5 Tanda Kamu Siap Beli Rumah Baru

  • Whatsapp
Tanda Siap Beli Rumah Baru
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id-Memiliki sebuah rumah hasil kerja keras sendiri memang menjadi salah satu impian besar setiap orang. Terlebih bagi pasangan yang sudah menikah. Memiliki rumah untuk tinggal bersama pasangan dan tidak menumpang di rumah orang tua tentunya akan terasa lebih nyaman.

Untuk membeli sebuah rumah memang bukan hal yang mudah untuk diwujudkan dalam sekejap. Tingginya harga property menjadi pertimbangan di tengah banyaknya kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi. Apabila memutuskan untuk mengambil kredit pun harus mempertimbangkan lagi besaran down payment (DP) dan cicilan serta tenor yang ditentukan.

Read More

Banyak pasangan muda yang memilih untuk langsung membeli rumah dengan mengambil KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Namun, tidak sedikit pula yang memilih untuk menyewa rumah terlebih dahulu sembari mengumpulkan dana yang cukup membeli rumah impian.

Pilihan untuk menyewa rumah di satu sisi memberikan beberapa kelebihan, contohnya untuk kamu dengan aktivitas mobiling yang padat, menyewa rumah akan memudahkanmu apabila harus berpindah tempat tinggal karena urusan pekerjaan dan lainnya.

Baca juga: Tanda Kamu Siap Memulai Investasi

Selain itu kamu juga terbebas dari kewajiban membayar pajak bumi dan bangunan serta biaya perbaikan atau renovasi rumah, karena tentunya hal tersebut menjadi tanggung jawab sang pemilik rumah.

Namun, di sisi lain terdapat beberapa kekurangan seperti kamu tidak bisa dengan leluasa mendekorasi ulang atau mengatur rumah sesuai yang kamu inginkan karena tentunya harus mendapat persetujuan pemilik rumah. Selain itu, jika dihitung-hitung biaya yang dikeluarkan untuk membayar sewa rumah sebenarnya bisa kamu gunakan untuk DP rumah barumu.

Nah, bagi kamu yang sedang bimbang dalam memilih untuk membeli rumah atau tidak, berikut beberapa kondisi yang menandakan kamu siap untuk membeli rumah baru.

1. Memiliki dana yang cukup untuk DP

Besaran pembayaran down payment akan sangat berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Semakin besar DP yang bisa kamu bayarkan, maka akan semakin ringan cicilan kredit bulananmu.

Pada umumnya pihak bank akan lebih mudah menyetujui pengajuan kredit dengan DP minimal 20%. Jadi pastikan kamu telah memiliki sejumlah dana yang cukup untuk membayar DP rumah impianmu.

Baca juga: Gaji Besar Tapi Selalu Merasa Kurang? Terapkan 4 Kebiasaan Berikut

2. Dana untuk kebutuhan lainnya sudah aman dan tercukupi

Jangan sampai seluruh tabungan yang kamu miliki habis kamu gunakan untuk membayar DP rumah barumu. Pastikan kamu sudah memiliki anggaran dana darurat yang cukup serta dana untuk kebutuhan rutin lainnya.

Jika tidak, maka kamu akan kelabakan dan tergiur mengambil hutang lain untuk memenuhi kebutuhanmu.

3. Tidak memiliki cicilan hutang lainnya

Pada umumnya pihak bank akan lebih mudah menyetujui pengajuan kreditmu apabila kamu tidak memiliki tanggungan hutang di tempat lain.

Untuk itu ada baiknya terlebih dahulu kami lunasi cicilan lain yang kamu miliki, agar lebih mudah mendapat persetujuan bank dan membantumu fokus pada kewajiban membayar cicilan KPR.

4. Menemukan lokasi dan kriteria rumah yang sesuai kebutuhan

Untuk memutuskan membeli rumah tentunya terdapat banyak pertimbangan yang penting untuk kamu pikirkan matang-matang.

Kesesuaian lokasi rumah dengan aktivitasmu, luas rumah yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan lingkungan sekitar rumah yang kondusif.

5. Siap dengan pengeluaran tambahan lainnya

Berbeda dengan menyewa rumah di mana tanggung jawab perawatan rumah ada pada sang pemilik rumah, ketika kamu memutuskan membeli rumah, kamu juga harus siap menanggung beban biaya perawatan rumah.

Beberapa pengeluaran lainnya yang harus kamu persiapkan seperti biaya untuk membeli furniture, membayar pajak, asuransi rumah, dan lain sebagainya.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts