Tips Berlibur di Nusa Penida

  • Whatsapp
berlibur di nusa penida
Tebing-tebing menjulang dengan ratusan anak tangga di lokasi Rumah Pohon yang menampakkan keindahan Diamond Beach. [Foto: Pra]

Kuarter.id – Nusa Penida adalah salah satu gugusan pulau indah yang ada di timur Pulau Bali dengan bentang alam yang menawan. Luas pulau ini sekitar 202,84 kilo meter persegi.

Karena dikelilingi laut, pariwisata di Nusa Penida pun cukup terkenal dengan pantainya. Di sini, terbentang pantai dengan tebing dan batu karang yang indah di sepanjang pantai Nusa Penida.

Read More

Sebelum berlibur ke pantai indah nan eksotis di Nusa Penida, kamu bisa menyiapkan beberapa hal berikut untuk memudahkanmu selama liburan.

1. Siapkan Fisik

Karena pantai di Nusa Penida terkenal dengan tebingnya yang tinggi, tentu untuk dapat menyentuh pasir pantai dan ombaknya kamu perlu turun jauh ke bawah.

Pemerintah setempat telah membangun tangga-tangga serta pagar penyangga untuk memudahkan dan menjaga keselamatan pengunjung ketika berwisata. Namun, karena tebing di Nusa Penida menjulang tinggi, tentu saja kamu harus melewati ratusan anak tangga.

Baca juga: Berwisata ke Nusa Penida, Pulau Bak Negeri Dongeng

Karena itu sebelum berkunjung ke Nusa Penida untuk menikmati keindahan bentang alamnya, kamu perlu menyiapkan fisik dan mentalmu. Salah satunya dengan berolahraga.

Olahraga ringan dapat membantumu menghindari cedera pada lutut maupun kakimu yang digunakan untuk menuruni ratusan anak tangga. Kamu bisa jogging, shit up, push up, ataupun melakukan plank ringan untuk menguatkan otot kakimu.

Jangan sampai karena fisikmu yang tidak memadai, kamu justru gagal berlibur dan hanya berakhir di kasur hotel.

2. Sediakan Sunblock

Cuaca Nusa Penida yang cukup panas perlu menjadi perhatianmu. Sebaiknya kamu menyiapkan sunblock untuk mengurangi kulit terbakar ketika berlibur di Nusa Penida. Sunscreen bisa melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar UV.

Tambahan kacamata, topi, dan selendang bisa membantumu menghindari sengatan matahari yang cukup menyengat di Nusa Penida.

3. Sisihkan Budget Lebih untuk Konsumsi

Nusa Penida adalah salah satu pulau yang tidak memiliki komoditas utama. Wilayahnya cukup kering, sehingga masyarakatnya tidak bisa memenuhi beberapa kebutuhan dengan mandiri.

Hampir seluruh bahan kebutuhan pokok, seperti beras dan sayur mayur didatangkan dari kota di Pulau Bali. Hingga menyebabkan barang-barang di sana berharga mahal.

Oleh karena itu, untuk berlibur di Nusa Penida kamu harus menyiapkan budget lebih untuk konsumsi. Karena satu porsi mie goreng dengan telur dijual seharga Rp 20.000. Bahkan nasi ayam lalapan dijual Rp 25.000.

Selain itu air mineral pun cukup mahal di Nusa Penida. Satu botol air mineral 600 ml harganya Rp 10.000, sedangkan air mineral 1,5 liter dibandrol dengan harga Rp 15.000.

Jika kamu ingin berhemat ketika berlibur di Nusa Penida kamu bisa membawa botol minum dan mengisi ulang botol minummu di hotel. Selain itu, kamu bisa membawa camilan maupun roti sebelum menyeberang ke Nusa Penida untuk menghemat budget-mu.

4. Gunakan Provider yang Mendukung

Sinyal internet di Nusa Penida masih cukup sulit dijangkau. Terutama ketika tiba di tebing pantai dan di daerah tinggi seperti perbukitan.

Biasanya ketika di lokasi wisata, pengunjung jarang menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Mereka pun tak jarang hanya mengandalkan wifi yang disediakan hotel.

Karena sinyal internet yang kurang memadai, kamu sebaiknya tidak nekat pergi sendiri tanpa tour guide. Karena bisa jadi kamu akan kesulitan menemukan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

Selain menyiapkan provider yang mendukung, kamu juga bisa mengandalkan tour guide dari masyarakat lokal di sana yang sudah mengenal rute dan lokasi. Atau jika kamu memiliki kenalan di sana, kamu juga bisa mengandalkannya untuk berkeliling Nusa Penida.

Jangan sampai kamu pergi sendirian, tanpa sinyal dan orang yang paham daerah Nusa Penida ya.

5. Pilih Akomodasi dan Transportasi yang Nyaman

Memilih akomodasi yang nyaman juga direkomendasikan untuk kamu yang hanya ingin staycation di Nusa Penida. Kamu bisa memilih hotel yang nyaman dengan pemandangan pantai yang indah.

Selain itu, transportasi yang mendukung perlu kamu perhatikan, mengingat topografi Nusa Penida yang berbukit dan berliku. Hal ini kerap menyulitkan pengemudi mengendarai kendaraan.

Jika kamu tak mahir berkendara dengan kondisi jalan berliku dan sempit, membawa mobil atau motor sendiri tidak direkomendasikan. Lebih baik kamu menyewa mobil dengan sopir, sehingga kamu bisa duduk tenang dan nyaman sampai tiba di lokasi tujuan.

6. Sarapan

Sarapan menjadi hal penting yang perlu kamu ingat. Sebelum bepergian biasakan sarapan terlebih dahulu. Jika kamu tidak sarapan, kamu akan kesulitan dengan kondisi medan yang berliku.

Ditambah lagi ratusan anak tangga yang harus kamu lewati untuk tiba di pantai idamanmu, tentu tanpa sarapan akan menyulitkan. Kamu bisa mabuk perjalanan dan akhirnya tidak bisa menikmati liburan yang kamu impikan.

Itu dia beberapa tips yang perlu kamu siapkan sebelum berlibur ke Nusa Penida.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts