Alasan Main Games, Ini Dia Games dengan Unduhan Tertinggi

  • Whatsapp
bermain games di handphone
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Bermain games di handphone, komputer, atau perangkat digital lainnya menjadi aktivitas yang bisa memberikan kesenangan tersendiri. Terlebih, bila games yang kamu mainkan cukup menantang, kamu bisa jadi ketagihan untuk terus memainkannya. Mungkin pula sebaliknya, kamu justru gemas karena selalu kalah bermain games kesukaanmu.

Terlepas dari itu, games menjadi aplikasi yang sering diunduh oleh setiap pengguna perangkat digital. Tujuannya bisa bermacam-macam. Ada yang memang gemar bermain games di handphone. Ada yang hanya iseng untuk memberikan hiburan di sela-sela aktivitas padat. Ada pula yang menjadikan aktivitas bermain games ini sebagai aktivitas wajib.

Alasan Bermain Games

Baru-baru ini, Global Web Index melakukan survei kepada pemain games dengan rentang usia 16-64 tahun di 15 negara. Hasilnya, mayoritas orang bermain games untuk mendapatkan hiburan. Persentasenya mencapai 55 persen.

Di posisi kedua, relaksasi menjadi alasan orang bermain games, yaitu 45 persen. Hanya berbeda 1 persen, alasan orang bermain games untuk menghabiskan waktu luang sebanyak 44 persen.

Sementara itu, alasan tantangan, sosialisasi dengan teman, dan pelarian dari kenyataan masing-masing memperoleh persentase yang sama, yaitu 13 persen.

Nah, kamu sendiri apakah punya alasan lain mengapa senang bermain games?

Games dengan Unduhan Tertinggi

Sensor Tower melakukan survei mengenai games dengan unduhan tertinggi sepanjang tahun 2020. Among Us menduduki peringkat pertama dengan jumlah unduhan 282 juta. Among Us memang cukup banyak digandrungi pengguna internet, sehingga tak heran unduhannya pun mencapai angka yang cukup fantastis.

Baca juga: Selama Pandemi, Persentase Menonton Drama Korea Meningkat

Kemudian disusul Garena Free Fire dengan jumlah unduhan 276 juta. Di posisi ketiga, games Subway Surfer mendapat jumlah unduhan sebanyak 245 juta. Games yang satu ini memang sangat cocok untuk berbagai usia.

PUBG Mobile juga mendapat jumlah unduhan yang cukup tinggi, yaitu 240 juta. Games ini sendiri sangat populer di kalangan pecinta games, sehingga tak heran jika jumlah unduhannya cukup tinggi.

PUBG, Games dengan Pendapatan Terbesar

Masih dari survei yang sama, Sensor Tower mencatat PUBGD menjadi games seluler dengan pendapatan terbesar di tahun 2020. Survei ini menyatakan, PUBG berhasil mengantongi 2,6 milliar US dollar. PUBG sendiri merupakan games asuhan Tencent.

Sementara itu, di posisi kedua diduduki oleh games yang juga merupakan asuhan Tencent, yaitu Honor of King. Tidak berbeda jauh, Honor of King berhasil mengantongi pendapatan 2,5 milliar US dollar.

Pokemon GO yang sempat viral di awal kemunculannya juga mengantongi pendapatan yang cukup besar, yaitu 1,2 milliar US dollar.

Angka yang sangat fantastis, bukan?

Hati-Hati Kecanduan Games

Games memang memberikan hiburan buat kita yang lelah usai beraktivitas seharian penuh. Games juga mampu memberikan efek relaks, namun di sisi lain juga memberikan tantangan.

Memainkan games berjam-jam hingga melupakan kesehatan diri sendiri juga tidak baik. Kadang kala ada saatnya kita menemukan games yang membuat kita ingin terus memainkannya.

Dilansir dari halodoc.com, bermain games terlalu sering menimbulkan kecanduan atau disebut pula gaming disorder.

Gaming disorder ini dapat mempengaruhi otak dan perilaku pengidapnya. Efek ini sama halnya dengan mengkonsumsi obat-obatan terlarang yang menimbulkan kecanduan berlebihan. Begitu pula dengan gaming disorder. Hal ini membuat pengidapnya kecanduan bermain games.

Tentu kamu tidak ingin sampai mengidap gaming disorder kan?

Batasi Jam Bermain dan Buat To-Do List

Hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya adalah dengan membatasi jam bermain. Berikan waktu paling lama satu jam setiap harinya untuk bermain.

Selain itu, kamu bisa membuat aplikasi games yang terpasang di handphone-mu agar menjadi sulit untuk kamu menemukannya. Jangan menaruh ikon aplikasi tersebut di beranda handphone, namun buatlah agak ‘tersembunyi’.

Kamu juga bisa memasang password untuk membuka aplikasi tersebut. ‘Kerepotan’ mencari aplikasi games di handphone atau gadgetmu membuatmu tidak selalu membuka aplikasi tersebut di waktu senggang.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat to-do list tentang pekerjaan yang akan kamu lakukan hari ini. Bila ada pekerjaan atau tugas sekolah, maka dahulukan hal tersebut kamu selesaikan lebih awal.

Kamu juga bisa melakukan hobi lain selain bermain games yang bermanfaat bagi pengembangan diri. Misal, membaca buku, bersih-bersih rumah, belajar memasak, dan masih banyak lainnya.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts