkat +601.

4. Universitas Padjajaran. Universitas Padjajaran juga berada di peringkat yang sama, yakni +601. Nilai keseluruhannya 10,4-23,4.

Adapun pemeringkatan ini didasarkan atas lima indikator penilaian, antara lain sitasi (citations), pendapatan industri (industry income), pandangan internasionalisasi (international outlook), riset (research), dan pengajaran (teaching).

Terdapat 791 universitas dunia yang masuk dalam THE WUR by Subject 2021 untuk pemeringkatan di bidang ilmu sosial. Empat perguruan tinggi di Indonesia yang telah disebutkan di atas menjadi salah satu dari 791 universitas tersebut.

Baca juga: 5 Negara Ini Berikan Beasiswa S2 untuk Indonesia, Mulai Jepang Hingga Amerika

Nah, sudahkah kamu menentukan jurusan apa yang ingin kamu pelajari di perguruan tinggi? Atau kamu justru kini mulai tertarik mempelajari bidang Ilmu Komunikasi di universitas favoritmu?

Buat kamu yang kemarin sudah lolos di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, selamat!

Namun, buat yang belum lolos SNMPTN dan sedang berjuang di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, berjuanglah dengan gigih! Usaha yang keras pasti akan membuahkan hasil yang terbaik pula untuk dirimu.

Selamat berjuang!


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts