Gaji Besar Tapi Selalu Merasa Kurang? Terapkan 4 Kebiasaan Berikut

  • Whatsapp
mengatur keuangan dengan kebiasaan sederhana
Ilustrasi. [Foto: Pexels/Karolina Grabowska]

Kuarter.id – Gaji bulanan besar, tapi kok selalu rasanya kurang dan masih segini-segini saja? Nah, apakah kamu salah satu yang sering merasakan hal tersebut?

Generasi milenial saat ini memang mempunyai banyak peluang untuk memperoleh pendapatan lebih untuk memenuhi kehidupan hidupnya. Tidak jarang pendapatannya pun terbilang di atas rata-rata.

Read More

Namun dengan jumlah pendapatan yang cukup besar, rasanya seringkali jumlah tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan, selalu merasa kekurangan dan tidak memiliki aset atau hasil nyata dari pekerjaan yang telah digeluti.

Nah, hal tersebut tentunya berkaitan dengan cara pengelolaan keuangan masing-masing individu. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, seberapa pun penghasilan yang bisa kamu kumpulkan, rasanya tidak pernah cukup.

Untuk memiliki pengaturan keuangan yang baik, kamu bisa mulai mencoba beberapa kebiasaan sederhana berikut.

Baca juga:   Tiga Hal Dasar Mengelola Keuangan Generasi Milenial

1. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Ketika memiliki sejumlah uang, seringkali muncul keinginan untuk membeli banyak hal. Tidak jarang justru yang dibeli bukan merupakan kebutuhan mendasar yang diperlukan, melainkan hanya sebatas keinginan untuk bisa memiliki barang tersebut.

Kebiasaan berbelanja secara berlebihan ini tentunya tidak baik untuk keuangan. Karena kalau terlalu mengikuti keinginan tentunya tidak akan ada habisnya. Bisa jadi besar pasak daripada tiang, yaitu pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu harus lebih bijak mengatur pengeluaranmu. Bedakan hal-hal yang memang kebutuhan dan hal-hal yang sekedar keinginan sesaat.

Untuk memudahkan mengatur pengeluaran, kamu bisa membuat daftar kebutuhan. Buat daftar hal-hal yang harus kamu beli sesuai prioritas kebutuhan. Hal tersebut akan membantumu lebih fokus memenuhi kebutuhan, tanpa tergoda oleh keinginan yang berlebihan dan kurang penting.

2. Miliki Asuransi dan Dana Darurat

Banyak orang yang masih menyepelekan pentingnya asuransi dan dana darurat, padahal keduanya merupakan instrumen penting yang bisa membantu keuanganmu saat keadaan darurat tak terduga.

Baca juga: Dana Darurat: Manfaat, Jumlah, dan Cara Mengumpulkan

Situasi atau keadaan darurat bisa terjadi kapan pun, contohnya mengalami kecelakaan, sakit, hingga PHK. Nah, agar kamu bisa tetap bertahan dalam situasi tersebut, siapkan dana darurat dan asuransi yang tepat mulai sekarang.

Jika kamu memiliki kedua hal tersebut keuanganmu bisa terselamatkan dan dana tabungan untuk masa depan tidak terganggu.

3. Prioritaskan untuk Menabung dan Investasi

Kebiasaan menabung sudah diajarkan sejak duduk di sekolah dasar, namun sayangnya banyak orang setelah beranjak dewasa melupakan kebiasaan baik ini.

Memiliki tabungan dan investasi yang cukup sangat kamu butuhkan untuk masa depanmu. Karena setiap orang tentunya memiliki batas usia produktif bekerja, jadi dengan adanya tabungan dan investasi, kamu akan memiliki masa depan dan hari tua yang terjamin.

Mulai prioritaskan uang penghasilanmu untuk menabung dan investasi. Ketika menerima gaji setiap bulannya, sisihkan uangmu untuk ditabung. Jangan menunggu akhir bulan dan hanya menabung ketika ada uang yang tersisa.

4. Hiduplah Sesuai Kemampuan

Tanpa disadari konsumsi media sosial yang berlebihan, mendorong seseorang untuk mengikuti gaya hidup orang lain. Ketika gaya hidup yang diinginkan tidak sesuai dengan kemampuan, tentunya akan membawa dampak buruk khususnya untuk kondisi keuangan.

Banyak orang yang kemudian tergiur mengambil hutang untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan. Padahal jika mau hidup dengan sederhana tanpa memikirkan gengsi dan tidak meniru gaya hidup orang lain, akan memberikan hidup yang lebih berkualitas.

Maka dari itu kurangi kebiasaan dan gaya hidup di luar kemampuan masing-masing, jalani hidup apa adanya, sesuai kebutuhan dan jangan lupa berbagi.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts