Pilih Mana, Gelato atau Es Krim?

  • Whatsapp
es krim gelato
Ilustrasi. [Foto: thetravel.com]

Kuarter.id – Es krim atau gelato sering jadi salah satu pilihan favorit masyarakat khususnya anak muda untuk dinikmati sambil nongkrong bersama teman-teman.

Tapi, tahukah kamu kalau gelato dan es krim itu berbeda? Masih banyak penikmat dua cemilan dingin ini yang menyebutnya dengan es krim gelato.

Read More

Perlu kamu ketahui, dua dessert ini berbeda lho meskipun sama-sama disajikan dalam kondisi dingin dan berbahan utama susu.

Nah, apa saja perbedaan gelato dan es krim?

1. Es Krim dari Amerika, Gelato dari Italia

Ada berbagai versi yang menyebutkan asal muasal es krim. Namun, sebagian besar orang meyakini es krim berasal dari Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari thetravel.com, es krim memiliki sejarah panjang di AS dan Perancis.

Baca juga: Uniknya Desa Tenganan Pegringsingan Bali, dari Kain Hingga Perkawinan

Sementara itu, gelato berasal dari Italia. Nama gelato sendiri merupakan bahasa Italia yang berarti “beku”.

2. Komposisi Susu Gelato Lebih Banyak dari Es Krim

Bahan utama dua dessert ini sebenarnya sama yaitu susu atau krim dan gula.

Cara pembuatannya pun hampir sama yaitu dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Kemudian ditambahkan dengan berbagai perasa seperti stroberi, coklat, dan lainnya.

Namun, yang berbeda adalah kadar atau komposisi susu yang digunakan. Gelato lebih banyak menggunakan susu jika dibandingkan es krim.

Pada es krim, terkadang kuning telur juga digunakan untuk membuat tekstur lebih lembut. Tapi, gelato tidak menggunakannya.

3. Tekstur Es Krim Lebih Lembut, Sedangkan Gelato Padat

Dalam proses pengolahan es krim dan gelato, bahan utama yang sudah dicampur dan ditambahkan perasa akan dimasukkan udara dengan cara diaduk.

Proses pengadukan inilah yang membuat perbedaan mendasar dari dua cemilan itu.

Es krim diaduk dengan kecepatan tinggi akibatnya udara lebih banyak masuk dan adonan lebih mengembang. Sementara itu, gelato diaduk dengan kecepatan rendah yang membuat kandungan udaranya lebih sedikit.

Hal ini menyebabkan gelato cenderung lebih padat sementara es krim lebih lembut.

4. Kandungan Lemak Es Krim Lebih Tinggi dari Gelato

Perlu kamu ketahui, es krim memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi ketimbang gelato, karena es krim mengandung krim dan kuning telur yang digunakan sebagai bahan pembuatannya.

Namun, perlu dicatat juga, gelato umumnya memiliki lebih banyak gula dibandingkan es krim.

Satu porsi es krim vanila berukuran ½ cangkir, mengandung 210 kalori dan 16 gram gula. Sementara itu, pada gelato dengan porsi yang sama, ada 160 kalori dan 17 gram gula.

5. Cara Penyajian yang Berbeda

Biasanya, gelato disimpan di suhu yang lebih tinggi daripada es krim. Selain itu, gelato umumnya diambil menggunakan sendok lebar berbentuk datar untuk mempertahankan tesktur lembutnya.

Sementara itu, es krim biasanya diambil menggunakan sendok es krim berbentuk bulat atau sering disebut scoop, sehingga bisa lebih mudah saat disajikan.

Nah, kamu pilih mana, gelato atau es krim? Jika kamu penikmat tekstur yang lembut dan meleleh di mulut, es krim mungkin bisa jadi pilihannya. Tapi, jika kamu lebih cenderung mencari rasa yang kuat tanpa peduli tesktur lembut, kamu bisa pilih gelato.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts