Jelajahi Dunia dari Rumah dengan Virtual Travel

  • Whatsapp
Jejalah dengan virtual travel
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Salah satu cara terbaik untuk tetap merasakan sensasi liburan atau melakukan perjalanan dan jelajah wisata di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) adalah dengan virtual travel.

Pasalnya, banyak daerah tujuan wisata baik di dalam negeri maupun luar negeri justru menjadi titik utama penyebaran kasus Covid-19. Selain itu, gerak wisatawan pun masih sangat dibatasi meski sejumlah negara perlahan mulai membuka pembatasan.

Read More

Pandemi membuat industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang cukup “menderita”.  Lockdown di sejumlah negara hingga pelarangan perjalanan ke atau dari daerah-daerah tertentu membuat pariwisata kian terpuruk.

Namun beruntungnya, mereka kemudian menghadirkan cara yang unik dan kreatif untuk mengobati kerinduan kamu menjelajahi tempat-tempat wisata favoritmu, yaitu virtual travel.

Dengan memanfaatkan teknologi virtual reality (VR) dan videografi 360 derajat, virtual travel memungkinkan kamu untuk menjelajah berbagai tempat di seluruh dunia meski hanya dari rumah. Keren bukan?

Baca juga: 5 Tips Berlibur Akhir Tahun di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pengalaman virtual travel semakin terasa nyata dengan tambahan berbagai jenis efek, mulai dari musik hingga efek suara realistis yang benar-benar terdengar di tempat tujuan dalam kehidupan nyata. Beberapa tur virtual bahkan berisi narasi dan teks.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai virtual travel, mulai dari yang gratis hingga berbayar atau melalui proses pemesanan (booking) beberapa hari sebelum kamu memulainya.

Kehadiran virtual travel tentu sangat berarti bagi kamu dan para wisatawan yang mulai “haus” berwisata setelah terkurung cukup lama di rumah akibat pandemi.

Dengan virtual travel tentunya kamu bisa melakukan “perjalanan wisata” yang aman dari kerumunan untuk mencegah terpapar dari Covid-19.

Selain itu, traveling secara simulasi ini juga bermanfaat bagi lokasi wisata dan lingkungan di sekitar destinasi itu sendiri. Sebab, tidak sedikit kasus perusakan tempat dan lingkungan wisata yang dilakukan oleh wisatawan tidak bertanggung jawab.

Meski demikian, banyak orang yang beranggapan bahwa virtual travel tidak akan pernah bisa menggantikan traveling sesungguhnya yang mengunjungi destinasi wisata secara langsung. Virtual travel hanya bisa memanjakan mata dan telinga, tapi tidak untuk rasa, aroma, dan sentuhan.

Namun, perjalanan versi simulasi ini setidaknya mampu mengobati sedikit “candu” wisata kamu, bukan?

Berikut sejumlah virtual travel ke destinasi terkenal dunia yang bisa kamu nikmati dari rumah secara gratis:

1. Youtube

Banyak sekali kanal Youtube yang menampilkan berbagai tempat wisata di dunia dengan memanfaatkan videografi 360 derajat. Hal ini tentu bisa kamu manfaatkan untuk merasakan sensasi menjelajah suatu tempat wisata.

Memutar video dengan menggunakan headset tentu akan membuat pengalaman wisatamu semakin nyata. Arahkan video sesukamu hingga 360 derajat untuk melihat keseluruhan lokasi tersebut.

GoPro VR atau National Geopraphic 350 Video bisa menjadi salah satu kanal yang bisa kamu kunjungi untuk menjelah secara virtual.

2. Website Virtual Travel Berbagai Negara

Sejumlah negara saat ini juga sudah menyediakan laman atau website khusus untuk para wisatawan yang ingin menjelajahi negara tersebut.

Website tersebut dapat kamu akses secara gratis dan tentunya banyak pilihan lokasi yang bisa kamu kunjungi lengkap dengan narasi mengenai tempat-tempat tersebut.

Contohnya, laman https://360.visitlondon.com/# untuk menjelajahi ibukota Inggris yaitu London. Kemudian untuk ibu kota Amerika Serikat, Washingtong D.C., kamu bisa mengunjungi laman https://washington.org/discover-dc-360. Lalu, jika ingin menyusuri Austria kamu bisa klik ini. Dan banyak negara lainnya.

Tidak hanya di luar negeri, Indonesia juga punya website untuk virtual travel lho. Kamu bisa kunjungi laman ini https://indonesiavirtualtour.com/ untuk menjelajahi berbagai destinasi dan lokasi bersejarah di Indonesia.

3. Google Maps

Cara lain tanpa bayar untuk menjelajahi suatu daerah secara virtual adalah melalui Google MapsGoogle Maps sudah hadir dengan teknologi VR 360 derajat jauh sebelum pandemi menyerang dunia.

Caranya, kamu cukup mengetik nama daerah yang ingin kamu kunjungi lalu mulailah menjelajah. Namun, pastikan Google Maps kamu sudah dalam mode streetview, ya.

4. Google Art and Culture

Buat kamu pencinta karya seni dan kebudayaan, Google Art and Culture bisa menjadi pilihanmu untuk mengunjungi tempat-tempat kesukaanmu.

Di sini, ada banyak tempat-tempat seperti art gallery, museum dan lokasi berbau seni dan budaya lainnya yang bisa kamu jelajahi lengkap dengan VR, AR dan 360 video untuk sensasi berkunjung yang lebih nyata.

Nah, itu-lah ulasan dan berbagai contoh virtual travel yang bisa kamu nikmati sebagai obat rindu berjelajah di tengah pandemi.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts