8 Program Baru Kemdikbud “Merdeka Belajar : Kampus Merdeka”

  • Whatsapp
program merdeka belajat kampus merdeka
Gedung Universitas Indonesia [Foto: Edit Pra]

Kuarter.id – Merdeka Belajar : Kampus Merdeka, menjadi program kesekian yang diluncurkan Kemdikbud sejak dikepalai Nadiem Makarim.

Program Nadiem, yang kerap disapa Mas Menteri ini menyasar kalangan mahasiswa di berbagai perguruan tinggi terakreditasi di Indonesia. Harapannya tentu agar di masa depan Indonesia memiliki sumber daya manusia yang unggul yang dapat menghadapi segala tantangan zaman.

Read More

Tak hanya itu, program ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kualitas perguruan tinggi dalam hal mencetak generasi bangsa, yang tidak hanya kaya pengetahuan, namun juga berkualitas sikap dan keterampilannya.

Nah jika kamu salah satu mahasiswa yang tertarik dengan program ini, pastikan kamu saat ini berkuliah di perguruan tinggi yang telah terakreditasi dan terdaftar sebagai mahasiswa aktif di PDDikti.

Bagaimana, mudah bukan syaratnya? Sekarang kenali lebih dalam lagi 8 program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka.

Baca juga: 5 Negara Ini Berikan Beasiswa S2 untuk Indonesia, Mulai Jepang Hingga Amerika

1. Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Bisa dibilang ini adalah salah satu program yang cukup menarik di Merdeka Belajar : Kampus Merdeka, karena kamu sebagai mahasiswa bisa belajar di kampus lain jika mengikuti program ini.

Kamu memiliki kesempatan untuk memperoleh pengalaman belajar selama satu semester di perguruan tinggi lain di luar pulau domisilimu. Bahkan kamu bisa mendapat pengakuan 20 SKS dari perguruan tinggi tempatmu belajar.

Tentu saja kamu akan mendapat banyak keuntungan dan manfaat dengan mengikuti program ini. Mulai dari merasakan nuansa lain di perguruan tinggi tujuan, mengenal adat dan budaya daerah setempat, juga memahami karakteristik akademik, dosen, dan kawan yang pastinya sangat beragam.

Kamu juga dapat memiliki mata kuliah yang tidak ada di perguruan tinggi asalmu lho. Sehingga dengan begitu kamu dapat meningkatkan dan memperluas kompetensi dan nantinya dapat memberi kontribusi aktif bagi daerah asalmu. Menarik bukan?

2. Kampus Mengajar

Suka dengan anak kecil? Atau berkeinginan memiliki pengalaman mengajar di sekolah dasar di daerah pelosok?  Nah bisa jadi salah satu program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka ini cocok untuk kamu.

Nama programnya Kampus Mengajar. Sesuai namanya, kamu mahasiswa aktif di perguruan tinggi berkesempatan menjadi asisten pengajar di satuan pendidikan.

Selama bertugas, kamu diharapkan dapat membawa perubahan dengan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa, juga membantu pembelajar di masa pandemi terutama untuk SD di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Selama 12 minggu mengajar, pemerintah berharap kamu bisa pulang dengan membawa berbagai pengalaman sekaligus mengasah jiwa kepemimpinan, kematangan emosional, dan kepekaan sosial.

Nah, selain manfaat di atas, pemerintah juga telah menyiapkan keuntungan lain yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti program ini lho. Mulai dari bantuan potongan UKT, bantuan biaya hidup, hingga konversi SKS sampai dengan 12 SKS. Bagaimana? Mau mencoba program ini?

3. Magang Berkualitas

Program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka berikutnya yang sangat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa bernama Magang Berkualitas.

Program ini akan memberikanmu kesempatan untuk belajar di luar kampus, khususnya di perusahaan sesuai dengan studi yang kamu pelajari di perguruan tinggi.

Dengan adanya program ini diharapkan perusahaan yang mencari pekerja, dan mahasiswa lulusan baru yang ingin mendapatkan pekerjaan dapat bertemu dengan program yang ideal ini. Sehingga nantinya dapat menjadi salah satu alternatif solusi rekrutmen.

Tak hanya bagi mahasiswa, perusahaan pun akan memiliki kesempatan untuk memperoleh talenta terbaik bangsa serta membantu negara dalam meningkatkan pembangunan nasional.

Nah jika kamu ingin mendapatkan 20-40 SKS dari program ini, sebelum mendaftar pastikan tingkat kemampuanmu setara dengan level sarjana (bukan tingkat SMA kebawah. Pastikan juga kamu aktif dan terlibat secara langsung di kegiatan tim.

Nantinya setiap 2 bulan kamu akan mendapatkan laporan kinerja dan harus bersiap memberikan presentasi di akhir magang kepada salah satu pimpinan perusahaan. Siap mengikuti program ini?

4. Studi Independen

Sebenarnya program Magang Berkualitas dan Studi Independen kerap disatukan menjadi MBSI. Meskipun kedua program ini berbeda bentuk dan tujuan.

Studi Independen sendiri menjadi program berikutnya di Merdeka Belajar : Kampus Merdeka. Program ini memberi kesempatan bagi kamu mahasiswa untuk membuat studi mandiri dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan tingkat sarjana.

Baca juga: Kiat Sukses Menghadapi UTBK-SBMPTN

Nah, topiknya pun harus kamu tentukan sendiri karena tidak ditawarkan di dalam kurikulum PT maupun prodi saat ini. Kamu pun dituntut untuk mengembangkan objektif mandiri beserta dengan desain kurikulum, rencana pembelajaran, dan jenis proyek akhir, yang harus dicapai di akhir studi. Tertantang mengikuti program ini?

5. Penelitian atau Riset

Sebagai mahasiswa pasti kamu sudah terbiasa berkutat dengan riset dan penelitian. Menariknya di program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka ini penelitian dan risetmu akan dibiayai oleh pemerintah.

Kamu cukup membuat ajuan penelitian yag tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat sarjana. Kamu pun dituntut untuk terlibat dalam pembuatan laporan akhir atau presentasi hasil penelitian.

Dengan program ini diharapkan semakin banyak mahasiswa yang mampu menghasilkan karya penelitian yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan hidup banyak masyarakat Indonesia.

6. Kewirausahaan

Buat kamu yang ingin jadi bos untuk usahamu sendiri, program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka satu ini patut kamu coba lho.

Program kewirausahaan sendiri memberikan kesempatan untuk kamu yang memiliki rencana bisnis dan target baik jangka pendek maupun panjang untuk dapat mewujudkan impianmu.

Dengan program ini, kamu yang siap dengan rencana bisnismu akan diberikan fasilitas pendanaan dengan jumlah tertentu sesuai proyek bisnis kamu.

Namun, kamu harus siap untuk mencapai target yang telah kamu buat sesuai dengan target rencana bisnis yang ditetapkan di awal dengan begitu diharapkan usaha mikro dan juga start up dapat terus bertumbuh melalui tangan-tangan dingin para pemuda bangsa ini.

7. Meneliti, Mengajar, dan Mengabdi di Desa

Buat kamu yang ingin melakukan pengabdian di desa, bisa mencoba program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka yang satu ini, meneliti, mengajar, dan mengabdi di desa.

Kamu cukup memiliki dedikasi untuk membuat 1 atau 2 proyek utama yang berfokus pada peningkatan kapasitas kewirausahaan masyarakat, UMKM, BUM Desa maupun proyek pemecahan masalah sosial seperti kurangnya tenaga kesehatan di daerah atau sanitasi yang tidak memadai.

Dengan fokus program yang kamu buat, pemerintah mengharapkan dampak nyata di akhir kegiatan, seperti irigasi desa yang lebih memadai atau koperasi desa yang dapat menghasilkan keuntungan lebih banyak.

8. Proyek Kemanusiaan

Program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka berikutnya yakni proyek kemanusiaan. Tujuan dan latar belakang programnya hampir serupa dengan meneliti, mengajar, dan mengabdi di desa.

Bedanya di program ini kamu dapat membuat proyek berupa bantuan tenaga untuk meringankan beban korban bencana, baik dari tenaga untuk membantu perbaikan sarana prasarana di daerah bencana maupun perbaikan psikis dan emosi para korban.

Dari program ini diharapkan ada hasil nyata di akhir kegiatan misalnya berupa tersalurkannya tenaga medis di tengah serangan wabah.

Nah, bagaimana sudah tahu ingin mendaftar di program apa dalam Merdeka Belajar : Kampus Merdeka? Siapkan dirimu dan pastikan memilih program yang sesuai dengan minat, bakat, dan jugtoa kebuttheuhanmu di masa depan ya. Karena kesempatan tak pernah datang untuk kedua kalinya.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts