Januari 2021, Pengguna Aktif Facebook Tembus 2 Miliar Lebih

  • Whatsapp
pengguna aktif facebook 2021
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Apakah kamu masih menjadi pengguna setia Facebook? Hingga 25 Januari 2021, pengguna aktif bulanan Facebook telah menembus angka 2,7 miliar.

Data tersebut dilaporkan We Are Social, sebuah perusahaan Amerika yang rutin melaporkan data tren internet dan media sosial. Media sosial yang digagas Mark Zuckerberg ini menjadi media sosial yang sangat populer dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Read More

Facebook sendiri pertama kali diluncurkan pertama kali pada 4 Februari 2004. Awalnya Facebook dibuat untuk menghubungkan para mahasiswa Harvard. Saat itu, Facebook menjadi sangat populer di Harvard dan berkembang ke kampus-kampus lain.

Meskipun kini telah banyak berkembang beragam media sosial lainnya, Facebook masih menjadi primadona bagi warga dunia. Facebook kini tidak sekadar menghubungkan satu orang dengan orang lainnya, namun juga menjadi media untuk meningkatkan branding, jual beli barang atau jasa secara daring, dan lainnya.

Dikutip dari katada.co.id, laporan We Are Social juga mencatat media sosial lainnya yang memiliki pengguna aktif bulanan yang tinggi.

Posisi kedua setelah Facebook diisi oleh media sosial Youtube dengan pengguna aktif bulanan mencapai 2,3 miliar. Kemudian, di posisi ketiga diisi oleh WhatsApp dengan total pengguna aktif bulanan sebanyak 2 miliar.

Sementara itu, Facebook Messenger berada di posisi keempat dengan pengguna aktif bulanan sebanyak 1,3 miliar. Instagram berada di posisi kelima dengan total 1,2 miliar pengguna.

Baca juga: Hati-Hati Menerima Ajakan Pertemanan di Media Sosial

Jika dilihat dari data tersebut, WhatsApp dan Instagram merupakan anak perusahaan Facebook. Sementara itu, Facebook Messenger merupakan platform percakapan khusus pengguna Facebook.

Di satu sisi pengguna merasa dimudahkan, namun di sisi lainnya ada pula pengguna yang merasa kurang puas dengan kebijakan baru ini.

Akuisisi WhatsApp dan Instagram

Dilansir dari kompas.com, Facebook mengakuisisi Instagram sejak 2012. Saat itu, Instagram merupakan media sosial yang baru berdiri sekitar dua tahun. Dengan demikian, pengguna kedua media sosial ini dapat sekaligus mengunggah foto atau video dengan sekali klik, karena keduanya telah terintegrasi.

Sementara itu, Facebook mengakuisisi WhatsApp sejak 2014. Media sosial yang berdiri sejak 2009 itu kemudian mengalami beberapa penambahan fitur, seperti update stories untuk berbagai cerita dengan sesama pengguna. Fitur yang sama juga terdapat pada Facebook dan juga Instagram.

Untuk menandai kepemilikannya, setiap kamu membuka platform WhatsApp dan Instagram akan menemukan tagline “from Facebook”.

Pro Kontra Pemanfaatan Data Pribadi

Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar adanya perubahan kebijakan privasi pada WhatsApp dan Facebook yang menimbulkan pro kontra di masyarakat.

Dilansir dari kompas.com, pengguna WhatsApp mendapatkan notifikasi mengenai persetujuan kebijakan dan aturan layanan bila ingin terus mengakses WhatsApp setelah kebijakan berlaku 8 Februari 2021.

Akibat kebijakan ini, sebagian besar pengguna khawatir hal ini menimbulkan penyalahgunaan data pribadi pengguna. Hal ini menyebabkan banyak pengguna WhatsApp beralih ke aplikasi percakapan lainnya, seperti Telegram dan LINE.

Atas informasi yang beredar, pihak WhatsApp mengklarifikasi bahwa tidak ada perubahan pembagian data. WhatsApp menyatakan, pihaknya menggunakan sistem enkripsi secara end-to-end. Dengan sistem ini, WhatsApp dan Facebook menegaskan pihaknya tidak bisa mengakses percakapan pribadi pengguna.

Baca juga: Menjadi Penjual Terpercaya di Media Sosial dan E-Commerce

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika turut memanggul petinggi WhatsApp dan Facebook untuk mengklarifikasi hal tersebut. Pemerintah meminta agar platform media sosial tetap melindungi data pengguna sesuai aturan perundang-undangan.

Selalu Bijak Menggunakan Media Sosial

Apapun media sosial yang kamu gunakan saat ini, sikap bijak dan hati-hati dalam menggunakannya mesti dilakukan. Baca dan perhatikan setiap kebijakan yang diterapkan media sosial.

Lindungilah data pribadimu dengan tidak sembarang menyebarkannya di media sosial. Hindari pula menggunakan nama atau akun palsu, ya.

Nah, media sosial apa nih yang paling sering kamu akses?


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts