Waspada Money Game, Kenali Ciri dan Cara untuk Menghindarinya

  • Whatsapp
Ciri dan cara menghindari money game
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – High risk dan high return merupakan dua prinsip yang wajib dipahami oleh setiap orang yang ingin memulai investasi. Hal ini penting diketahui agar tidak mudah terjerat praktek investasi bodong, salah satunya money game.

Praktek money game belakangan banyak kita lihat terjadi di masyarakat. Iming-iming memperoleh keuntungan atau return yang besar dengan cara yang mudah, bahkan tanpa bekerja seringkali menjadi alat untuk menarik anggota baru.

Read More

Money game merupakan investasi yang sifatnya ilegal, jadi tidak ada yang bisa menjamin uang, atau dana yang kamu pertaruhkan di sana akan aman dan benar-benar menguntungkan. Ketika terjadi kolaps, bisa saja seluruh uang yang kamu dan anggotamu investasikan lenyap begitu saja.

Berbeda dengan Multi Level Marketing (MLM), yang skema bisnisnya memperbesar jaringan distributor untuk menjual produk, skema bisnis money game adalah mendapatkan uang dari setiap anggota yang bergabung

Setiap anggota yang telah bergabung akan terus berusaha merekrut anggota baru. Sehingga semakin banyak anggota yang bergabung, akan semakin besar pula keuntungan yang diperoleh.

Baca juga: Menjadi Penjual Terpercaya di Media Sosial dan E-Commerce

Nah selain itu, dikutip dari laman cermati.com berikut beberapa karakteristik yang bisa kamu pahami untuk mengetahui praktek money game yang menjerat, di antaranya:

1. Kamu diminta untuk menginvestasikan sejumlah besar uang untuk bisa menjadi anggotanya.
Bisnis MLM yang sah atau legal biasanya tidak meminta biaya atau uang dalam jumlah besar di awal.

2. Jika kamu diminta menyetorkan unutk investasi, pastikan kamu mengetahui secara detail investasi tersebut, jenis investasi seperti apa yang akan diarahkan.

Namun apabila kamu diminta membayar biaya untuk membeli produk, pastikan terlebih dahulu apakah barang yang tidak terjual akan dibeli kembali oleh perusahaan? Perusahaan MLM  yang sah biasanya akan menawarkan pembelian kembali setidaknya 80% dari jumlah yang kamu bayarkan.

3. Apakah perusahaan memiliki perhatian yang besar terhadap produk atau layanannya?

Perusahaan yang sah pastinya akan terus berupaya meningkatkan kualitas produk atau layanannya agar bisa diterima oleh masyarakat dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Namun biasanya pada praktek bisnis money game, hal tersebut tidak akan diperhatikan.

4. Penekanan lebih pada perekrutan anggota baru bukan menjual produk.

Sesuai yang telah dijelaskan di atas, perbedaan money game dan MLM terletak pada fokus kegiatan bisnisnya. Praktek bisnis money game adalah bagaimana merekrut anggota baru secara cepat dan memperoleh keuntungan dari uang yang mereka setorkan untuk perusahaan.

Baca juga: E-Wallet dan E-Money untuk Kemudahan Transaksi

Agar tidak mudah terjebak pada praktek bisnis money game yang bisa sangat merugikanmu, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan, sebelum kamu memutuskan untuk bergabung atau tidak pada sebuah tawaran peluang bisnis.

1. Pelajari secara detail skema penjualan perusahaan, rencana bisnis dan rencana pemasaran.

2. Diskusi dengan rekan yang berpengalaman mengenai perusahaan [emasaran bertingkat, dan kesesuaian harga produk yang dijual.

3. Cari informasi testimoni atau kesaksian dari orang yang pernah bergabung, apakah terdapat complain atau testimoni yang buruh terhadap perusahaan.

4. Perhatikan secara detail setiap informasi yang diberikan, dan tanyakan setiap pertanyaan yang ingin kamu sampaikan

Nah, itu dia beberapa informasi tentang ciri dan cara mengetahui praktek bisnis money game. Selalu waspada sebelum memulai investasi baru ya.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts