Ide Kue Kering yang Cocok untuk Hamper Lebaran

  • Whatsapp
ide kue kering lebaran
Ilustrasi. [Foto: Ist}

Kuarter.id- Tidak terasa ya Lebaran segera tiba. Biasanya di hari Lebaran tiba akan ada makan-makan antar anggota keluarga dan kerabat dekat. Nah, di hari yang spesial nanti, kira-kira makanan apa yang paling kamu nantikan?

Salah satu makanan yang paling saya sukai adalah kue-kue kering. Selain enak disantap, kue kering dapat bertahan beberapa hari dan tidak mudah basi.

Read More

Karena itu, kue kering pun dapat menjadi ide bagi kamu yang sedang mempersiapkan hamper spesial buat teman atau kerabat di hari Lebaran. Harganya pun sangat variatif, mulai dari murah meriah hingga premium.

Penjual kue kering pun kini mulai menjamur. Tidak hanya toko kue premium, kue kering pun banyak diproduksi secara rumahan. Kamu pun jadi punya banyak pilihan jika ingin membeli kue kering.

Berikut ini kue-kue kering yang identik dengan hari Lebaran. Bisa menjadi pilihan santapanmu bersama keluarga maupun hamper untuk orang spesial, lho.

Nastar

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Dikutip dari tabloidbintang.com, mastar sendiri berasal dari Bahasa Belanda yang berarti ananas dan tart. Dua kata tersebut kemudian digabung dan disingkat menjadi nastar.

Buat kamu yang belum tahu, nastar terbuat dari tepung terigu, mentega, gula, telur. Terkadang adonan nastar dicampur dengan cengkeh untuk memberikan aroma yang khas.

Baca juga: Dompet Digital: Metode Pembayaran Paling Diminati dalam Belanja Online

Umumnya nastar berbentuk agak bulat kecil dan diberikan olesan mentega yang membuatnya mengkilap. Ada pula yang menaburkan sedikit parutan keju di atasnya untuk menggugah selera.

Kemudian, di dalam nastar sendiri akan diisi dengan adonan yang terbuat dari nanas yang rasanya manis. Bila digigit, adonan nastar yang sempurna akan lumer di mulut.

Mhhh… Sudah terbayang dengan rasanya?

Kini bentuk maupun rasa nastar pun telah banyak divariasikan. Nah, cocok buat kamu yang bosan dengan nastar original.

Kastangel

Buat kamu pecinta nastar, dijamin kamu pun juga akan ketagihan dengan makanan yang satu ini. Dilansir dari fimela.com, kastangel adalah kue kering dengan berbahan dasar keju yang resep aslinya berasal dari Belanda.

Dahulu kastangel merupakan makanan yang hanya dinikmati kaum kelas atas karena bahan dasar keju yang harganya cukup mahal. Namun, saat ini kastangel menjadi kudapan yang identik dengan hari raya Idul Fitri atau Natal.

Kastangel atau Kaasstangels berasal dari kata kaas yang berarti keju dan stengels yang berarti batangan. Oleh karena itu, kastengel merupakan kue yang berbahan dasar keju dengan bentuk batangan atau persegi panjang.

Kastangel terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan keju. Sama seperti nastar, kastangel yang sempurna akan lumer di mulut. Tentunya akan bikin kamu ketagihan.

Kue Kering Manis atau Putri Salju

Buat kamu pecinta manis, kamu pasti suka kue kering manis. Umumnya kue kering ini berbentuk bulan sabit. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, margarin, dan telur.

Kemudian, kue kering ini ditaburi gula halus di atasnya, sehingga terlihat seperti salju. Oleh karena itu, kue kering manis ini pun punya nama lain, yaitu kue putri salju. Kue kering manis ini sangat lembut dan lumer di mulut juga, lho.

Kue Kacang

Kue kacang ini menjadi salah satu favorit saya. Adonan lembut dan tekstur kacangnya yang krenyes-krenyes menyatu menjadi satu. Kue kacang yang sempurna tidak akan membuat salah satu tekstur tersebut lebih dominan.

Kue kacang sendiri terbut dari adonan tepung terigu, margarin, dan kacang tanah. Umunya berbentuk bulan pilih. Kue kacang pun kini bentuknya sangat bervariatif di pasaran.

Kue Semprit

Kue yang satu ini namanya sangat unik, bukan? Bentuknya pun unik, lho. Kue semprit merupakan kue khas tradisional Indonesia yang berbentuk seperti bunga mawar.

Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan margarin, kemudian dipanggang. Di tengahnya akan diberikan chocochips atau sejumput selai yang tentunya bisa menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

Kue ini pun rasanya renyah dan sangat cocok sebagai hamper Lebaran untuk teman dan kerabat terdekat.

Nah, itu dia kue-kue kering yang identik dan sering ada di hari raya Lebaran. Kira-kira mana kue kering yang jadi pilihanmu di hari spesial nanti?


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts