3 Langkah untuk Dapat Kesempatan Magang di Masa Pandemi

  • Whatsapp
magang saat pandemi
Ilustrasi. [Foto: Ist]

Kuarter.id – Bagi kamu yang sedang kuliah, kesempatan magang menjadi salah satu nilai lebih ketika nantinya mencari pekerjaan. Namun, sayangnya di tengah pandemi seperti saat ini, kesempatan magang rasanya cukup sulit diperoleh.

Salah satu yang menjadi alasan karena perusahaan kesulitan membuat program magang secara virtual. Beberapa perusahaan belum siap untuk menerima pekerja magang dengan sistem bekerja jarak jauh.

Read More

Faktor lainnya, di tengah pandemi ini banyak perusahaan yang justru memberhentikan para pegawainya untuk memotong pengeluaran karena pendapatan yang merosot tajam akibat perekonomian masyarakat yang tidak stabil.

Hal ini pun akan berdampak kepada para pekerja magang  untuk memperoleh upah atau gaji dari perusahaan jika program magang dibuka. Namun, jika kamu bersedia tidak digaji, justru ini menjadi kesempatan besar untuk kamu.

Ya, kamu bisa memperoleh ilmu dan tentunya pengalaman kerja yang tidak akan kamu dapatkan di perkuliahan tanpa harus memikirkan gaji. Jika kamu memiliki tujuan utama tersebut, kamu bisa mengikuti langkah yang dikutip dari berbagai sumber berikut, untuk memperoleh tempat magang impianmu.

Baca juga: Kuliah Sambil Bekerja? Siapa Takut

1. Cari Informasi Magang Jarak Jauh dalam Skala Internasional, Nasional, maupun Lokal

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan di masa pandemi ini adalah terbukanya kesempatan magang skala internasional. Kamu tidak perlu datang ke negara tempat perusahaan tersebut berasal, cukup dikerjakan dari rumah kamu justru bisa mendapatkan kesempatan magang di perusahaan besar internasional.

Meskipun jumlah bukaan magang tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya, namun beberapa perusahaan masih membuka program magang untuk kamu yang masih kuliah lho.

Kamu bisa mencari informasi dengan kata kunci “magang jarak jauh”, “magang virtual”, maupun “magang online“. Di mana justru dengan kata kunci tersebut kesempatanmu untuk memperoleh magang jarak jauh di perusahaan ternama skala internasional bisa kamu peroleh.

Pastikan juga untuk mencari program yang sesuai dengan minat, bakat, jurusan serta pekerjaan impianmu di masa depan. Karena dari program magang ini nantinya kamu akan mendapatkan kesempatan untuk belajar banyak hal dari para profesional di bidangnya.

2. Buat Surat Lamaran dan CV Terbaikmu

CV (Curiculum Vitae) atau resume menjadi salah satu alat pamungkas untuk memperoleh magang. Jika kamu tidak memiliki pengalaman sebelumnya, jangan khawatir. Karena tujuan utamamu magang adalah untuk memperoleh pengalaman tersebut.

Meski begitu kamu tetap harus membuat CV dengan maksimal. Tulislah informasi yang sesuai dengan bidang yang akan kamu lamar. Jika kamu memiliki pengalaman di organisasi yang sesuai dengan pekerjaan magang impianmu, hal tersebut sangat bisa kamu tuliskan dalam CV-mu lho.

Dengan menuliskan pengalaman yang pernah kamu lakukan di organisasi, kamu sangat bisa menginformasikan softskill yang kamu miliki secara implisit dalam CV-mu.

Misalnya kamu pernah menjadi koordinator untuk divisi penggalian dana dan kamu mampu mengatur timmu hingga memperoleh dana lebih dari target yang diharapkan ketua panitia, hal tersebut sangat bisa kamu tulis dalam CV-mu. Buatlah informasi dengan jelas dan tuliskan data yang mendukung.

Karena dari informasi tersebut, perusahaan akan tahu bahwa kamu adalah individu yang ahli mengatur tim dan bernegosiasi. Dengan begitu kamu telah menuliskan softskill yang kamu miliki (yang bukan berdasarkan perkiraan pribadi, tetapi dapat dibuktikan dengan data).

Baca juga: 5 Cara Ampuh Agar Nganggurmu Tetap Berkualitas

Setelah surat lamaran dan CV siap, kamu bisa segera mengirimkannya melalui email ke perusahaan. Buatlah email profesional untuk melamar magang, jangan sampai kamu menggunakan email dengan nama “alay”, karena hal tersebut sangat diperhatikan oleh sebuah perusahaan dan akan mempengaruhi peluangmu diterima bekerja.

Tuliskan judul email dan badan teks dengan baik, agar perusahaan melihat kesungguhanmu untuk diterima bekerja magang.

3. Siapkan Diri untuk Interview

Setelah mengirimkan surat lamaran dan CV, kamu harus mempersiapkan diri untuk wawancara. Di tengah pandemi saat ini kemungkinan wawancara kerja akan dilakukan secara virtual. Maka dari itu siapkan ruangan yang sunyi, sinyal yang memadai, pencahayaan yang baik, dan pakaian terbaikmu selayaknya kamu wawancara secara offline.

Jadilah dirimu sendiri, jujur dan percaya diri ketika wawancara. Jika kamu grogi tidak masalah untuk mengungkapkannya kepada HRD yang mewawancaraimu. Tetapi sebelum itu berusahalah untuk berlatih secara mandiri untuk menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh perusahaan.

Karena dengan berlatih terus menerus, kamu akan dapat mengurangi rasa grogi dan justru meningkatkan kepercayaan dirimu menghadapi pertanyaan HRD.

Nah, itu dia langkah-langkah untuk bisa diterima magang secara pandemi. Lakukan yang terbaik, karena dari sanalah masa depan gemilang akan terwujud. Selamat mencoba.


Baca informasi lainnya hanya di Kuarter.id

Related posts