5 Negara Ini Berikan Beasiswa S2 untuk Indonesia, Mulai Jepang Hingga Amerika

  • Whatsapp
beasiswa s2 luar negeri
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Pemuda Indonesia sangat tertarik dengan beasiswa S2 dari luar negeri sejak. Beberapa negara pun begitu loyal mengeluarkan dana untuk pendidikan pelajar internasional.  Tujuannya, selain mengenalkan budaya negara tersebut, juga menjadi timbal balik hubungan luar negeri kedua negara.

Namun, tak dapat dipungkiri beasiswa S2 dari luar negeri yang diberikan untuk pemuda Indonesia ini juga dapat memberikan pengaruh positif bagi perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Karena dengan kemajuan SDM maka dapat dikatakan semakin berkualitas pula suatu bangsa.

Read More

Tentu kamu sebagai seorang pemuda, memiliki keinginan untuk bisa berkuliah di luar negeri bukan? Dengan beasiswa S2 dari luar negeri ini, kamu dapat mengurangi biaya yang harus kamu keluarkan, mengingat mahalnya biaya hidup untuk pelajar di luar negeri.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak teman, mengenal budaya asing, dan juga melihat dunia secara lebih global, yang tentunya akan berdampak baik pada perkembangan pola pikir dan tentunya masa depan dan jenjang karirmu.

Buat kamu yang sedang bekerja atau berkuliah dan berkeinginan besar untuk memperoleh pendidikan S2 dengan beasiswa dari luar negeri, kamu bisa mencoba mendaftar beberapa beasiswa S2 dari luar negeri berikut.

Baca juga: 3 Beasiswa Program Master Terkenal dari Pemerintah Indonesia

1. Jepang

Jepang merupakan salah satu negera yang diminati oleh pemuda Indonesia untuk belajar, mengingat Jepang adalah negara yang sangat maju dengan teknologinya.

Jepang pun kerap memberikan beasiswa, untuk mengeratkan hubungan Jepang-Indonesia, mengingat rekam jejak Jepang yang pernah menjajah Indonesia. Beberapa kegiatan pertukaran pelajar pun kerap diadakan agar hubungan harmonis terus tercipta.

Nah, salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah Jepang untuk pelajar Indonesia adalah Beasiswa Monbugakusho/MEXT.

Selain memberikan beasiswa S2 untuk kampus-kampus ternama di Jepang, beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMA sederajat yang ingin kuliah S1 di Jepang lho.

Beasiswa ini akan memberikanmu beberapa fasilitas, mulai dari bantuan penuh biaya kuliah, tiket pesawat pulang pergi Jepang, tunjangan hidup, bebas pengurusan visa, bahkan tanpa ikatan dinas. Menarik bukan? Kamu mau mencoba?

2. Korea

Belakangan demam K-Pop hampir menjamur di seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini pun tak hanya menyebabkan wisatawan yang datang ke Korea membludak tetapi juga peminat pemuda untuk mengenyam pendidikan S2 di Korea makin meningkat. Bisa dibilang negara Indonesia pun demikian.

Nah, buat kamu yang sangat ingin meraih gelar S2 di Korea dengan beasiswa S2 dari luar negeri, kamu bisa mencoba program bernama KAIST International Student Scholarship.

Beasiswa ini dikeluarkan oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), salah satu perguruan ternama di Korea, untuk kamu yang ingin melanjutkan program master. Beberapa pilihan studinya meliputi sains, teknik, kedokteran, seni, hingga bisnis.

Banyak keuntungan jika kamu berhasil lolos beasiswa ini, mulai dari pembebasan biaya kuliah, bantuan biaya hidup, hingga asuransi kesehatan.

Buat kamu yang tertarik, jangan sampai ketinggalan infonya, program beasiswa KAIST biasanya dibuka di bulan Agustus.

Selain KAIST, ada juga beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah Korea lho, namanya KGSP (Korean Government Scholarship Program) atau GKS (Global Korea Scholarship). Nah, beasiswa ini juga memberikan banyak keuntungan buat kamu karena kamu akan mendapatkan bantuan biaya penuh dari pemerintah Korea.

Kamu yang ingin melakukan riset atau melanjutkan program master, cocok banget nih ikutan program beasiswa satu ini.

Baca juga: Kiat Sukses Menghadapi UTBK-SBMPTN

3. Australia

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi kuliah di luar negeri, namun tidak perlu terbang jauh, kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa S2 yang disediakan pemerintah Australia.

Ya, pemerintah Australia sangat perhatian dengan para pelajar internasional lho. Mereka bahkan rela menggelontorkan dana sebasar $200 juta dolar per tahunnya untuk berbagai program pendidikan universitas.

Kamu bisa lho mencoba mendaftar di beberapa univeritas ternama seperti The University of Melbourne, The University of Sydney, dan Australian National University (ANU) Ketiga universitas tersebut memberikan kesempatan buat kamu belajar di sana dengan perlindungan kesehatan bagi para siswanya yang memiliki prestasi akademik yang baik.

Nah, ada juga nih yang namanya beasiswa Australia Awards Scholarship. Pemerintah Australia mempersiapkan beasiswa ini bagi mahasiswa di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Untuk pendaftarannya sendiri, biasa dibuka bulan Februari.

Jadi tidak usah bingung lagi jika ingin melanjutkan kuliah di Australia ya, karena ada banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa.

4. Amerika

Negeri Paman Sam, alias Amerika juga memberikan bantuan pendidikan lho. Pemerintahnya memberikan beasiswa untuk pelajar internasional dengan nama beasiswa Fullbright.

Beasiswa ini  sangat diminati oleh pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan S2 lho. Beasiswa ini sendiri rutin dibuka di awal tahun.

Nah, kalau kamu ingin kuliah di Amerika, sudah tak perlu bingung lagi kan, karena ada

5. Inggris

Pemerintah Inggris juga memberikan bantuan biaya pendidikan S2 untuk kamu yang ingin belajar di sana. Nama programnya yakni Chevening. Beasiswa yang rutin dibuka September hingga November ini memberikan kesempatan buat kamu yang ingin melanjutkan program master.

Tak tanggung-tanggung pemerintah Inggris memberikan beasiswa S2 untuk pemuda Indonesia dengan menawarkan tanggungan penuh biaya kuliah, biaya hidup, hingga biaya perjalanan.

Selain beasiswa Chevening ada pula beasiswa Clarendon Scholarship untuk kamu yang ingin belajar di universitas kenamaan, University of Oxford. Ada banyak program keahlian yang bisa kamu ikuti di universitas terbaik yang dimiliki negara Inggris itu lho.

Jangan sampai ketinggalan ya. Program ini biasa dibulan September hingga Januari.

Nah, bagaimana sudah tahu banyak kan beasiswa S2 dari luar negeri untuk pemuda Indonesia yang diberikan oleh negara-negara besar tersebut. Sudahkah kamu menentukan pilihan?


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts