5 Investasi Diri Sendiri untuk Generasi Millenial

  • Whatsapp
5 Investasi Diri Sendiri untuk Generasi Milenial
Ilustrasi: Investasi Diri Sendiri. Sumber: Ist

Kuarter.id-Investasi merupakan salah satu langkah tepat untuk mencapai kebebasan finansial atau financial freedom. Tidak hanya investasi dalam bentuk uang, investasi diri sendiri juga harus dilakukan untuk menunjang kapasitas dan pengembangan diri.

Investasi diri sendiri merupakan suatu upaya atau pengorbanan untuk bisa mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri. Dunia terus berkembang, berbagai pengetahuan dan cara baru ditemukan, sehingga skills dan kemampuan yang kita miliki juga harus terus dikembangkan agar tidak tertinggal oleh yang lain.

Read More

Warren Buffet seorang pakar investasi dan salah satu orang terkaya di dunia pernah menyebutkan bahwa investasi terbaik yang dapat dilakukan setiap orang adalah investasi kepada diri sendiri. “The best investment you can make, is an investment in yourself. The more you learn, the more you’ll earn”.

Namun, sayangnya saat ini banyak orang ketika sudah memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan cenderung mengesampingkan investasi diri sendiri.

Contohnya, ketika memiliki sejumlah dana tidak jarang orang memilih langsung berinvestasi saham atau property, tanpa mempelajari secara mendetail karena tidak rela menggunakan uang yang dimiliki untuk belajar dan mendapatkan ilmu.

Baca juga: Ikigai: Konsep Keseimbangan Hidup dari Jepang

Padahal dengan meluangkan waktu dan materi untuk mau belajar seperti mengikuti seminar tentang saham, atau investasi property, kamu akan  lebih paham dalam memilih investasi yang baik, dan terhindar dari kerugian yang lebih besar yang bisa saja terjadi.

Nah lalu apa saja investasi diri sendiri yang penting untuk dilakukan khususnya oleh generasi millenial? Berikut penjelasannya.

Prioritas untuk Pendidikan

Pengetahuan merupakan bekal yang bisa kamu gunakan untuk meraih jenjang karir dan kesempatan yang lebih baik ke depannya.

Selain pengetahuan, pendidikan juga penting untuk mengasah pola pikir yang lebih baik, sehingga bisa terbuka dalam melihat berbagai kesempatan dan peluang untuk mengembangkan bakat yang kamu miliki.

Pengembangan Bakat

Bakat apa yang kamu miliki dan sejauh apa kamu bisa menguasainya tentu akan menjadi modal untuk mencari pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik.

Jangan lupa seiring berjalannya waktu persaingan dan tuntutan dunia kerja tentunya akan berubah, jadi teruslah kembangkan bakat atau skills yang kamu miliki agar bisa mengikuti persaingan ke depannya.

Ikuti Pelatihan

Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan wawasan dan keterampilan yang kamu miliki bisa bertambah.  Selain itu, mengikuti pelatihan baik sesuai hobi, atau sesuai bidang pekerjaan akan memberikanmu nilai tambah dibandingkan orang lain. Contohnya, mengikuti pelatihan bahasa asing.

Jalin Komunikasi dan Relasi

Networking merupakan salah satu bentuk investasi diri yang bisa memberikan manfaat ke depannya. Jalinlah komunikasi dan relasi dengan orang-orang yang positif dan bisa membantumu untuk lebih berkembang. Itu akan membantumu bertemu dengan berbagai kesempatan dan peluang positif di waktu mendatang.

Baca juga: Tanda Kamu Siap Memulai Investasi

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Kesehatan merupakan investasi diri yang sangat penting. Bayangkan kamu harus melewati hari dengan kondisi badan yang tidak fit dan tidak sehat, tentunya akan terasa tidak nyaman dan mengurangi produktivitas. Bahkan tidak jarang masalah kesehatan bisa menghabiskan banyak dana untuk penyembuhannya.

Maka dari itu rawat dan jaga kesehatanmu sejak dini agar bisa terus produktif dan nyaman menjalani hari-harimu. Sempatkan waktu untuk berolahraga atau aktivitas fisik lainnya, jaga pola makan, dan kurangi kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts