Dompet Digital: Metode Pembayaran Paling Diminati dalam Belanja Online

  • Whatsapp
dompet digital belanja online
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id-Belanja online memang sudah menjadi aktivitas keseharian kita. Membeli kebutuhan rumah tangga hingga alat-alat elektronik pun kini bisa dilakukan secara online. Berkat teknologi ini, kita tak perlu repot-repot datang ke toko.

Berbelanja online pun disertai dengan promosi gratis ongkos kirim, sehingga membuatmu lebih mudah lagi.

Read More

Belanja online juga memberikan kemudahan dalam hal transaksi. Buat kamu yang hobi berbelanja online pasti tak asing bertransaksi menggunakan dompet digital atau e-wallet. 

E-wallet pun kini berkembang sangat pesat dan beragam. Mulai dari GoPay, OVO, ShopeePay, DANA, dan masih banyak lain. Kamu bisa memiliki e-wallet mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Dompet Digital: Metode Pembayaran Paling Diminati dalam Belanja Online

Dilansir dari databoks.katadata.co.id, dompet digital menjadi metode pembayaran yang paling diminati masyarakat dengan jumlah 65%. Hasil ini berhasil dihimpun ShopBack pada Maret 2021.

Menurut wartaekonomi.co.id, dompet digital memiliki sejumlah keuntungan dalam pengelolaan keuangan kita. Kemudahan dalam transaksi menjadi kelebihan utama dompet digital. Kamu tinggal mengunduh aplikasi dompet digital di handphone-mu.

Baca juga: Gratis Ongkos Kirim Jadi Daya Tarik Berbelanja Online?

Kemudian, masukkan nama, nomor telephone, dan password aplikasi yang kamu inginkan. Kamu bisa mengisi ulang dompet digitalmu dengan nominal sesuai ketentuan. Password ini menjadi kode keamanan agar tidak sembarang orang bisa menggunakan dompet digitalmu. Sekarang pun telah berkembang opsi keamanan berupa pemindaian sidik jari atau pemindaian mata untuk keamanan yang lebih akurat.

Selain itu, bertransaksi menggunakan dompet digital juga membuatmu lebih banyak mendapatkan promosi dan diskon. Kamu pun bisa mendapatkan cashback setiap membeli produk yang memiliki promosi ini.

Nah, buat kamu yang sering kali lupa mencatat barang apa yang sudah kamu beli, maka kamu tak perlu khawatir lagi selama menggunakan dompet digital. Karena dompet digital telah dilengkapi dengan histori belanja, sehingga memudahkanmu dalam mengatur pengeluaran.

Dompet Digital yang Paling Populer 2020

Dilansir dari databoks.katadata.co.id, Daily Social menyebutkan GoPay sebagai dompet digital paling populer di Indonesia. tahun 2020. Dompet digital bikinan Gojek ini meraih 87% pengguna. Angka ini merupakan persentase tertinggi dibandingkan dompet digital sejenis lainnya.

OVO turut menjadi dompet digital dengan pengguna terbanyak, yaitu 80,4%. Kemudian disusul dompet digital DANA sebanyak 75,6%. Sementara itu, ShopeePay meraih persentase 53,4%.

Nah, kira-kira apakah kamu sudah menjadi salah satu pelanggan dompet digital tersebut?

Pilihan Lain dalam Transaksi Belanja Online

Masih dilansir dari survei ShopBack, transaksi online lainnya yang juga diminati masyarakat dalam berbelanja online salah satunya bayar tunai di tempat sebanyak 48%. Kemudian disusul bertransaksi dengan mobile banking sebesar 45%.

Transfer via ATM pun masih cukup tinggi diminati masyarakat, yaitu sebanyak 31%. Bayar di minimarket juga menjadi pilihan bagi masyarakat, yaitu 26%.

Baca juga: Lelah Disiplin Protokol Kesehatan, Ini Cara Cegah Pandemic Fatigue

Memang ada berbagai pilihan yang bisa kamu gunakan untuk bertransaksi dalam belanja online. Pilihan ini sebenarnya tergantung pada kebutuhan kamu.

Asalkan hal itu tidak membuatmu semakin konsumtif dan melupakan prinsip kehati-hatian. Seaman apapun password yang kamu gunakan dalam dompet digitalmu, kamu tetap harus waspada dalam menggunakannya.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts