Gratis Ongkos Kirim Jadi Daya Tarik Berbelanja Online?

  • Whatsapp
gratis ongkos kirim e-commerce
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id-Apakah kamu punya hobi belanja online di e-commerce? Kalau ya, pasti kamu pernah mendengar istilah gratis ongkos kirim.

Hal ini bisa menjadi salah satu daya tarik masyarakat mau berbelanja online, lho. Terkadang biaya kirim yang terlalu tinggi membuat kita berpikir dua kali untuk segera checkout. Belum lagi bila ongkos kirim terpaut lebih mahal dibandingkan harga produk yang ingin dibeli.

Read More

Survei Global Web Index pada tahun 2019 menunjukkan, pendorong paling tinggi masyarakat mau berbelanja online adalah gratis ongkos kirim sebanyak 56%. Kemudian disusul kupon dan diskon sebanyak 54%.

Kabar terbaru dikutip dari nasional.kontan.co.id, pemerintah bersiap menggelontorkan dana 500 juta rupiah untuk subsidi belanja online di marketplace. Dana ini sendiri digelontorkan tepat menjelang Lebaran 2021.

Kontan mencatat, subsidi dana dari pemerintah ini berupa gratis ongkos kirim pada saat belanja online menjelang Lebaran 2021.

Tujuannya untuk membangkitkan gairah belanja masyarakat yang sempat menurun di masa pandemi. Diperkirakan hari belanja nasional akan digelar H-10 atau H-5 Lebaran.

Namun, masih belum dipastikan perusahaan ekspedisi mana saja yang menerima subsidi gratis ongkos kirim. Sejauh ini, PT Pos Indonesia menjadi ekspedisi yang menerima subsidi pada Lebaran 2021 mendatang.

Baca juga: Cara Jitu Tingkatkan Penjualan dengan Psikologi Marketing

Tidak selalu berlaku setiap hari

Gratis ongkos kirim di e-commerce tidak selalu berlaku setiap hari. Nah, buat kamu yang rencana berbelanja barang yang kamu inginkan, coba perhatikan hari yang tepat untuk mendapatkan gratis ongkos kirim.

Biasanya, setiap e-commerce memiliki hari tertentu untuk memberikan gratis ongkos kirim, kupon, maupun diskon. Misal, Shopee setiap bulannya menggelar diskon bulanan. Kemudian, Tokopedia memiliki program WIB atau Waktu Indonesia Belanja.

Jadi, pilihlah hari yang pas untuk mendapatkan gratis ongkos kirim, ya.

Ada Ketentuan Khusus

Biasanya e-commerce yang menerapkan gratis ongkos kirim memiliki ketentuan khusus. Misal, harus berbelanja dengan dompet digital atau e-wallet milik e-commerce tersebut. Misal, Shopee memiliki ShopeePay, kemudian Tokopedia menggunakan e-wallet OVO, dan masih banyak lainnya.

Tidak sedikit e-commerce mengharuskan kamu menggunakan kupon yang telah kamu klaim. Bila kamu tidak klaim kupon tersebut, kamu tidak bisa menikmati fasilitas ini.

Toko atau e-commerce tertentu terkadang juga memberikan syarat dengan minimal belanja. Bila tidak mencapai minimal belanja yang disyaratkan, kamu tidak akan bisa checkout dengan gratis ongkos kirim.

Baca juga: Lelah Disiplin Protokol Kesehatan, Ini Cara Cegah Pandemic Fatigue

Tidak berlaku di semua wilayah

Gratis ongkos kirim terkadang juga tidak selalu berlaku di semua wilayah. Tidak sedikit e-commerce yang hanya memberlakukan gratis ongkos kirim hanya di satu pulau saja.

Bila jaraknya terlampau jauh, subsidi hanya berlaku untuk pemotongan ongkos kirim.

Nah, itu dia sekilas informasi tentang gratis ongkos kirim di e-commerce. Kira-kira kamu suka berbelanja saat sdang promo gratis ongkos kirim, tidak?


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts