Tips Belanja Barang Diskon di E-Commerce

  • Whatsapp
belanja barang diskon di e-commerce
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id-Apakah kamu termasuk seseorang yang lebih menyukai belanja kebutuhan di e-commerce? Ataukah kamu termasuk seseorang yang lebih suka berbelanja langsung ke toko?

Saya termasuk seseorang yang suka berbelanja kebutuhan rumah tangga di e-commerce atau online shop. Bila dibandingkan dengan belanja langsung ke toko, belanja daring memberikan segudang kemudahan.

Read More

Selain karena lebih banyak pilihan, belanja daring sering kali memberikanmu lebih banyak diskon yang tidak ditemui saat berbelanja langsung ke toko. Hal ini cukup menjadi godaan bagi saya dan sebagian besar orang untuk menjatuhkan pilihan berbelanja daring di e-commerce. Benar begitu, bukan?

Apalagi di masa pandemi seperti ini, belanja daring menjadi pilihan yang diambil banyak orang untuk menghindari kerumunan. Kita tak perlu ke luar rumah untuk berbelanja lagi. Cukup dengan mengandalkan ponsel dan menunggu paket datang.

Alasan Berbelanja Daring

Dilansir dari databoks.katadata.co.id, sebanyak 78,3 persen responden mengakui alasan konsumen berbelanja daring karena tak perlu bepergian. Hasil survei ini berhasil dihimpun Jakpat dengan menyebarkan survei kepada 1.493 responden di daerah Jawa pada September-Oktober 2020.

Kemudian disusul 76,6 persen responden mengaku ragam diskon dan promo menjadi alasan berbelanja daring. Apakah kamu juga termasuk konsumen yang suka berburu diskon di e-commerce?

Baca juga: E-Wallet dan E-Money untuk Kemudahan Transaksi

Menghindari penyebaran Covid-19 juga menjadi alasan selanjutnya, dengan perolehan persentase 72,3 persen. Sementara itu, 64,2 persen mengaku lebih murah, 49,7 persen mengaku lebih banyak opsi, 34,3 persen mengatakan lebih fokus membeli barang, dan 30,3 persen mengatakan barang tersedia daring.

Berbelanja daring memang memberikan kemudahan bagi siapa pun dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan kini beragam e-commerce pun makin menjamur dan bersaing. Coba saja cek isi ponselmu. Berapa aplikasi e-commerce yang kamu install untuk berbelanja daring?

Persaingan E-Commerce

Masih dengan hasil survei yang sama, Jakpat mencatat konsumen dalam memilih merek e-commerce terutama dipengaruhi oleh ragam program promosi, yaitu sebanyak 90,9 persen.

Angka ini terbilang cukup tinggi, sehingga tak heran sering ditemui semacam ‘perang’ diskon antara satu e-commerce dengan e-commerce yang lainnya.

Di samping itu, kemudahan dalam menggunakan aplikasi juga menjadi alasan responden memilih merek e-commerce, yaitu sebanyak 76,4 persen.

Menyusul sebanyak 60,5 persen mengaku pertimbangan harga, sebanyak 53,2 persen mengaku pertimbangan metode pembayaran, sebanyak 52,3 persen mengatakan pertimbangan desain antarmuka,  sedangkan sebanyak 44,9 persen mengaku pertimbangan pengiriman produk.

Melihat berbagai alasan di atas, pertimbangan apakah yang membuat kamu sebagai konsumen memilih merek e-commerce?

Berburu Diskon yang Aman

Namun, perlu dipahami bahwa berburu diskon semurah-murahnya di e-commerce juga mesti dilakukan secara bijak. Jangan sampai karena tergoda barang murah malah membuatmu tersangkut penipuan belanja daring.

Berikut lima langkah yang bisa kamu ikuti untuk berburu diskon yang aman di e-commerce.

Baca juga: Aduan Konten Negatif Terbanyak Tahun 2020 Versi Kominfo

1. Membanding-bandingkan harga/toko

Sikap membanding-bandingkan harga produk dari satu e-commerce dengan e-commerce lain atau dari satu toko ke toko lain bisa kamu lakukan. Perhatikan apakah toko yang kamu cari dapat dipercaya dengan melihat bintang toko dan review pembeli sebelumnya. Perhatikan pula deskripsi produk/toko untuk mengetahui kondisi produk dan jam operasional toko.

2. Manfaatkan kolom chat

Sebelum check out, sebaiknya kamu menanyakan ketersediaan produk kepada penjual melalui kolom chat. Hal ini untuk memastikan produk yang dijual benar-benar tersedia dalam jumlah yang kamu pesan dan dalam keadaan baik.

3. Buat daftar keinginan

Walaupun terkesan remeh, membuat daftar keinginan belanja sangat penting. Tujuannya agar kamu tidak tergoda membeli barang-barang yang semestinya tidak kamu beli. Sesuaikan pula dengan budget yang kamu miliki. Hindari belanja barang

4. Tidak sembarang memberikan data pribadi

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan adalah tidak sembarangan dalam memberikan data pribadimu, seperti nomor rekening atau nomor handphone ke penjual langsung. Biasanya transaksi di e-commerce menggunakan virtual account, sehingga tidak langsung ditransfer ke penjual.

5. Jangan terlalu terlena dengan harga miring/diskon yang diberikan

Nah, langkah ini sangat penting, karena sering kali kita terlena berbelanja daring hanya karena melihat harga miring atau diskon. Tanpa kita sadari, pengeluaran bulanan membengkak.

Terlebih, bila produk yang dibeli dengan harga miring atau diskon memiliki kualitas yang kurang bagus.Jadi pastikan produk yang kamu beli sudah terjamin keasliannya, ya.

Bulan ini kira-kira produk apa yang berhasil kamu beli e-commerce?


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts