3 Beasiswa Program Master Terkenal dari Pemerintah Indonesia

  • Whatsapp
beasiswa master pemerintah indonesia
Ilustrasi persiapan beasiswa program master terkenal dari pemerintah Indonesia. [Foto: Freepik]

Kuarter.id –  Apakah salah satu impianmu setelah lulus S1 adalah melanjutkan program magister atau S2? Jika iya, kamu wajib tahu nih, beasiswa program master terkenal dari pemerintah Indonesia.

Ya, mencari beasiswa bisa dibilang susah-susah gampang. Dengan memahami kebutuhan atau prioritas, kamu bisa mendapatkan beasiswa yang sesuai. Apalagi saat ini cukup banyak beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia. Belum lagi beasiswa yang digelontorkan oleh pihak swasta.

Read More

Selain itu, program beasiswa juga ada berbagai macam jenisnya. Mulai dari beasiswa penuh yang akan membiayai seluruh biaya studi, akomodasi, bahkan memberikan uang saku. Juga ada pula beasiswa parsial yang hanya membantu biaya studi di luar biaya akomodasi dan uang saku.

Sekali lagi, untuk mendapatkan beasiswa yang sesuai kamu harus tahu prioritas dan juga kebutuhanmu. Jangan sampai karena merasa sanggup membiayai kuliah, justru kamu memutuskan berhenti karena merasa berat dan terbebani dengan biaya.

Nah, sebelum mengenal lebih jauh prioritas atau kebutuhan beasiswamu, kamu bisa mengenal dahulu beasiswa program master terkenal yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia berikut.

Baca juga: Beda KIP Kuliah, Bantuan Biaya Pendidikan Pengganti Bidikmisi

1. Beasiswa Pendidikan Indonesia – LPDP

Beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan dikelola secara khusus oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Programnya sendiri diberi nama Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Namun, beasiswa ini lebih populer dengan nama Beasiswa LPDP.

Bahkan beasiswa ini terbilang favorit dan banyak diburu di kalangan para pejuang beasiswa. Hal ini selain karena program beasiswa penuh yang ditawarkan juga cakupan bidang studi dan universitas yang sangat luas. Kamu pun bisa memilih universitas dalam negeri maupun luar negeri lho.

Nah, kamu bisa memilih berbagai program yang ditawarkan BPI, mulai dari BPI Program Magister dan Doktor, BPI Program Afirmasi, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, BPI Program Tesis/Disertasi, dan beasiswa dokter spesialis.

Jika kamu tertarik dari program BPI siapkan dirimu untuk mendaftarkan diri, karena beasiswa ini biasa dibuka di Bulan Mei atau Juni.

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan lebih dulu hadir dibandingkan BPI, karena itu beasiswa ini pun cukup populer di masyarakat. Bantuan biaya pendidikannya sendiri dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nah, buat kamu yang punya nilai akademik yang baik, berprestasi dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, Beasiswa Unggulan bisa jadi salah satu solusi. Apalagi jika kamu ingin kuliah di dalam negeri, beasiswa ini sangat patut dipertimbangkan.

Selain programnya yang menarik karena dapat dipergunakan di berbagai jenis prodi dan universitas, juga bantuan biaya yang diberikan cukup banyak. Meliputi biaya pendidikan, buku, penelitian, biaya hidup, hingga transportasi ke universitas tujuan.

Baca juga: Daftar 20 PTN Penerima KIP Kuliah Terbanyak

Menarik bukan? Nah kamu bisa mulai mempersiapkan diri karena beasiswa ini biasanya dibuka setiap Bulan September.

3. Beasiswa Dikti

Nah selain BPI dan Beasiswa Unggulan, pemerintah Indonesia juga memiliki beasiswa buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang S2. Program beasiswanya disebut Beasiswa Dikti karena dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Dikti memang rutin mengeluarkan beasiswa setiap tahunnya, khususnya ditujukan untuk kalangan dosen dan tenaga kependidikan.  Oleh karena itu, beasiswa ini cukup dikenal di kalangan warga kampus.

Jadi, kalau kamu berprofesi di bidang pendidikan, patut mencoba program beasiswa ini ya. Selain memberikan bantuan biaya pendidikan secara penuh, beasiswa ini juga menawarkan berbagai pilihan buat para pelamarnya.

Mulai dari program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di dalam negeri, program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) untuk kamu yang berminat kuliah di luar negeri, hingga Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) yang ditujukan untuk mahasiswa S3.

Wah menarik ya. Nah buat kamu yang masih bekerja atau sedang menempuh pendidikan S1 dan berencana melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar master, tak ada salahnya menyiapkan diri sedari dini.

Karena program beasiswa untuk jenjang master dari pemerintah Indonesia ini cukup populer sehingga persaingan untuk mendapatkannya pun cukup ketat. Jadi kamu jangan sampai kalah bersaing ya!


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts